Peringkat Terbesar Marketplace Di Indonesia Paling Populer

Peringkat Terbesar Marketplace Di Indonesia Paling Populer

Peringkat Terbesar Marketplace Di Indonesia Paling Populer

Marketplace merupakan aplikasi atau situs web yang memberikan fasilitas jual beli online dari berbagai sumber. Pemilik situs web atau aplikasi tidak memiliki produk apapun dan bisnis mereka, namun hanya menyajikan produk dari orang lain kepada pengguna aplikasi tersebut kemudian memfasilitasinya.  Sekarang ini, sudah banyak marketplace di Indonesia yang dapat kita jumpai.

Contoh marketplace di Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan marketplace yang terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Beberapa tahun terakhir ini marketplace menjadi booming di Indonesia karena fiturnya yang memberikan kemudahan kepada konsumen untuk berbelanja online. Ada banyak sekali pilihan produk yang bervariasi sehingga konsumen dapat memilih barang yang sesuai dengan keinginan mereka.

Adanya marketplace sangat menguntungkan bagi pebisnis karena tidak perlu repot mendatangkan pengunjung ke situs mereka. Namun marketplace memiliki kelemahan, diantaranya adalah adanya produk atau barang yang sama ditawarkan oleh banyak penjual. Sehingga respon, kecepatan, dan pelayanan setiap penjual berbeda.

Apabila satu penjual memiliki pelayanan yang buruk, maka dapat berdampak yang buruk juga kepada reputasi keseluruhan penjual. Oleh karena itu, sebuah marketplace harus membuat strategi dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, serta menciptakan kemudahan baik bagi para penjual maupun pembeli.

Jenis-Jenis Marketplace


1. Marketplace Vertikal

Marketplace vertikal merupakan marketplace yang menjual produk sejenis dari berbagai sumber. Misalkan marketplace yang menjual produk mobil dari yang bekas hingga mobil baru.

2. Marketplace Horisontal

Marketplace horisontal merupakan marketplace yang menjual berbagai jenis produk namun semua jenis barang yang dijual tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lainnya. Misalkan sebuah marketpace yang menjual produk komputer dan aksesorisnya. Atau dengan kata lain, sebuah marketplace yang menjual produk utama disertai pelengkapnya.

3. Marketplace Global

Marketplace global merupakan marketplace yang berbagai produk bahkan antar barang yang dijual dapat tidak memiliki kaitan sama sekali. Contoh Marketplace global di Indonesia adalah Tokopedia, Olx dan Bukalapak.

Salah satu alasan mengapa banyak pebisnis mulai melakukan promosi dan menjual produknya secara online karena hal itu membuat bisnis mereka berkembang dengan cepat dan efisien. Marketplace dipilih karena memiliki traffic pengunjung yang besar dan dapat dimanfaatkan oleh para penjual.

Marketplace merupakan alternatif yang baik, karena mendatangkan pengunjung dalam jumlah banyak ke suatu website merupakan hal yang lumayan sulit dilakukan apalagi oleh pebisnis yang baru merintis usaha. Selain itu, menjual produk di marketplace tidak membutuhkan persyaratan sulit.

Marketplace adalah salah satu model bisnis di internet yang sistem dan bentuknya menyerupai pasar tradisional dalam perdagangan offline. Sehingga bisa dilihat bahwa marketplace memiliki peran sebagai pihak yang mempertemukan penjual dan pembeli di dalam web mereka. Oleh sebab itu, marketplace menjadi alternatif yang bijak bagi penjual yang ingin berjualan secara online.

Keuntungan Berjualan di Marketplace

  • Biaya operesional yang rendah
  • Mendapatkan lalulintas pengunjung dengan mudah
  • Teknis berjualan di marketplace sangat mudah.

Peringkat Marketplace di Indonesia Terbesar dan Terpopuler


1. OLX

OLX, situs e-commerce paling hot dan paling sering dibicarakan di Indonesia. Olx yang merupakan singkatan dari ‘Online Exchange’ menduduki peringkat ke-16 di Indonesia dan peringkat ke-900 dunia. Dapat dikatakan bahwa OLX adalah situs e-commerce terbesar di Indonesia. OLX telah mengalahkan ribuan situs lainnya. 

Situs OLX didirikan pada tahun 2008 dan mulanya diberi nama Tokobagus.com. Tokobagus.com dapat dikatakan sebagai pelopor jual beli online di Indonesia. Perubahan namanya menjadi OLX ternyata mengejutkan banyak pihak. Pemilik situs ini tidak memberikan keterangan apapun namun hanya mengatakan bahwa perubahan hanya terjadi pada logo, nama, dan nama domainnya saja.

