Startup Terbaik Indonesia Menurut Forbes Paling Berperan Penting

Startup Terbaik Indonesia Menurut Forbes Paling Berperan Penting

Startup Terbaik Indonesia Menurut Forbes Paling Berperan Penting

Startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi, sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan, sedang berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pangsa pasar yang tepat. Artikel berikut membahas tentang startup yang disertai penjelasan lengkap dan contoh startup terbaik Indonesia.

Untuk memulai sebuah startup, diperlukan suatu tahapan pendanaan. Level pendanaan dapat dijadikan salah satu aspek untuk mengukur kesuksesan sebuah startup. Semakin tinggi tahapan pendanaan yang didapatkan perusahaan startup, artinya semakin bagus prospek yang dihasilkan oleh bisnis startup tersebut. Hal ini sangat penting karena para investor ingin mengucurkan uang ke bisnis startup tersebut.

Tahapan Pendanaan Startup


1. Bootstraping

Tidak semua startup bisa mendapatkan investor yang langsung tertarik mengucurkan dana untuk model bisnis yang ditawarkan. Sehingga, sering kali para pendiri startup harus menggunakan sumber daya yang mereka miliki pada saat ini. Tahap ini disebut juga sebagai Bootstraping.

2. Seed Funding

Seed funding adalah pendanaan tahap awal yang akan didapatkan oleh perusahaan startup. Seed funding biasanya digunakan startup sebagai pembuktian bahwa ide bisnisnya dapat berjalan sebelum mencari dan mendapatakan pendanaan tahap selanjutnya.

3. Seri-A, B, ... Funding

Setelah tahap seed funding, maka biasanya perusahaan akan masuk ke tahap seri-A, B, C dan seterusnya. Pada tahap ini, perusahaan startup sudah siap dalam menerima pendanaan dari Venture Capital. Jumlah uang yang diterima pada tahap ini biasanya jauh lebih besar dari tahap seed funding. Dalam tahap ini, perusahaan startup akan menawarkan saham sebagai hassil timbal balik dari uang yang diterima dari Venture Capital.

Venture Capital adalah perusahaan yang mengumpulkan dana dari berbagai sumber, baik dari individu maupun kelompok. Dana yang mereka kumpulkan akan disalurkan ke startup atau perusahaan rintisan yang dirasa dapat menghasilkan keuntungan bagi mereka. Sebagai timbal balik, Venture Capital akan mendapatkan imbalan berupa saham dari startup atau perusahaan rintisan tersebut.

Sebuah perusahaan startup pastinya akan merasakan jatuh dan bangun dalam membangun dan mempertahankan bisnisnya. Dalam setiap proses membangun sebuah bisnis, sebuah kesalahan merupakan bagian yang paling terpenting. Hal ini akan membuka jalan atau kesempatan bagi Anda untuk sukses dari setiap jalan keluar yang didapatkan.

Tantangan Dalam Membangun Sebuah Startup


1. Salah Menargetkan Pasar

Sebuah bisnis startup terkadang terburu – buru dalam menciptakan serta memasarkan produk mereka. Sebagian orang terlalu berambisi untuk memulai dan masuk ke dunia bisnis dengan jalan yang belum sepenuhnya mereka ketahui. Salah satu yang menjadi masalah dalam mulai menjalankan bisnis startup adalah sebagian orang terkadang salah atau bahkan keliru membuat target untuk produk yang akan mereka hasilkan. 

Para pembuat startup harusnya tahu apa yang mereka hasilkan, dan untuk siapa produk itu dijual. Itu sebabnya banyak startup yang langsung gulung tikar, saat produk mereka salah masuk pasar dan mendapatkan rugi yang banyak.

2. Memiliki Model Bisnis yang Buruk

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh sebuah startup adalah mereka terlalu optimis terhadap keyakinan yang bisa mencapai sukses dan mendapatkan pelanggan dengan mudah. Tapi dibalik itu mereka melewatkan persiapan untuk membuat sebuah model bisnis sekalipun bisnis mereka masih terbilang kecil.

Hal ini akan berakibat fatal, ketika model bisnis yang dijalankan salah atau bahkan tidak ada. Seolah – olah bisnis itu bekerja tanpa ada jalan, tujuan maupun proses belajar. Sebagian orang terkadang hanya fokus pada pencarian pelanggan yang banyak. Meskipun mereka memiliki produk barang atau jasa yang mereka pajang dalam sebuah halaman website serta membantu Anda mempromosikan bisnis tersebut.

