Apa Itu SEO? - Pengertian SEO Dan Cara Melakukan SEO

Apa Itu SEO? - Pengertian SEO Dan Cara Melakukan SEO

Apa Itu SEO - Pengertian SEO Dan Cara Melakukan SEO

Apakah anda seseorang yang memiliki website dan membutuhkan banyak pengunjung dalam jangka panjang? Kalau iya, maka anda wajib tahu dasar SEO. SEO adalah teknik yang harus anda kuasai (dan aplikasikan) sebagai pemilik website untuk mendapatkan peringkat website yang baik di mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google akan menampilkan daftar website sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh manusia. Artinya, anda hanya akan mendapatkan pengunjung apabila kata kunci yang anda inginkan juga diinginkan oleh banyak orang.

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog yang kita miliki berada pada halaman atau posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo, serta mesin pencari yang lainnya.

Pengertian dari SEO juga bisa menjadi sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website atau blog agar menempati pada halaman atau posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Keuntungan Melakukan SEO



1. Mendatangkan Banyak Traffic
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mampu mendatangkan pengunjung (traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian yang didapatkan dari Google Planner.

2. Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau barang lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword "jual sepatu murah" kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah dipastikan 95% lazada akan mendapatkan keuntungan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun juga akan ikut lebih tinggi. Dan masih banyak lagi keuntungan melakukan SEO yang lain.

Dasar-Dasar SEO Yang Harus Anda Ketahui :


1. On Page SEO

Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar SEO. Namun sebaliknya, akan asing sekali untuk para pemula di dunia SEO. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang sudah ditarget ke dalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs yang anda buat akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink dapat dipastikan akan mudah mendapat ranking #1 Google.

Dasar yang Harus Diterapkan dalam On Page SEO


  • Tittle Tag
Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting atau artikel namun berbeda. Karena pada umumnya title tag ini dibaca oleh search engine. Jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang akan muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul dari posting atau artikel tersebut.

Title Tag dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan WordPress.

  • Meta Descriptions
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel dalam postingan anda. Agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik, anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah dijelaskan dan disebutkan di atas.

  • URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, yaitu merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, itu adalah menurut wikipedia.

Atau dengan pengertian simpelnya, URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju ke suatu halaman situs, contoh "http://www.google.com". URL ini ternyata sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.

  • Heading
Heading merupakan sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html, namun heading berbeda dengan tag < title >.

Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah heading yang terkecil.

  • Link to Authority Site
Apa yang dimaksud dengan Link to authority site? Link to authority site yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs - situs terpercaya atau yang dipercayai oleh google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lainnya lagi.

Bagaimana cara kita untuk mengetahui situs yang dipercayai google? Anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut. Jika page rank suatu situs lebih dari 7, maka bisa dibilang situs tersebut sudah dipercayai google (Authority Site).

Kemudian bagaimana cara kita untuk mengetahui PR dari suatu situs? Cara termudah yaitu dengan anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome. Sedangkan untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook.

2. Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah suatu cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink). Apa yang dimaksud dengan Backlink? Backlink adalah Link dari halaman situs anda yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai peringkat PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas, artinya Backlink yang berasal dari situs authority atau situs yang dipercayai Google serta mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.

Oleh karena itu, suatu situs akan diangkat posisinya oleh google jika situs itu mempunyai backlink dari situs authority tersebut. Dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang ditarget jika mendapatkan backlink dari situs yang memiliki PR tinggi.

Teknik Melakukan SEO

  1. Black Hat SEO: Teknik yang digunakan untuk melakukan SEO dengan cara yang licik, yaitu dengan melakukan Link Farming, Keyword Stuffing, Cloaking Page doorway page, Invisible Text, serta Iteration Title.
  2. White Hat SEO: Teknik yang digunakan untuk melakukan SEO dengan cara yang benar dan positif yang direkomendasikan oleh mesin pencari atau search engine. Contoh : Mencari backlink dari situs atau blog sejenis, Optimisasi konten, Penempatan kata kunci yang tepat, serta Pengoptimalan Meta Tag.
  3. Gray Hat SEO: Teknik yang merupakan hasil gabungan dari Black Hat SEO dan White Hat SEO. Contoh: Cloaking, Membeli link, Duplikat konten.

Anda perlu mempelajari SEO dan mengaplikasikannya ke website jika anda adalah seorang:
  1. Bloger profesional
  2. Pemilik website bisnis
  3. Affiliate & CPA marketer
  4. Pemilik toko online
  5. Pengembang software berbasis web
  6. Profesional yang memanfaatkan website untuk membangun reputasi
  7. Profesional yang memiliki portfolio online
  8. Penjual produk atau jasa lewat internet
  9. Pengusaha yang ingin melakukan pemasaran online
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~