Selebihnya, semua sistemnya masih tetap sama seperti sebelumnya. Setelah ditelusuri lagi lebih lanjut, ternyata Tokobagus diakuisisi oleh OLX. Situs OLX merupakan jaringan e-commerce yang sudah tersebar di berbagai negara.

Pangsa pasar OLX merupakan pangsa pasar kelas menengah yang di dalamnya Anda bisa mendapat barang dengan harga murah karena banyak barang bekas yang dijual. Namun kini situs tersebut tidak hanya menjual barang bekas tapi juga menjual barang baru. Bahkan pelayanannya sudah meluas hingga mencakup informasi tentang jasa dan lowongan kerja.

2. Berniaga

Berniaga telah menempati urutan ke-21 di Indonesia dan urutan ke-1464 di dunia. Situs berniaga merupakan situs e-commerce terbesar kedua di Indonesia setelah OLX. Berbeda dengan situs OLX, situs Berniaga konsisten pada pangsa pasarnya untuk menjual produk khusus barang-barang ‘second’ atau bekas.

Situs Berniaga cenderung memiliki sifat lebih merakyat dibandingkan dengan situs lainnya. Inilah yang menyebabkan mereka menduduki posisi teratas di Indonesia. Sesuai dengan slogannya, Berniaga memiliki tujuan untuk mempertemukan penjual dengan pembeli. Target mereka adalah memastikan bahwa transaksi yang dilakukan adalah transaksi antarindividu, dan bukan transaksi dari kalangan profesional. Jika ada memiliki banyak barang bekas tidak terpakai di rumah, Berniaga bisa menjadi solusinya.

3. Lazada

Lazada berhasil menduduki peringkat ke-26 di Indonesia dan peringkat ke-1650 di dunia. Konsep yang diangkat Lazada adalah ‘online mall’ sedangkan konsep pelayanan yang ditawarkan hampir sama dengan Lamido. Pelayanannya antara lain:
  • Pengembalian barang dalam waktu 14 hari
  • Boleh mencicil jika belanjanya mencapai jumlah tertentu
  • Tidak dikenai ongkos pengiriman
Lazada merupakan salah satu anak perusahaan dari Rocket Internet yang merupakan perusahaan penyedia e-commerce terbesar di dunia. Hampir di setiap negara, terdapat situs layanan e-commerce dari Rocket Internet.

4. Tokopedia

Meskipun konsep yang dibangun memiliki konsep yang hampir sama dengan situs e-commerce lainnya yaitu konsep ‘online mall’, namun situs ini memiliki kelebihan tersendiri. Di saat situs lain tidak akan melayani penjualan jika barang yang dibeli belum dibayar, Tokopedia justru melakukannya.

Tokopedia menjamin para konsumennya berbelanja dengan aman serta terhindar dari penipuan dengan cara pembayaran akan dilakukan setelah barang yang dibeli sampai di tangan konsumen. Bahkan, barang yang dikirim bisa ditelusuri jejaknya, sudah sampai di manakah barang tersebut, anda bisa menulusurinya.

Tokopedia didirikan tahun 2009 oleh William Tanuwijaya. Sejak tahun 2009 sampai sekarang, Tokopedia telah menunjukkan perkembangan yang pesat. Indikatornya adalah mereka mampu melayani dua juta transaksi yang terjadi setiap bulannya.  Hal ini yang menyebabkan Tokopedia menduduki peringkat ke-26 di Indonesia dan peringkat ke-1797 di dunia.

5. Bukalapak

Bukalapak sukses menduduki peringkat ke-31 di Indonesia dan menduduki peringkat ke-2021 di dunia. Para penjual akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti:
  • Pertama, penjual akan mendapat pemberitahan via SMS apabila ada pembeli, jadi tidak perlu terus-terusan online di internet.
  • Kedua, ongkos kirim sudah diperhitungkan secara otomatis tanpa perlu menghitung kembali, bisa dibilang mempermudah.
  • Ketiga, dapat mendidik para penjual untuk menjadi pengusaha yang sukses. Tidak hanya menyediakan lapak, bukalapak juga menyediakan berbagai informasi mengenai tips dan trik agar sukses berjualan secara online.
Situs ini didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky yang sekaligus berperan sebagai CEO-nya. Konsep yang ditawarkan bukan lagi konsep "online mal", melainkan konsep C2C alias "Customer to Customer". Maksud dari konsep customer to customer adalah siapapun bisa menjual dan membeli. Penjual bisa berkomunikasi secara langsung dengan pembelinya, begitu juga sebaliknya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~