Pemanfaatan Platform IoT Beserta Penerapannya Di Indonesia

Pemanfaatan Platform IoT Beserta Penerapannya Di Indonesia

Bagi seluruh masyarakat yang hidup di jaman ini memang harus selalu update terhadap perkembangan teknologi yang ada. Walaupun bagi Anda yang masih awam pasti masih asing mendengar kata platform IoT. Saat ini platform IoT juga terus berkembang dengan sangat pesat yang mana tahun lalu dideteksi bahwa platform IoT sudah mencapai 300 platform.

Pemanfaatan Platform IoT

Sedangkan tahun ini saja platform yang ada sudah lebih dari 700-an. Angka yang sangat fantastis bukan. Maka dari itu dapat dikatan bahwa saat ini kehidupan manusia tidak akan dapat dipisahkan dari pemanfaatan platform IoT.

Bahkan berdasarkan survei dikatakan bajwa pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) dari platform IoT adalah sebesar 33% dan adanya prediksi bahwa mencapai keuntungan pasar sebesar $1.6 miliar di sekitar tahun 2021.

Apa itu Platform IoT
Platform IoT merupakan komponen yang krusial atau penting dari ekosistem IoT. Sedangkan pengertian dari IoT sendiri adalah sistem penukar data antara sensor yang terpasang di berbagai peralatan dengan penggunanya. Tempat bekumpulnya semua data dan informasi yang dapat diakses oleh pengguna dinamakan dengan platform IoT. 

Pemanfaatan Platform IoT
Berdasarkan arti yang telah dipaparkan di atas, bagi banyak masyarakat tentu saja masih banyak pertanyaan yang berputar di benak mereka. Pasti aka nada banyak pertanyaan seputar apa saja pemanfaatan platform IoT ini. Penjelasannya dapat disimak sebagai berikut.

1. Sistem IoT Membutuhkan Perangkat Keras
Dalam dunia teknologi informatika pasti akan ada yang dinamakan dengan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Contoh dari software adalah aplikasi yang dapat dipasang di smartphone Anda. Sedangkan contoh dari hardware adalah barang yang memiliki wujud fisik atau nyata. Saat ini hal yang akan dibahas adalah mengenai hardware dari platform IoT. 

Sistem IoT dalam menjalankan fungsinya sangat bergantung pada perangkat keras seperti sensor. Perangkat ini berfungsi untuk mengumpulkan data yang ada dilingkungan tempat ia terpasang. Biasanya masing-masing sensor akan memiliki fungsinya masing-masing. 

Misalnya saja sensor kelembaban yang mana hanya dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi seputar kelembaban saja. Sensor jenis ini biasanya terpasang pada alat penyiram tanaman, sehingga ia dapat memberikan informasi kepada alat tempatnya terpasang untuk memutuskan menyiram tanaman atau tidak. 

2. Platform IoT Selalu Membutuhkan Konektivitas atau Listrik
Kecanggihan yang dapat dilakukan IoT semua akan sirna bila tidak terdapat konektivitas maupun listrik. Jadi dapat dipastikan saat ini bahwa daerah yang masih terisolasi dari listrik maupun internet tidak akan memiliki dan dapat dipasang dengan sistem platform IoT.

Untuk menghantarkan informasi yang didapat dari sensor menuju ke sistem cloud pasti membutuhkan konektivitas. Jadi tanpa adanya konektivitas maupun listrik, informasi dari sensor akan langsung terputus dan tidak dihantarkan menuju ke cloud. 

Maka dari itu pengunaan platform IoT ini baru dapat diimplementasikan di kota-kota besar saja yang mana sudah memiliki seluruh infrastruktur seperti Internet yang bagus dan juga listrik yang menyala selama 24 jam. Sedangkan pada kota-kota kecil dengan sistem Internet dan listrik yang kadang terdapat pemadaman, tempat tersebut juga masih belum cocok menggunakan sistem ini.

3. Platform IoT Membutuhkan Software
Software yang dimaksud disini adalah lebih pada apa yang ada di cloud. Sistem cloud bertugas untuk melakukan proses analisa data atau informasi yang telah dikumpulkan oleh sensor. Kemudian setelah menganalisa data yang dikumpulkan, sistem ini akan mengambil keputusan yang dianggap perlu. Seberapa cerdas dari sistem cloud sangat bergantung pada algoritma dari orang yang mendesainnya. 

Yang jelas dimasa depan, platform IoT akan terpasang pada robot-robot yang ada. Robot-robot tersebut akan digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, sehingga perkembangan IoT ini sangat dikejar oleh manusia-manusia modern maupun para pebisnis.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~