Peran Aplikasi Komputer Bisnis Dan Manfaatnya

Peran Aplikasi Komputer Bisnis Dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, tentu saja ada banyak hal yang ikut  berperan di dalamnya. Dan di zaman sekarang yang sudah serba modern, tentu saja tidak hanya sumber daya manusia, tetapi yang namanya teknologi juga akan berperan besar sehingga ada aplikasi komputer bisnis yang akan selalu memberikan kemudahan dalam banyak hal.

Aplikasi komputer bisnis merupakan pemanfaatan berbagai teknologi komputerisasi yang akan di gunakan dalam berbagai bidang bisnis yang ada. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang manfaat dan aplikasi komputer bisnis tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini.

Peran Aplikasi Komputer Bisnis Dan Manfaatnya


Manfaat Aplikasi Komputer Bisnis Di Beberapa Bidang
Perlu di ketahui bahwa dalam perkembangannya ada banyak sekali peran yang di berikan aplikasi komputer bisnis ini. Terutama tentu saja dalam hal penyediaan akses informasi dan kerjasama. Selain itu juga akan mempermudah percepatan penghitungan dan penyajian data. Nah, untuk perannya secara spesifik dalam beberapa bidang bisnis ada di bawah ini.

1. Bidang Perdagangan
Bidang perdagangan saat ini sudah sangat bergantung pada aplikasi komputer bisnis untuk mempermudah segala kebutuhan transaksi khususnya. Katakan saja seperti di kasir, tentu saja akan memanfaatkan mesin cash register yang mana di dalamnya sudah di lengkapi dengan pengendalian oleh komputer.

Di bidang perdagangan, khususnya seperti department store, ini akan sangat memudahkan pengelola karena akan memiliki penghitungan secara otomatis tanpa harus menghitung secara manual. Selain informasi akan di dapat dengan mudah, transaksi menjadi lebih simpel. Laporan secara rutin pun juga bisa di lakukan secara lebih mudah lagi. 

2. Bidang Perbankan
Tidak hanya bidang perdagangan, saat ini perbankan juga tidak pernah lepas dari aplikasi komputer bisnis. Dalam banyak hal bidang perbankan akan memanfaatkan penghitungan secara otomatis dari komputer. Mulai dari pencatatan data, hingga transaksi keuangan. Hal ini tentu saja memang sangat menguntungkan. Kesalahan data dalam perbankan sendiri juga akan semakin sedikit.

Tentu saja dengan adanya aplikasi ini di bidang perbankan, penghitungan segala hal akan menjadi semakin cepat saja. selain itu juga akan lebih aman dengan tingkat kekeliruan yang semakin kecil asalkan pemasukan datanya akurat. Bahkan saat ini hal tersebut memberikan tuntutan tersendiri bagi setiap pengelola bank untuk bersaing dalam hal kecanggihan teknologi.

3. Bidang Jasa Perbankan
Di bidang jasa, termasuk dalam jasa keuangan tentu saja akan banyak pula penggunaan aplikasi komputer bisnis yang mendukungnya. Apalagi jika sudah berkaitan dengan yang namanya transkasi online, perhitungan bunga secara otomatis, hingga berkaitan dengan ATM. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya aplikasi komputer bisnis segalanya bisa terwujud secara lebih mudah. 

Beberapa Program Pengolah Dokumen Dalam Aplikasi Komputer Bisnis

Dalam aplikasi komputer bisnis ada banyak sekali program pengolah dokumen yang di manfaatkan di sini. Yang paling utama tentu saja adalah microsoft word yang berkaitan dengan penyajian data dan microsoft exel yang berkaitan langsung dengan proses perhitungan. Dalam kebutuhan yang berkaitan dengan tabel dan grafik, tentu saja semuanya sudah bisa di selesaikan dengan program ini.

Selain itu, masih ada lagi beberapa pengolah dokumen yang tidak kalah penting. salah satunya adalah spreedsheet yang akan sangat membantu dalam pengolahan data matematis. Dan Microsoft Exel sendiri adalah salah satu jenisnya. Ada juga yang di sebut dnegan Microsoft Acces sebagai sebuah program aplikasi dalam bisnis untuk pengelolaan basis data.  
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~