Pemanfaatan Internet of Things (IoT) Di Jakarta

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) Di Jakarta

Internet of Things (IoT) memang sudah lama dikembangkan secara global sejak 20 tahun silam di seluruh dunia. Walaupun memang penggunaan di Indonesia belum terlalu populer dibandingkan dengan negara lainnya. Penggunaan yang paling banyak dilakukan di Indonesia adalah di Jakarta.

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) Di Jakarta

IoT ini mulai banyak diterapkan di Jakarta untuk tujuan kota cerdas. Saat ini mulai banyak aplikasi yang dibuat demi tercapainya kota cerdas ini. Ini adalah pemanfaatan IoT di Jakarta:

Jakarta One Card
Jika di Korea, Taiwan, Eropa dan beberapa negara lainnya sudah memiliki sistem IoT yang satu ini, Jakarta yang merupakan ibu kota dari Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Kartu Jakarta ini termasuk kedalam kartu cerdas yang bekerja sama dengan bank DKI.

Kartu ini memiliki chip yang juga terpasang di kartu penduduk yang kini biasa disebut dengan e-KTP. Kartu cerdas ini dapat digunakan untuk membayar angkutan umum yang sudah disediakan oleh pemerintah DKI. Pasti Anda penasaran apalagi kegunaan dari Jakarta One Card, keterangan dapat Anda lihat idbawah ini.

1. Membayar Transportasi Umum
Fasilitas ini adalah yang paling krusial bagi seluruh masyarakat Jakarta sehingga dapat mempermudah melaju ke berbagai pelosok Jakarta dengan menggunakan kartu ini. Selain itu kartu cerdas yang satu ini juga ditujukan untuk mengurangi angka kemacetan yang telah lama terjadi di Jakarta.

Pemanfaat IoT yang paling penting adalah untuk melakukan pembayaran dengan KRL Commuter Line. Anda pasti sudah sangat mengerti tentang transportasi kereta bawah tanah yang satu ini kan. Pemerintah DKI telah mengadakan kolaborasi dengan KAI komuter, sehingga masyarakat yang menggunakannya dapat menikmati fasilitas pembayaran yang lebih mudah.

2. Membayar Barang Belanjaan
Bila Anda berkunjung ke Taiwan, Anda akan dapat melihat bahwa adanya kartu cerdas yang juga dapat digunakan untuk membayar barang belanjaan. Kartu yang ada di Jakarta juga seperti itu, sehingga Anda dapat memasukkan uang Anda ke dalam kartu tersebut dan bepergian kemana saja dan menggunakannya untuk berbelanja.

Tentunya penggunaan  kartu tersebut tidak dapat dilakukan dimana saja dan baru terpasang di mall yang ada di Jakarta. Contoh dari tempat-tempat yang belum dapat menggunakan kartu ini adalah pasar tradisional dan juga warung makan kecil.

3. Membayar Pajak Jalan Tol
Jika Anda ingin berpergian ke luar kota, maka akan melewati jalan tol. Di tempat tersebut, seluruh pelintas berkendara akan dikenai pajak. Tanpa IoT sudah pasti masyarakat diharuskan untuk membayar biaya dengan menggunakan uang manual. Terkadang hal tersebut agak sedikit membuat kerepotan bagi orang yang harus membuka dompet dan mencari uang yang sesuai dengan biaya jalan tol.

Dengan hadirnya IoT dalam bentu kartu Jakarta, maka para pelintas akan dapat membayar dengan lebih cepat dan lebih mudah. Jadi dapat Anda bayangkan bahwa kartu ini sangat berkontribusi besar di kehidupan masyarakat Jakarta. Jika Anda memiliki keinginan untuk bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta, Anda harus dapat memanfaatkan kartu ini dengan baik untuk mempermudah kehidupan.


4. Membayar BPJS
Nama asuransi kesehatan yang satu ini pasti sudah tidak asing ditelinga Anda bukan. BPJS sebagai asuransi kesehatan telah bekerja sama dengan pemerintah dan juga pihak Bank untuk dapat mewujudkan pembayaran mudah dengan menggunakan kartu Jakarta.

Jadi Anda tidak perlu susah-susah membawa uang yang banyak atau mencari bank terdekat untuk dapat membayar biaya BPJS lagi. Anda bisa memanfaatkan kartu tersebut. Hal itu akan memudahkan Anda, sehingga kemana-mana suatu hari nanti hanya membutuhkan satu kartu yaitu kartu cerdas Jakarta.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~