Startup Berbasis Blockchain Di Indonesia Paling Terkenal

Startup Berbasis Blockchain Di Indonesia Paling Terkenal

Ada banyak sekali orang yang masih awam mengenai dunia cryptocurrency yang berbasis teknologi blockchain. Cryptocurrency tersebut telah diimplementasikan di berbagai banyak segmen usaha seperti asuransi, musik, maupun dunia belanja online.


Startup Berbasis Blockchain di Indonesia

Indonesia tentu saja tidak mau kalah, sehingga dibawah naungan dari Indonesia Blockchain Association atau disingkat ABI memutuskan untuk mengembangkan dunia blockchain di Indonesia. Ada banyak sekali startup berbasis blockchain di Indonesia, seperti:

Pundi X

Pundi X

Blockchain yang satu ini memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat terutama penggunanya untuk membeli, menjual, dan menggunakan cryptocurrency kapan pun dan dimana saja dia berada. Pundi X ini termasuk ke dalam salah satu dari teknologi blockchain desentralisasi terbesar di dunia. Beberapa fakta lain seputar Pundi X:

1. Jaringan Cryptocurrency Offline
Jadi seluruh pengguna dari Pundi X termasuk ke dalam bagian dari ekosistem di blockchain ini. Selanjutnya ekosistem yang melakukan transaksi akan direkam secara langsung di dalam blockchain. Setelah melakukan perekaman data, proses selanjutnya akan dijalankan secara offline, karena akan disalurkan menuju ke outlet fisik secara point-of-sale (PoS).

2. Mempermudah Pembayaran Cryptocurrency
PoS dianggap merupakan sebuah solusi untuk mendukung sistem pembayaran cryptocurrency dalam berbagai macam dompet atau jenis cryptocurrency. Selain itu, sistem ini juga dapat menghubungkan antara dompet handphone  tradisional termasuk juga Alipay.

Indodax

Indodax

Setelah membahas mengenai Pundi X, startup berbasis blockchain lainnya di Indonesia adalah Indodax. Startup ini merupakan perusahaan pertama kali di Indonesia yang menerapkan basis pembayaran dan penukaran Bitcoin. Perusahaan penukaran uang virtual ini pertama kali berdiri di Bali pada tahun 2013 silam.

Sampai saat ini, perusahaan startup ini adalah yang terbesar di Indonesia dan sudah memiliki anggota lebih dari 1 juta orang. Perusahaan blockchain ini menawarkan jasa ke seluruhan dunia.



hanya saja setoran yang ada hanya dalam rupai saja. Perusahaan ini telah menjalin kerjasama dengan Bitcoin, Dash, Ethereum, Waves, Nem, dan Litecoin.


Tokocrypto

Tokocrypto

Perusahaan startup yang satu ini berbasis di Jakarta dan pertama kali didirikan pada tahun 2017. Perusahaan startup berbasis blockchain di Indonesia yang satu ini menargetkan untuk menguasai dunia cryptocurrency yang ada di kawasan Asia Selatan.

Perusahaan ini menawarkan jasa agar para penggunanya dapat melakukan transaksi cryptocurrency dengan mudah, aman, dan terjamin. Proses transaksi uang virtual yang dapat dilakukan misalkan saja adalah penjualan dan pembelian Bitcoin.

Walaupun demikian, perusahaan startup yang satu ini juga memungkinkan anggotanya untuk melakukan transaksi dengan uang virtual jenis selain Bitcoin yaitu Ethereum. Sedangkan dimasa depan, perusahaan ini akan melebarkan sayap untuk mampu mendukung transaksi menggunakan Ripple, Litecoin, Cardano, NEO, dan Swipe.

Triv

Triv

Perusahaan berbasis blockchain yang ini juga bergerak dibidang uang dan dompet virtual. Perusahaan ini membantu pengguna untuk melakukan pembelian secara online dengan memberikan daftar toko yang kemungkinan disukai oleh pengguna jasanya.

Selain itu, aplikasi ini juga mempermudah anggotanya untuk melakukan pengiriman uang dengan tujuan teman maupun keluarga yang sama-sama menggunakan aplikasi ini. Platform dari Triv memungkinkan untuk menggunakan berbagai uang virtual yang sudah terkenal yaitu Bitcoin dan Ethereum. 

Triv juga dilengkapi dengan human interface yang bagus, sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi baik untuk membayar atau dibayar. Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh blockchain ini adalah kemampuan untuk melakukan pengambilan uang secara langsung dari 100 daftar nama bank yang ada di Indonesia.

Jadi dapat dikatakan bahwa perusahaan startup yang satu ini telah mampu melakukan kolaborasi dengan banyak bank di Indonesia, sehingga dapat memberikan penawaran yang menarik bagi anggotanya. Walaupun memang saat ini perusahaan ini belum mampu menukar uang virtual dalam jenis selain dari dua yang telah disebutkan di atas.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~