Alasan Kenapa Harus Menggunakan Green Screen Dan Blue Screen

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Green Screen Dan Blue Screen

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Green Screen Dan Blue Screen

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Green Screen Dan Blue Screen adalah karena Warna hijau saat ini lebih sering digunakan sebagai latar belakang dari pada warna lain karena sensor gambar dalam kamera video digital yang paling sensitif terhadap warna hijau, warna hijau tidak hanya memiliki nilai pencahayaan yang lebih tinggi daripada warna biru, tetapi juga dalam format digital warna hijau dua kali Colorfull dari pada warna biru, membuatnya lebih mudah untuk bekerja dengan banyak pilihan warna. Mimik muka manusia pada warna hijau meningkat kepekaannya terhadap cahaya.

Oleh karena itu saluran warna hijau paling sedikit menghasilkan noise pada proses masking atau pendobelan dua gambar menjadi satu. Selain itu, lebih sedikit lighting pencahayaan yang diperlukan untuk menerangi warna hijau, karena kepekaan yang lebih tinggi terhadap sensor gambar. Dalam dekade terakhir, penggunaan warna hijau telah menjadi dominan dalam pembuatan film di luar ruangan (outdoor) di mana langit biru yang mungkin muncul dalam frame dan secara tidak sengaja dapat terhapus dalam proses.

Penggunaan Blue Screen Pada Pembuatan Film

Penggunaan Blue Screen Pada Pembuatan Film 

Untuk warna biru mungkin cocok dengan warna mata subjek atau jika actor dan actris menggunakan pakaian hijau. Warna biru juga sering digunakan pada ramalan cuaca.

Meskipun warna hijau dan warna biru adalah yang paling umum, setiap warna dapat digunakan, warna merah misalnya tetapi lebih baik dihindari karena dengan warna merah lebih cenderung ke dalam pigmen kulit manusia normal, tetapi dapat digunakan untuk benda-benda dan adegan-adegan yang tidak melibatkan manusia.

Faktor yang paling penting adalah pemisahan warna latar depan (subjek) dan latar belakang (layar). Sebuah Blue Screen akan digunakan jika subjeknya mayoritas berwarna hijau (misalnya tanaman), meskipun kamera menjadi lebih peka terhadap cahaya warna hijau.

Dalam TV warna analog, warna diwakili oleh fase subcarrier Chroma Key terhadap Osilator Referensi. Chroma Key dicapai dengan membandingkan fase video ke tahap yang sesuai dengan latar belakang pengganti video. Dalam TV warna digital, warna diwakili oleh tiga angka (merah, hijau, biru) Chroma Key dicapai oleh numerik sederhana perbandingan antara video dan warna yang telah dipilih sebelumnya. Jika warna pada titik tertentu pada layar cocok (baik persis atau dalam kisaran), maka video pada saat itu digantikan oleh latar belakang pengganti video.


Penggunaan Green Screen Dalam Pembuatan Film

Penggunaan Green Screen Dalam Pembuatan Film

Subjek tidak boleh memakai pakaian berwarna serupa dengan warna green screen atau blue screen kecuali disengaja, karena pakaian dapat digantikan dengan latar belakang video. Contoh penggunaan yang disengaja ini adalah ketika seorang aktor memakai pakaian biru pada bagian tubuhnya agar tidak terlihat dalam video. Teknik ini dapat digunakan dalam film ”Harry Potter” untuk menciptakan efek dari Jubah Gaib.

Pada tahun 2002 film "Spider Man" dalam adegan Spider Man dan Green Goblin di udara, Spider-Man harus ditembak di depan green screen dan Green Goblin harus ditembak di depan sebuah layar blue screen, karena Spider-Man memakai kostum yang berwarna merah dan berwarna biru sedangkan Green Goblin memakai kostum yang sepenuhnya berwarna hijau. Jika keduanya direkam di depan layar yang sama, satu karakter akan terhapus dari sebagian gambar.

Tantangan terbesar saat membuat sebuah blue screen atau green screen adalah pencahayaan dan mencegah terjadinya bayangan, karena yang terbaik adalah sebisa mungkin tidak ada warna lain.

Sebuah bayangan akan menjadi warna yang lebih gelap untuk kamera. Dalam siaran yang kurang memadai hal ini bisa terjadi dan kesalahan tidak dapat diperbaiki secara manual. Materi yang digunakan akan mempengaruhi kualitas. Bahan yang tidak mengkilat akan jauh lebih berhasil daripada yang mengkilap. Sebuah permukaan mengkilap akan memiliki daerah yang mencerminkan lampu hingga mudah menimbulkan bayangan.
Advertisement

Baca juga:

This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~