Mengenal Apa Itu E-Wallet Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Mengenal Apa Itu E-Wallet Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Saat ini sudah banyak sekali perkembangan teknologi yang semakin meramban dalam banyak bidang kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dengan kemunculan uang elektronik bernama E-Wallet. Sejauh ini pengguna E-Wallet pun sudah menyebar di mana-mana. Lalu, apa sebenarnya E-Wallet itu? Nah, jika ingin mengenal Apa Itu E-Wallet lebih jauh, silahkan simak ulasannya berikut.

Pengertian E-Wallet

E-Wallet ini merupakan sesuatu yang hadir sejenis dengan E-Money. Keduanya memang cukup berbeda, namun memiliki banyak kemiripan. Sekalipun dalam aplikasi juga mungkin akan banyak berbeda. Pada intinya, E-Wallet ini adalah uang yang berada dalam bentuk tak terlihat melainkan hanya secara elektronik saja di mana di dalamnya bisa di isi ulang saldonya sesuai keinginan.

Dengan hadirnya E-Wallet ini memang akan semakin memudahkan karena ketika pergi ke mana-mana tidak perlu lagi susah-susah membawa uang dalam jumlah yang banyak. bahkan  Hanya cukup dengan smartphone saja, Anda sudah bisa melakukan pembayaran. Hal ini merupakan inovasi baru dari perkembangan teknologi yang makin pesat dan semakin lama memang semakin menjadi. 

Mengenal Apa Itu E-Wallet Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Kelebihan E-Wallet Sebagai Dompet Elektronik

Selanjutnya, masih berkaitan dengan E-Wallet, tentu saja layanan ini memiliki kelebihan maupun kekurangan tersendiri dalam beberapa poin. Dalam hal ini, E-Wallet merupakan salah satu inovasi menarik yang menawarkan kemudahan transaksi yang tinggi. Tak hanya mudah, tetapi juga lebih efisien dan cepat. Bisa di katakan hemat waktu, hemat proses dan tenaga dalam banyak hal. 

E-Wallet ini sangat cocok juga di gunakan bagi Anda yang banyak melakukan perjalanan jauh. Hal ini bisa meminimalisir kejahatan karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang terlelu besar. Selain itu, dengan E-Wallet Anda juga bisa melakukan beberapa jenis transaksi dari jarak jauh yang jelas lebih simpel. Apalagi saat ini penyedia E-Wallet sendiri juga tidak sedikit jumlahnya. 

Kekurangan Yang Di Miliki E-Wallet
Di balik kemudahan dan pelayanan cepat yang di tawarkannya, tidak dapat di pungkiri bahwa setiap layanan, apa pun bentuknya pasti memiliki kekurangan. Termasuk untuk E-Wallet ini.  Dan bagi Anda yang mungkin berencana akan menggunakannya, tentu saja harus memahami setiap kekurangan tersebut dengan rinci. Dan berikut ini merupakan daftar beberapa kekurangan E-Wallet.

1. Layanannya Terbatas
Tidak dapat di pungkiri bahwa saat ini memang sudah banyak sekali layanan yang tersedia untuk E-Wallet. Namun, layanan ini sangatlah terbatas dan tidak bisa di jadikan sebagai pengganti uang tunai yang memang fungsinya begitu luas. Bahkan di daerah pedesaan mungkin E-Wallet akan sulit untuk di aplikasikan karena jarang sekali layanan ini tersedia sehingga Anda perlu mempertimbangkannya.

2. Saldo Tak Berkembang Dan Hanya Terus Mengendap
Berbeda dengan ketika uang di simpan di dalam bank, ketika sudah mencapai jumlah sesuai ketentuan, uang tersebut akan terus menghasilkan bunga dan bisa di katakan berkembang. Namun, ketika Anda menggunakan E-Wallet hal ini tidak akan terjadi. Bahkan saldo di dalamnya hanya akan mengendap meski tidak berkurang. Jika tidak di gunakan bertransaksi, maka tidak berfungsi.

3. Uang Tidak Bisa Di Cairkan
Kekurangan yang benar-benar harus Anda pahami dan cermati adalah, saldo dalam E-Wallet ini tidak bisa di ubah dalam bentuk tunai. Dengan kata lain tidak tersedia yang namanya pencairan saldo. Jadi, jika mengisinya terlalu banyak, apabila sewaktu-waktu membutuhkan uang tunai, tidak bisa mengandalkan saldo yang ada di dalamnya. Dan ini menjadikannya cukup rumit. 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~