Tantangan Dan Peluang Membangun Smart City Indonesia

Tantangan Dan Peluang Membangun Smart City Indonesia

Tantangan Dan Peluang Membangun Smart City Indonesia - Transformasi Indonesia yang cepat dari ekonomi pedesaan ke perkotaan telah menjadi salah satu tolak ukur potensi pertumbuhan besar negara itu, sementara secara bersamaan menggarisbawahi beberapa tantangan yang perlu dihadapi. 

Pembangunan infrastruktur harus mengikuti permintaan, sementara investasi dalam solusi inovatif dapat berkontribusi untuk kehidupan yang berkelanjutan. Konsep Smart City Indonesia menawarkan pendekatan baru untuk beberapa kota besar di Indonesia, yang telah mengalami pertumbuhan signifikan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi orang lain di nusantara untuk mempersiapkan mereka untuk pertumbuhan populasi yang diharapkan.

Konsep ini berpusat pada bagaimana pembangunan perkotaan dapat mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dan Internet of Things (IoT) dengan cara yang aman dan efektif untuk mengelola aset dan sumber daya publik, termasuk sistem lalu lintas dan transportasi, pengelolaan limbah dan penegakan hukum. 

Kemajuan Begitu Jauh 
Jakarta, seperti beberapa kota lain di Indonesia, sedang menjalani transisi menuju kota cerdas sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan standar hidup dan memastikan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan, dan sebagai tanggapan terhadap masalah yang telah lama mempengaruhi penduduk, seperti kualitas udara yang buruk , kerentanan terhadap banjir dan masalah kemacetan lalu lintas. 

Program Jakarta Smart City, diluncurkan pada tahun 2014, bertujuan untuk mempromosikan dan mengimplementasikan inisiatif kota pintar, termasuk orang, mobilitas, standar hidup, ekonomi, lingkungan dan pemerintah. Sejak itu menjadi pusat pemerintahan provinsi untuk teknologi terbaru. 

Program ini bertujuan untuk mendorong pejabat kota dan warga negara untuk meningkatkan penggunaan teknologi kota pintar sehari-hari, seperti aplikasi transportasi umum Trafi dan aplikasi komunikasi Qlue, yang memberikan warga dengan platform untuk menyuarakan keprihatinan dan aspirasi mereka. 


Tantangan Ke Depan
Di Indonesia, pemerintah daerah bertanggung jawab atas pembangunan perkotaan, di bawah pengawasan dan bimbingan pemerintah pusat. Sementara pemerintah daerah diharapkan untuk membiayai, memelihara dan merehabilitasi infrastruktur, sebagian besar anggaran mereka dihabiskan untuk belanja gaji, Pekerjaan Umum dan Menteri Perumahan Umum. 

Perencanaan yang tepat - mengembangkan peta jalan kota pintar - sangat penting untuk mendapatkan dukungan, sumber daya dan urutan inisiatif, karena beberapa mungkin memiliki ketergantungan dengan orang lain.

Tantangan Dan Peluang Membangun Smart City Indonesia

Visi Terkoordinasi, Pengembangan Kapasitas dan Pendidikan Publik
Rencana regional jangka panjang dan akuntabilitas yang jelas untuk menerapkannya berfungsi sebagai tulang punggung untuk memastikan bahwa kemajuan terus berlanjut bahkan setelah perubahan kepemimpinan terjadi, terutama karena visi kota yang cerdas cenderung berkembang seiring berjalannya waktu. 

Faktor keberhasilan kritis lain adalah kemampuan orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengemudi dan melaksanakan visi. Apakah orang-orang ini memiliki kapasitas, kompetensi digital, kemampuan pemecahan masalah, imajinasi untuk menerapkannya, untuk menciptakan kondisi dan kebijakan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan kota cerdas.

Apa Tantangan Paling Besar dalam Membangun Smart City Indonesia?

Bermitra dengan Perusahaan Asing
Perwakilan perusahaan Perancis yang terlibat dalam pembangunan kota berkelanjutan mengunjungi Jakarta, Bandung, Surabaya dan Palembang, Sumatera Selatan, di mana mereka berbagi keahlian mereka tentang bagaimana kota-kota Indonesia dapat diubah secara efektif untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan warga mereka. 

Pekerjaan bisnis Perancis telah sebagian besar difokuskan pada pengembangan program kota yang berkelanjutan, dimana kerjasama telah bersama lembaga lokal publik seperti Jakpro, serta pemerintah daerah, termasuk dari Bandung dan Surabaya. Itulah hambatan terbesar dalam membangun Smart City Indonesia yang harus anda ketahui.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~