Internet Sebagai Jaringan Yang Dipakai Dalam Pendidikan

Internet Sebagai Jaringan Yang Dipakai Dalam Pendidikan

Internet Sebagai Jaringan Yang Dipakai Dalam Pendidikan

Di era globalisasi ini penggunaan internet memang sangat krusial dalam segala bidang. Internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang mempunyai banyak manfaat bagi ilmu pengetahuan. Internet sebagai jaringan yang dipakai dalam pendidikan dapat menunjang kemajuan generasi milenial.

Aplikasi Internet Dalam Pendidikan

Beberapa penggunaan internet sebagai jaringan yang dipakai dalam pendidikan yaitu:

1. E-mail

E-mail merupakan bentuk surat menyurat dengan jaringan internet. E-mail dapat menjadi salah satu bentuk aplikasi dari internet yang memungkinkan adanya komunikasi dua arah secara tertulis bagi pengirim dan penerima pesan. 

Komunikasi dua arah ini sangat penting terutama bagi pelajar sebagai generasi milenial. Adanya e-mail dapat menjadi sarana bagi kaum milenial untuk membahas isu-isu yang terjadi. Biasanya e-mail digunakan oleh para pelajar atau aktivis dalam pendidikan untuk membahas mengenai suatu projek dengan rekannya.

Selain itu, e-mail juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana komunikasi dengan teman yang berada di mancanegara untuk membahas latar belakang negaranya masing-masing sekaligus menjadi sarana belajar dalam mengaplikasikan bahasa asing. Bukan hanya untuk pelajar saja, penggunaan e-mail dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan oleh para pengajar untuk mengoreksi hasil tugas siswanya

2. E-library

E-library merupakan sarana dalam menyediakan buku-buku sebagai bahan referensi secara online. E-library ini bisa juga disebut sebagai perpustakaan online.

E-library memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam mengakses buku referensi di manapun dan dalam situasi apapun. Peserta didik tidak perlu datang ke perpustakaan sekolah untuk mencari suatu buku referensi.

Melalui e-library ini peserta didik juga dimudahkan dalam mencari buku yang ingin dibaca hanya dengan mengetikkan judul buku atau nama pengarang dari buku.

3. E-learning

E-learning merupakan bentuk pembelajaran secara online yang didukung oleh adanya video, audio, telepon, dan transmisi satelit atau komputer.

E-learning memberikan banyak manfaat bagi peserta didik dalam menggali informasi sebagai bahan pembelajaran. Selain itu, e-learning juga dapat digunakan untuk pembelajaran dengan jarak jauh.

4. Tele Conference

Tele conference merupakan salah satu bentuk dari e-learning yang berbentuk komunikasi dua arah dengan menggunakan video dan audio. Tele conference dapat menjadi sarana dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

Tele conference dapat digunakan jika anda melanjutkan studi di luar negeri. Terkadang pengajar tidak mewajibkan anak didiknya untuk hadir dalam kelas tetapi pembelajaran dapat diikuti secara online. Tele conference juga dapat digunakan sebagai opsi bagi pembicara dalam suatu seminar jika dalam keadaan tertentu tidak dapat hadir.

5. Laman web

Laman web merupakan situs andalan bagi setiap peserta didik dalam mencari informasi. Selain itu, laman web juga terbilang cukup mudah. Segala yang peserta didik butuhkan dapat ditemukan dalam laman web.

Berita-berita dan issue-issue terkini juga dapat diakses secara mudah dengan laman web. Laman web dapat menjadi sarana andalan bagi peserta didik untuk mencari informasi terkait dengan kebutuhan belajarnya.

6. Newsgroups

Newsgroups merupakan salah satu bentuk teknologi internet yang dapat digunakan sebagai forum diskusi online. Newsgroups dapat beranggotakan dari beberapa orang. 

Anggota kelompok diskusi dapat menyatakan pendapat atau gagasannya dan kemudian akan ditanggapi oleh anggota kelompok yang lain. Newsgroups sangat cocok digunakan sebagai sarana dalam membahas atau memperdebatkan suatu masalah tertentu.

Setiap anggota kelompok diskusi dapat menyatakan pendapatnya sehingga dapat menjadi media dalam mengembangkan pola pikir masing-masing anggota.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~