Pemanfaatan Robot AI Dalam Kehidupan Manusia

Pemanfaatan Robot AI Dalam Kehidupan Manusia

Pemanfaatan Robot AI Dalam Kehidupan Manusia

Perkembangan zaman yang pesat menuntut seluruh perusahaan teknologi untuk saling berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi yang canggih. Hingga saat ini mulai dikembangkan teknologi canggih yang menggunakan sistem kecerdasaran buatan yang umum disebut dengan robot Artificial Intelligence (AI). Namun, sebenarnya bagaimanakah pemanfaatan robot AI?


Apa itu Artificial Intelligence (AI)?
Artificial Intelligence atau AI merupakan sistem yang dibuat dengan menerapkan cara berfikir manusia yang distanamkan ke dalam sebuah perangkat lunak sebagai dasar untuk sistem kerja robot AI. Sehingga, wajar saja jika saat ini dengan adanya penemuan teknologi AI membuat berbagai macam mesin dan perangkat-perangkat teknologi yang kita gunakan memiliki kemampuan layaknya manusia.

Saat ini banyak dijumpai perangkat sehari-hari yang sudah menggunakan teknologi AI yang dapat digunakan untuk membantu dalam meringankan pekerjaan. Hal ini karena teknologi AI mampu berfikir, menganalisis dan bertindak layaknya manusia baik dalam wujud software maupun wujud robot.

Pemanfaatan Teknologi AI dalam Kehidupan
Teknologi AI hingga saat ini sudah diterapkan di dalam berbagai macam bidang untuk membantu manusia. Namun, berikut ini terdapat beberapa pemanfaatan teknologi AI yang paling banyak digunakan:

1. Pemanfaatan AI Pada Robot

Robot Emotion Api

Robot Emotion Api
Foto: spectrum.ieee.org
Saat ini dalam dunia robotik terus dikembangkan robot-robot yang disematkan kecerdasan buatan. Contoh robot yang menggunakan kecerdasan buatan adalah robot Emotion Api yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mendeteksi emosi sesorang berdasarkan ekspresi wajah. Kemudian untuk membantu pekerjaan rumah, saat ini terdapat robot vacum cleaner yang mampu bekerja sesuai dengan perintah anda.

2. Pemanfaatan AI Untuk Memprediksi Masa Depan

Artificial Intelligence Deep Mind

Artificial Intelligence DeepMind
Foto: www.technocracy.news
Salah satu perusahaan teknologi raksasa, yaitu Google mengumumkan bahwa salah satu anak perusahaannya, yaitu Deep Mind mampu menciptakan kecerdasan buatan yang dapat digunakan untuk memprediksi masa depan. Sistem yang digunakan menggunakan kemampuan dan cara berpikir layaknya manusia di dalam pengambilan keputusan dengan cara mempertimbangkan keputusan dan membuat rencana tanpa membutuhkan instruksi dari manusia.

3. Pemanfaatan Robot AI Di Dalam Dunia Medis

Robot AI Di Dalam Dunia Medis

Robot AI Di Dalam Dunia Medis
Foto: health.detik.com
Teknologi AI hingga saat ini telah berhasil masuk dan membantu di dalam ranah medis. Berbagai macam peralatan medis yang ada telah menggunakan sistem kecerdasan buatan seperti misalkan pada mesin rekam medis. Karena berkat teknologi tersebut kegiatan perekaman medis dari yang awalnya menggunakan catatan kertas, kini telah dapat menggunakan dalam bentuk elektronik. Sehingga secara tidak langsung proses kegiatan rekam medis dapat disimpan dengan aman dan diakses dengan cepat oleh masing-masing pasien.

Salah satu teknologi AI dalam dunia medis yang saat ini tengah populer adalah Deep Face Lift. Sistem ini merupakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat digunakan untuk membantu dokter dalam megobati pasien melalui deteksi rasa sakit seorang pasien dengan objektif.

4. Pemanfaatan Robot AI Untuk Keamanan

Teknologi SmartLock

Teknologi Smartlock
Foto: finance.yahoo.com
Keamanan menjadi bagian yang paling diperhatikan di dalam perkembangan teknologi AI. Bahkan dalam jangka waktu yang pendek ini, sudah banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan perangkat keamanan dengan teknologi AI. Beberapa perangkat keamanan yang populer dikembangkan adalah teknologi smartlock.

Teknologi tersebut mampu memberikan respon ketika dibuka dengan tidak sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh pemiliknya. Bahkan jika dipadukan dengan  menerapkan teknologi Internet of Things maka smartlock tersebut dapat mengirimkan pesan notifikasi kepada pemilik jika terjadi hal-hal yang mencurigakan di rumah. Sehingga dengan demikian meskipun rumah ditinggal pergi, maka akan selalu dapat diawasi dengan nyaman.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~