Manfaat Special Effect CGI Pada Film

Manfaat Special Effect CGI Pada Film

Manfaat Special Effect CGI Pada Film

Manfaat special effect CGI pada film tentu sangat berperan penting dalam pembuatan sebuah film yang berkualitas dan menarik untuk disajikan kepada penonton. Menurut pendapat Ir. Suryanto Thabrani special effect dalam visualisasi lebih menekankan pada kreativitas desainer agar dapat menghasilkan efek-efek visual tertentu atau bahkan mungkin lain daripada yang lain.

Ada beberapa manfaat dari special effects CGI, diantaranya :

  1. Special effects CGI digunakan untuk memvisualisasikan adegan yang tidak dapat dicapai dengan alat yang biasa, misalnya perjalanan luar angkasa ke planet Mars. Belum pernah ada manusia yang sampai ke planet Mars. Untuk itulah special effect digunakan untuk menciptakannya.
  2. Special effects CGI juga digunakan untuk menekan biaya yang sangat tinggi bila menggunakan peralatan yang sebenarnya. Misalnya apabila kita ingin membuat ledakan yang sangat dahsyat, menghancurkan banyak sekali gedung, mobil, dan infrastruktur lain. Untuk menghemat biaya, special effects dapat menjadi andalan.
  3. Special Effects CGI juga digunakan pada saat syuting adegan yang berbahaya khususnya bagi aktor atau aktris yang memerankannya. Misalnya adegan ledakan, tentu aktor tidak ingin mati konyol pada saat membuat film.
  4. Special effects CGI juga digunakan untuk meningkatkan kualitas film yang sudah diambil, dengan cara menambahi, mengurangi atau mengubah elemen yang ada di dalam film.
  5. Menampilkan teknologi-teknologi masa depan yang sulit jika harus membuatnya. Dengan special effects jadi bisa merasakan seperti di masa depan.

Ada banyak teknik yang digunakan di dalam special effects. Special effects mulai dikenal di tahun 1920-an hingga sekarang. Penggunaan teknik special effects tidak terbatas hanya satu di dalam pembuatan film saja tetapi di berbagai bentuk seperti iklan, media cetak, dan video games. Harap maklum, kalau sebuah iklan menggunakan berbagai kombinasi teknik CGI.

Setelah kita mengenal tentang CGI, special effect dan visual effect, kita juga disugukan dengan praktek yang berhubungan dengan pencitraan efek visual salah satunya yaitu Particle Effect, Teknik Green Screen atau Blue Screen dan Special Effect Animasi. Pada BAB I ini kita terlebih dahulu mengulas tentang particle effect.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~