Pengertian Startup Dan Cara Memulainya

Pengertian Startup Dan Cara Memulainya

Pengertian Startup Dan Cara Memulainya

Mungkin kalian pernah mendengar kata startup. Apa sih pengertian startup? Mengapa banyak orang sering membicarakannya?

Startup merupakan perusahaan yang baru saja didirikan atau sedang berada dalam proses pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat. Sebenarnya bisnis startup sudah cukup berkembang di Indonesia, namun sebagian pebisnis belum mengetahui secara jelas apa itu startup.

Untuk memulai startup, anda harus benar-benar mengerti dengan sistem dan cara kerjanya. Biasanya, startup berhubungan dengan perdagangan berbasis teknologi atau memanfaatkan teknologi di dalamnya. Agar startup anda sukses, pikirkanlah sebuah ide kreatif untuk bisnis anda. Tentunya, ada harus mengetahui cara memulai startup dengan benar terlebih dahulu.

Setelah Memahami Pengertian Startup, Begini Cara Memulai Startup Anda


1. Carilah Masalah Di Kehidupan Lingkungan Sekitar

Karena startup merupakan perusahaan atau badan bisnis yang menggunakan teknologi, pertama-tama anda harus menyadari dan menemukan suatu masalah sehari-hari di masyarakat yang dapat dipecahkan dengan teknologi masa kini. Dari situ, anda akan menemui konsep yang tepat untuk memulai startup anda.

Contohnya adalah aplikasi ojek online yang menjadi alternatif dari keluhan masyarakat tentang moda transportasi umum yang dirasa kurang, baik segi dari pelayanan maupun prasarana.

2. Carilah Co-Founder Dari Lingkungan Terdekat Terlebih Dahulu

Setelah mendapatkan konsep serta ide, anda memerlukan seseorang untuk dijadikan teman atau partner dalam memulai startup tersebut. Partner merupakan hal yang sangat penting, karena anda tidak akan bisa menjalankan sebuah startup sendirian. Anda dapat menemukan partner dari lingkungan terdekat, baik itu teman maupun orang yang mengerti tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan startup yang hendak anda mulai.

3. Membangun Pelan - Pelan

Banyak orang berpikir bahwa untuk membangun sebuah startup dibutuhkan dana yang tidak kecil, anggota tim, dan hal-hal lain yang merepotkan. Namun ternyata, anda dapat memulai dari hal-hal yang kecil seperti membuat aplikasi atau website sederhana dengan hanya memanfaatkan dana yang seminim mungkin. Seiring berjalannya waktu, kembangkanlah perlahan dari sederhana menjadi kompleks.

Selain itu, anda juga dapat mengikuti workshop-workshop yang membahas tentang startup di sekitar anda. Akan banyak sekali manfaat dan ilmu yang anda dapatkan nantinya.

4. Mintalah Feedback Dari Konsumen

Memulai startup tidak lepas dari feedback konsumen. Dari beragam feedback yang telah diterima, anda akan lebih memahami permintaan konsumen serta mengembangkan kualitas startup anda. Dengan peningkatan kualitas startup, maka akan semakin banyak konsumen datang kepada anda dan menjadikan dirinya sebagai pelanggan yang loyal.

5. Bangun Relasi & Berkolaborasi

Seperti yang telah dipaparkan di atas, anda tidak akan bisa memulai dan membangun startup sendirian, anda membutuhkan pihak lain untuk bekerja sama. Dengan membangun relasi, itu memudahkan startup anda bertahan dan berkelanjutan. Semakin luas relasi yang anda bangun, semakin banyak pula opsi atau pilihan dan kesempatan untuk berkolaborasi dan berkembang bersama.

Contoh Ide Startup Kreatif yang Dapat Dijadikan Inspirasi


1. JIBO
Jibo merupakan sebuah robot yang memiliki kepribadian berbeda-beda, tergantung bagaimana pemiliknya memperlakukannya. Jibo dapat berkomunikasi seperti manusia. Jibo merupakan teman ngobrol yang pas bagi anda yang membutuhkan teman unik.

2. JKMORNING
JKMorning merupakan startup asal Jepang yang menawarkan jasa bantuan bangun pagi yang dilakukan oleh seorang wanita cantik. JKMorning sangat diminati oleh kaum pria terutama, serta orang-orang yang susah bangun pagi.

3. BISTIP Atau JASTIP
Jasa titip atau bisnis titip. Startup ini merupakan jasa perantara bagi orang yang ingin membeli barang di suatu tempat tertentu. Unik, bukan?
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~