Mengenal Internet Banking Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Internet Banking Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Internet Banking?. Tidak dapat di pungkiri, saat ini dunia teknologi telah merambah ke berbagai bidang kehidupan. Dan perbankan adalah salah satu yang tidak bisa terhindarkan saat ini. hingga pada akhirnya banyak sekali layanan  bank yang berbasis elektronik yang salah satunya adalah internet banking. Nah, berikut ini merupakan keterangan lebih jauh tentang internet banking yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Internet Banking Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Lebih Jauh Tentang Internet Banking
Internet banking adalah salah satu layananan perbankan secara online yang bisa memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai hal secara mudah melalui transaksi online. Baik itu transfer, melihat saldo maupun informasi terkait lainnya. Dan saat ini, hampir semua bank tentu memiliki layanan internet banking yang bisa di gunaka setiap nasabahnya melalui beberapa proses.

Kelebihan Internet Banking
Internet banking yang menawarkan kemudahan tinggi tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Dan sebagai pelanggan, Anda perlu mengetahuinya di mulai dari beberapa kelebihannya terlebih dahulu sebagaiman tercantum di bawah ini. 

1. Lebih Nyaman Untuk Customer
Jika harus antri di Bank hanya untuk sekedar transfer atau melakukan layanan lainnya, tentu saja akan sangat memakan waktu Anda yang seharusnya bermanfaat untuk banyak hal lain. nah, dengan ketidaknyamanan ini, akhirnya hadirlah internet banking yang siap memberikan kenyamanan tinggi tanpa harus pergi ke mana-mana dan bisa transaksi secara online. 

2. Lebih Mudah Dan Simpel
Tidak hanya lebih nyaman, tentu saja hal ini juga jauh lebih mudah dan efisien baik  waktu maupun biaya. Jadi, Anda tidak perlu lagi pergi ke Bank atau ATM menghabiskan bahan bakar atau dan memakan waktu yang lama untuk antri. Cukup online dan akses ke internet saja semua urusan akan beres dengan segera. Asalkan bukan yang berhubungan dengan uang secara tunai. 

3. Proses Bisa Lebih Cepat
jika melihat beberapa penawaran di atas, tentu saja ini bisa di katakan bahwa proses akan terwujud secara lebih cepat. Jadi, ketika Anda membutuhkan transfer uang segera, tinggal lakukan beberapa klik saja. Begitu juga ketika Anda ingin mengecek saldo. Dan pastinya jika hanya untuk cek saldo harus antri ke ATM akan membuat Anda cukup tidak nyaman.

Kekurangan Internet Banking
Meski menawarkan banyak kelebihan yang menarik, ada juga beberapa kekurangan yang di miliki internet banking yang perlu di waspadai. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kurang Terpercaya
Jika melihat segi keamanannya, bisa di katakan bahwa internet banking ini memang kurang terpercaya. Apalagi jika jaringan sedang tidak baik, maka akan berpengaruh pada proses transaksi Anda. Selain itu, tidak menutup kemungkinan adanya peretasan atau sejenisnya jika Anda menggunakan layanan ini, jadi memang harus waspada.

2. Ada Beberapa Kasus Pemalsuan Yang Telah Di Laporkan
Sejauh ini, faktanya memang ada banyak kasus yang di laporkan terkait dengan pemalsuan pada internet banking ini. tentu saja kasus ini cukup merugikan nasabahnya. Jadi, hal ini juga sangat penting untuk di waspadai, terutama bagi Anda yang sudah menggunakan layanan elektronik tersebut sejak saat ini.

3. Memulai Internet Banking Cukup Ribet
Kekurangan layanan ini juga di jumpai sejak awal, yakni dalam memulainya harus melalui proses yang cukup dibet dan ada banyak sekali dokumen yang harus di penuhi. Bahkan harus melakukan aktivasi dan semacamnya sehingga ada banyak langkah. Namun, sebenarnya hal ini juga bertujuan pada keamanannya sendiri. 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~