Blockchain: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Blockchain: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Blockchain: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Pengertian Blockchain adalah teknologi pencatatan transaksi terintegrasi dengan teknologi modern, yang memiliki kode unik yang tak bisa dirubah (kekal) yang merevolusi cara kerja internet, perbankan dan hal-hal lainnya. Blockchain berperan sangat penting dalam menciptakan mata uang digital, contohnya adalah Bitcoin.

Teknologi blockchain di Indonesia sudah mulai berkembang pesat sejak tahun 2015. Teknologi Blockchain sering disebut-sebut sebagai solusi atau alternatif terbaik untuk inefisiensi atau pemborosan di sektor keuangan. Disamping itu, blockchain juga memiliki potensi untuk membuat dampak sosial positif yang lebih luas jika diterapkan oleh pemerintah Indonesia dengan benar.

Transaksi menggunakan teknologi blockchain bersifat peer-to-peer, dalam arti sebuah data (dapat berupa pesan, uang, atau informasi penting) dapat dipindahkan dari satu pengguna ke pengguna yang lain tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga. Dengan adanya blockchain, kita tidak lagi harus bergantung pada satu server, karena seluruh transaksi tereplikasi ke seluruh jaringan sehingga terhindar dari berbagai bentuk penipuan atau pemalsuan karena data yang dimodifikasi, server down, atau kasus akun yang diretas.

Cara Kerja Blockchain


Sistem kerja blockchain terdiri dari dua jenis record, yaitu transaksi dan blok. Transaksi ini disimpan secara bersama-sama di dalam satu blok. Hal yang unik dari sistem kerja blockchain adalah setiap blok berisi hash kriptografi sehingga membentuk suatu jaringan. Fungsi hash kriptografi adalah mengambil data dari blok sebelumnya lalu mengubahnya menjadi compact string. String ini memungkinkan sistem mudah mendeteksi adanya sabotase yang mungkin sedang terjadi.



Dengan metode tersebut, setiap blok tidak perlu memiliki nomor seri karena hash memungkinkan setiap blok dapat melakukan verifikasi terhadap integritasnya. Setiap blok akan menegaskan validitas dari blok-blok sebelumnya. Keterkaitan blok bukanlah satu-satunya hal yang membuat jaringan tetap aman, masih ada hal lainnya.


Cara Kerja Blockchain

Cara Kerja Blockchain 

Teknologi ini juga terdesentralisasi, artinya setiap komputer dengan perangkat lunak yang diinstal memiliki salinan blockchain yang terus diupdate dengan blok yang baru. Tidak ada server terpusat yang memegang transaksi. Karena setiap blok baru harus memenuhi persyaratan dalam rantai atau jaringan, maka tidak ada blok yang bisa menimpa transaksi sebelumnya (stack).


Persyaratan transaksi lain yaitu bisa digunakan untuk menentukan entri yang valid. Di Bitcoin, transaksi yang valid harus ditandatangani secara digital serta harus mengeluarkan satu atau lebih output yang tidak terpakai dari transaksi sebelumnya. Jumlah keluaran transaksi tidak dapat melebihi jumlah dari input yang ada. Setelah membahas pengertian blockchain dan cara kerjanya, berikut manfaat blockchain.

Manfaat Blockchain yang Harus Anda Ketahui


1. Perluas Akses Keuangan
Adanya teknologi blockchain dapat memperluas akses layanan keuangan. Dengan adanya blockchain mampu menjangkau transaksi tanpa ada hambatan atau batasan pihak ketiga yang ada selama ini. Sehingga juga, akses keuangan menjadi pesat dan kecepatan akses bertambah dengan kapasitas server.

2. Mengefisienkan Proses Bisnis
Blockchain dapat melayani transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun sehingga proses bisnis anda berjalan secara efisien. Dengan ini, proses bisnis dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Contohnya transaksi RTGS yang memiliki batasan waktu tertentu dan tidak bisa dilakukan di hari libur tetapi blockchain dapat menjadi solusi dari hal tersebut dan tentunya hal ini akan sangat memberikan efisiensi waktu dalam dunia bisnis anda.

3. Biaya Murah
Efisiensi yang selanjutnya dari segi biaya transaksi. Blockhain memiliki biaya transaksi yang cenderung rendah apabila dibandingkan dengan rate mata uang konvensional. Hal ini sangatlah membantu dunia bisnis untuk meningkatkan efisiensi dari sisi keuangan anda.

4. Aman
Peluang dari segi teknologi adalah peningkatan keamanan. Teknologi blockhain sangat aman serta efektif. Transaksi yang dilakukan oleh para pengguna dapat divalidasi pada saat itu juga saat menggunakan blockchain untuk bertransaksi.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~