5 Antivirus Komputer Terbaik Dan Ringan Paling Direkomendasikan

5 Antivirus Komputer Terbaik Dan Ringan Paling Direkomendasikan

5 Antivirus Komputer Terbaik Dan Ringan

Terdapat beragam jenis antivirus, dari mulai yang berbayar hingga tidak. Selain soal pembayaran atau tidak, terdapat beragam jenis fitur yang membedakan satu antivirus dengan antivirus lainnya. Selain fitur dan berbayar atau tidak, terdapat macam-macam antivirus komputer dengan merek yang populer dan tidak. Selain itu, terdapat beragam antivirus untuk beragam keperluan, dari mulai untuk keperluan bisnis dan rumahan.

Tidak mengherankan jika Anda bingung memilih antivirus. Terdapat beragam pertimbangan ketika Anda memilih antivirus. Kadangkala, semakin banyak pertimbangan dapat membuat Anda kebingungan. Untuk mempermudah pencarian antivirus yang sesuai, Anda dapat melakukan pengkategorian beragam jenis antivirus tersebut. Dengan menyortir antivirus tersebut, Anda akan lebih mudah menentukan antivirus yang cocok untuk Anda.

Antivirus Komputer Gratis Dengan Beragam Fitur Bermanfaat

Beragam fitur bermanfaat merupakan alasan utama kenapa orang menggunakan sebuah antivirus. Sebenarnya, setiap antivirus gratis dibekali dengan fitur yang tidak jauh berbeda. Berbeda dengan antivirus premium, dimana fitur yang ditawarkan biasanya lebih bervariasi dan lebih eksklusif. Lantas, pertimbangan apa yang membuat orang menggunakan antivirus dengan merek/produk yang berbeda?

Berikut adalah beberapa pertimbangan orang ketika memilih antivirus gratis.

  • Ringan, tidak memberatkan komputer, dan mudah digunakan (user-friendly).
  • Memproteksi, mendeteksi, dan memberantas virus dengan cepat dan ampuh.
  • Dilengkapi fitur ekstra, diantaranya anti-malware, anti-spyware, dan fitur pengoptimalan kerja komputer.

5 Antivirus Komputer Gratis yang Sangat Direkomendasikan

Anda dapat menggunakan ke-3 pertimbangan di atas untuk memilih antivirus komputer terbaik versi Anda. Untuk menambah referensi Anda mengenai macam-macam antivirus komputer gratis terbaik, diambil dari TechRadar (www.techradar.com), berikut adalah 5 antivirus gratis terbaik yang bisa Anda coba.

1. Avast
Avast sudah dikenal sejak lama sebagai ‘jagoan’ antivirus gratis dengan jumlah database virus yang sangat banyak. Versi terbarunya dinilai mengalami beragam perkembangan. Avast cukup mudah dan ringan digunakan. Sistem proteksi dan pemberantasan virusnya pun baik. Beberapa fitur yang akan Anda dapatkan dari Avast Free Antivirus adalah malware scanner, gaming mode, dan password manager.

2. Bitdefender
Bitdefender memiliki seluruh pertimbangan untuk menjadi antivirus komputer gratis terbaik saat ini. Bitdefender ringan, mudah digunakan, dan mampu mendeteksi dan membasmi virus dengan cepat. Secara umum, mekanisme scanning virusnya pun cepat, sebanding dengan sistem pengoperasiannya yang sama cepat. Jika dibandingkan dengan antivirus komputer gratis lain, Bitdefender adalah antivirus paling cepat saat ini.

3. Kapersky
Versi gratis Kapersky tidak sepopuler versi berbayarnya yang sudah sejak lama dikenal ampuh. Namun hal tersebut tidak membuat Kapersky versi gratis kalah jauh dari versi berbayarnya. Kapersky sangat user-friendly, Anda dapat dengan mudah menjelajahi dan memahami setiap fitur yang ditawarkan. Dalam hal deteksi dan pemberantasan virus, Kapersky akurat dan sangat dapat diandalkan.

4. Avira
Antivirus komputer gratis berlogo payung satu ini tidak akan membuat komputer atau laptop Anda lelet. Avira adalah antivirus ringan dengan tingkat deteksi virus yang tinggi. Avira dibekali dengan user inteterface yang baik dan tampilannya cukup bersih. Meskipun begitu masih saja ada beberapa iklan dan pop up yang mengganggu. Beberapa fitur yang ditawarkan Avira, diantaranya phising protection dan built-in VPN.

5. Sophos
Jika dibandingkan dengan ke-4 antivirus di atas, Sophos pasti masih asing di telinga Anda. Namun, dari urusan kapabilitas, Sophos tidak boleh diremehkan. Bahkan Sophos sudah mulai membangun reputasi sebagai salah satu antivirus gratis terbaik saat ini. Sophos memiliki tampilan dan mekanisme penggunaan yang sederhana. Selain itu, Sophos juga dilengkapi dengan beragam fitur, diantaranya anti-phising dan content control.

Macam-macam antivirus komputer gratis di atas merupakan antivirus terbaik untuk saat ini (2018) dan kemungkinan tahun depan (2019). Jika Anda ingin menggunakan antivirus dengan merek yang sama, namun dengan kapabilitas yang lebih baik, Anda bisa menggunakan versi premium (pro atau bisnis). Versi premium tentu menawarkan beragam fitur yang tidak dapat diakses di versi gratis atau trial.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~