Skip to main content

Pengertian Film Animasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Pengertian Film Animasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Sebelum kamu membuat film animasi, kamu harus memahami terlebih dahulu pengertian film animasi dan apa saja jenis-jenis film animasi tersebut agar mempermudah kamu mendapatkan ide dalam pembuatan sebuah film animasi dengan efek-efek visual yang keren.

Efek yang dibuat dengan komputer yang masuk di dalam proses editing dikenal sebagai CGI (Computer Generated Imagery) atau visual effects, bukan special effects. Namun di dalam CGI ada pula istilah lain yang mungkin sedikit membingungkan, yaitu special effects animation. Special effects animation merupakan cabang dari animasi yang merupakan lingkup fungsi CGI. Bidang ini mengambil spesialisasi untuk membuat semua obyek yang bergerak kecuali karakter. Untuk karakter, bidang ini disebut Character Animation

Special effects animation dapat membuat obyek mulai dari mobil, gedung, hujan, angin, api, laser, air, dan fenomena alam lainnya. Jadi ketika anda menggunakan software 3D untuk membuat efek-efek tertentu, dikatakan anda sedang membuat special effects animation. Tetapi setelah efek-efek tersebut di integrasikan ke dalam film hasilnya adalah anda sedang membuat visual effects.

Setelah kita mempelajari effect-effect yang dikhususkan pada video editing human real, sekarang marilah kita mempelajari special effects animation. Special effects animation juga merupakan rumpun didalam CGI yang sering digunakan dalam perfileman untuk mewujudkan visual effect.


Visual Effect Pada Film Animasi


Adapun pengertian film animasi secara khusus dapat kita simak pada Encyclopedia Americana : "Animated a motion picture consisting of a series of individual hand draw sketches, in which the positions or gestures of the figures are varied slightly from one sketch to another. Generally, the series is film and, when projected on screen, suggest thet figure are moving".

Gambar yang diproyeksikan ke layar sebetulnya tidak bergerak yang terlihat adalah gerakan semu, terjadi pada indera kita akibat perubahan kecil dari satu gambar ke gambar lain, adanya fenomena yang terjadi dalam kurun waktu tertentu disebut Persistence of vision. Sehingga menghasilkan suatu ilusi gerak dari pandangan kita.

Berbeda dengan film human real gambar diambil dari pemotretan objek yang bergerak lalu dianalisis satu per satu menjadi beberapa gambar pada tiap bingkai pita seluloid. Adapun film animasi gerak gambar diciptakan dengan menganalisis gambar per gambar atau rangkai demi rangkai oleh animator.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar