Skip to main content

Perintah Dasar Menggunakan Mouse Yang Wajib Dipelajari

Mouse merupakan perangkat keras yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor. Mouse sendiri dikategorikan sebagai perangkat input atau masukan yang perannya sangat penting untuk komputer. Jika komputer tanpa menggunakan mouse, maka komputer itu sudah dipastikan sudah bisa digunakan. Karena mouse merupakan perangkat inti pada sebuah komputer yang digunakan untuk memberikan perintah seperti menunjuk, memilih, membuka maupun memindah obyek.

Perintah Dasar Menggunakan Mouse Yang Wajib Dipelajari

Dalam penggunaan Mouse, ada beberapa perintah untuk mengoperasikan mouse, berikut adalah perintahnya :

1. Point
Perintah point pada mouse berfungsi untuk mengarahkan pointer mouse pada suatu obyek dengan cara menggeser mouse pada obyek yang dikehendaki.

2. Single Click (Klik Satu Kali)
Single Click adalah perintah untuk menekan tombol mouse sebanyak 1 kali klik. Hal ini biasanya digunakan untuk memilih suatu opsi atau melakukan navigasi dalam komputer.

Seperti memilih opsi "Yes" or "No", mengakses menu, membuka folder atau file yang sudah terbuka, menempatkan posisi kursor dan lain sebagainya.

3. Double Click (Double Klik)
Double Click atau biasa disebut dengan klik dua kali adalah menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali klik. Biasanya Double Click berfungsi untuk membuka atau menjalankan aplikasi tertentu atau bisa juga digunakan untuk memblok suatu teks.

4. Right Click (Klik Kanan)
Right Click atau klik kanan ini adalah menekan tombol kanan pada mouse sebanyak satu kali. Hal ini digunakan untuk memilih beberapa opsi seperti melakukan copy, rename, cut pada suatu program atau aplikasi.

Pada Microsoft Word jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dll.

5. Drag atau Click and Drag
Drag adalah menekan tombol kiri pada mouse dan menahanya kemudian digeserkan pada posisi tertentu. Drag ini biasanya digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, memilih beberapa objek sekaligus dan mengatur tata letak sebuah gambar atau aplikasi.

6. Scroll
Scroll pada mouse berbentuk seperti roda kecil yang berfungsi untuk menggulung (keatas atau kebawah) halaman pada layar monitor.

Nah itu dia perintah dasar untuk menggunakan mouse yang wajib dipelajari, dari penjelasan yang sudah disampaikan diharapkan bisa dimengerti dengan baik dan dipahami. Karena bagaimanapun bentuk suatu ilmu, kita harus bisa mempelajarinya sekalipun hal-hal yang sederhana. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar