11 Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer Di Indonesia

11 Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer Di Indonesia

11 Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer Di Indonesia

Bahasa pemrograman komputer, atau sering dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program yang ada pada komputer.

Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh sistem komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat aplikasi tertentu, maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat nantinya.

Jumlah bahasa pemrograman yang ada sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, developer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam melakukan proses developing software.

Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer di Indonesia


1. JAVA

Java merupakan bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC hingga perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem dan kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling dimana kopi ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler karena bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. 

Selain itu, bahasa ini juga memiliki library yang sangat lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan, dimana aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java. Sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan saat ini.

2. PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu, banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam proses pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh seseorang bernama Rasmus Lerdrorf.

3. C#

C# adalah bahasa pemrograman yang juga dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari bahasa C dan C++. C# ini banyak digunakan dan dtemui untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

4. Python

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun mobile. Bahasa phyton termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya contohnya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python digunakan pula oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Di Indonesia telah terdapat grup Facebook yang membahas tentang Python yang telah memiliki lebih dari 6000 anggota. Grup ini cukup aktif, grup ini bernama Python Indonesia yang dapat ditemui di Facebook.

5. HTML

HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language dan merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam membuat halaman web.

Hypertext mengacu pada cara di mana text biasa bisa berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan mengklik text tersebut. Nah disitulah kenapa bisa dinamakan Hypertext.


Disebut Markup Language, karena HTML menggunakan tag Mark untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalkan text berada di tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jika berada di antara tanda lainnya akan tampak besar.

Contoh Penggunaannya :
<p>Saya ingin minum <mark>susu</mark> hari ini.</p>


6. Visual Basic

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan ide visual dalam pembuatan software. Bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem dalam operasi Windows. Visual Basic sendiri adalah bahasa keturunan dari bahasa pemrograman basic.

Sebuah survey pada tahun 2005 menunjukan hasil bahwa 62% developer software menggunakan Visual Basic dalam pengembangan softwarenya, sehingga hal tersebut menjadikan Visual Basic sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. Di Indonesia terdapat grup Visual Basic Indonesia yang telah memiliki 22 ribu member bahkan lebih.


7. C

Bahasa C termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah seseorang bernama Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang populer di Indonesia karena sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT maupun lembaga kursus pemrograman menggunakannya untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. 

Bukan tanpa sebab, bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Karena bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

8. C++

C++ adalah bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama. Meski begitu, kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan dalam hal penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C, penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural. Sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi ke dalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh seseorang bernama Bjarne Stroustrup.

C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang populer karena banyak perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun softwarenya. Contohnya Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembangannya dihentikan.

9. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang berhasil dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan website. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang lebih interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang JavaScript ini. Anda bisa mencarinya dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif hingga sekarang.

10. Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk melakukan pengembangan pada aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple. Bahkan sistem operasi iOS juga dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C ini.

11. ActionScript

ActionScript merupakan bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan pada ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi yang menggunakan basis data, contohnya adalah Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, namun kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang telah membeli Macromedia pada tahun 2005.

Action Script keluaran terbaru saat ini adalah Action Script 3.0. Action Script 3.0 adalah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya telah dikenal dengan nama Action Script 2.0. Action Script 3.0 memiliki beberapa kelebihan dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan adalah file pada Action Script 3.0 dapat dibuat terpisah saat sedang runtime.

Di Indonesia, ActionScript menjadi populer karena banyaknya developer berbasis Flash yang tentu saja menggunakan ActionScript untuk keperluan proses koding. Di Facebook juga terdapat grup ACTIONSCRIPT Indonesia yang masih aktif sampai sekarang dan bahkan grup ini memiliki 1000 lebih anggota.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~