3. Jumlah Pekerjaan Tidak Sebanding Dengan Tenaga Kerja

Saat hendak memulai untuk membangun sebuah bisnis startup jangan melupakan tentang apa target Anda, apa rencana dan pekerjaan yang akan Anda lakukan. Anda tidak akan bisa menjalankan semuanya sendiri. Dalam sebuah bisnis startup, kolaborasi adalah hal terpenting dalam membangun sebuah bisnis. Entah itu kolaborasi dengan rekan kerja, karyawan maupun investor. 

Beberapa startup mengalami kegagalan saat jumlah pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah karyawan yang dimiliki. Anda harus tahu sebanyak apa kira – kira Anda membutuhkan karyawan untuk membantu menyelesaikan semua pekerjaan yang tersedia. Karena tidak mungkin Anda menjadi CEO namun juga merangkap menjadi peran pekerja lain. Hal itu tidak akan mudah dan tidak mungkin untuk dilakukan. Karena Anda akan kehilangan fokus untuk mengembangkan bisnis startup yang anda ciptakan.

4. Tidak Cukup Dana

Yang terakhir ini menjadi banyak keluhan yang disampaikan oleh beberapa pelaku bisnis startup. Masalah dana menjadi salah satu kendala yang besar dan berpengaruh bagi berjalannya sebuah bisnis, terutama untuk bisnis startup. Karena kita tahu, bahwa bisnis startup bukan sebuah bisnis kecil yang membutuhkan modal yang kecil juga. 

Mungkin beberapa dari pemilik bisnis startup akan berkata, jika berbisnis startup hanya butuh tekat dan aksi yang nyata. Tapi sebenarnya bisnis apapun tentu membutuhkan dana yang cukup untuk membangun dan menciptakan sebuah produk. Tidak sedikit bisnis startup yang gagal atau bahkan berhenti beroperasi karena tersendat kendala keuangan.

5. Mudah Berpindah Haluan

Tidak mudah saat kita memulai untuk meyakinkan diri untuk membangun sebuah usaha dari keinginan sendiri dan ide yang berasal dari diri sendiri. Tidak jarang keyakinan untuk bisa suksespun akan goyah seiring dengan berjalannya waktu. Bukannya tidak mungkin, setiap dari kita yang memiliki ide akan memiliki ide yang berbeda atau yang tidak diinginkan muncul pada saat yang tidak kita duga.

Jika kita tidak kuat untuk memegang teguh pendirian terhadap ide dan tujuan kita, maka mudah saja kita akan berpindah haluan dan menjalankan bisnis lain, padahal bisnis yang ini saja belum tentu sudah berjalan dengan baik.

Contoh Startup Terbaik Indonesia Menurut Forbes


1. Crowde


Crowde dibuat dengan tujuan ingin menghubungkan petani dengan para investor. Dengan begitu, para petani bisa terhindar dari meminjam modal melalui bank dan lintah darat. Crowde menggunakan sistem bagi hasil yang telah disepakati diawal melalui sebuah perjanjian. Per Agustus 2017 telah ada 140 proyek yang telah didanai Crowde, 32 sudah selesai, 80 masih berjalan, dan 20 lagi sedang menunggu dana sampai terkumpul.

2. Modalku

Startup Modalku

Jika Crowde fokus pada nasib petani Indonesia, Modalku memberikan pinjaman kepada UMKM. Telah terdaftar secara resmi pada otoritas jasa keuangan (OJK), Modalku menghadirkan layanan pinjaman dengan metode peer-to-peer lending. Hingga saat ini, sudah ada dana sebesar Rp 837 miliar yang telah dipinjamkan kepada UMKM.

3. Sale Stock

Startup Sale Stock

Sale Stock didirikan sejak 2014 sebagai salah satu e-commerce fashion terbesar di Indonesia yang mampu bersaing dengan Alfacart, Zalora, dan Berrybenka. Sale Stock juga mendapatkan dukungan dalam hal pendanaan dari Ardent Capital.

4. PayAccess

Startup PayAccess

Seiring dengan maraknya penggunaan e-money, PayAccess semakin dikenal oleh masyarakat. Meski masih beroperasi di Malang, sudah ada  415.000 pengguna yang telah  terdaftar. Sama halnya dengan TCASH, PayAccess bisa digunakan untuk transaksi nontunai, seperti pembayaran melalui merchant, isi pulsa seluler, hingga transfer antar pengguna. Hebatnya lagi, PayAccess telah menerima pendanaan Seri A pada pertengahan tahun 2017. 

5. Karta

Startup Karta

Bukan sebagai transportasi online, Karta berfokus kepada perusahaan yang ingin beriklan melalui pengendara motor. Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa Karta, seperti Unilever, P&G, Astra, serta Telkomsel. Hingga saat ini, perusahaan Karta telah tersedia di 20 kota besar di Indonesia
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~