Skip to main content

Mengenal apa itu CGI, Teknologi Visual Effect Pada Film

Apa Itu CGI (Computer Generated Imagery)

Sebelum kita memulai pembahasaan dan praktek, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih CGI itu? Ehmmm...pasti pada penasarankan CGI itu apa?

Dalam dunia industri perfileman dikenal istilah CGI (Computer Generated Imagery). Computer Generated Imagery atau yang sering disebut CGI adalah penerapan bidang komputer grafis untuk pembuatan dan editing gambar (visual 3D) secara digital.

CGI diaplikasikan dalam special effect pada film, televise program, komersial, simulator dan video game. Teknik modern ini menjadikan film-film tampak lebih nyata, bernyawa dan lebih hidup tentunya.

Aplikasi ini mampu menghasilkan citra visual sintetis dan mampu mengintegrasikannya menjadi informasi spesial. Komputer grafis sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1962 oleh Ivan Sutherland.

CGI banyak digunakan di dalam efek visual karena memiliki kualitas yang biasanya lebih tinggi dan lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan teknik lain seperti miniatur.

Aplikasi ini juga dapat menghemat banyak biaya karena sanggup membuat adegan yang tidak dapat dibuat dengan teknik lain. Perkembangan CGI yang semakin banyak, murah dan canggih membuat CGI dapat dijangkau oleh perusahaan kecil, sehingga mampu membuat iklan dan film kelas dunia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar