Skip to main content

Perbedaan Special Effect, Visual Effect dan CGI

Perbedaan Special Effect, Visual Effect dan CGI

Perbedaan Special Effect, Visual Effect dan CGI tentunya akan sangat mempengaruhi hasil dari film yang akan dibuat. Karena effect yang diberikan pada sebuah film tentunya harus dipilih sesuai dengan film yang akan dibuat, karena setiap effect tentunya akan berbeda-beda hasil.

Ada beberapa istilah yang sebaiknya diketahui, karena beberapa istilah ini sering rancu, yaitu mengenai special effect dan visual effect. Bahkan Academy Award juga mengubah nama penghargaan di salah satu kategori dari Best Achievement in Special Effect, menjadi Best Achievement in Special Visual Effects, akhirnya sekarang menjadi Best Achievement in Visual Effects untuk mengakomodir perubahan zaman.

Visual effects merupakan istilah sub-kategori dari special effect, dimana gambar dan film dimanipulasi. Biasanya visual effects berurusan dengan integrasi antara adegan manusia beneran (live-action shot) dengan elemen lain seperti miniature. Dengan demikian, efek yang dibuat dengan komputer yang masuk di dalam proses editing dikenal sebagai visual effects – bukan special effects.


Visual Effect Pada Film

Special effects merupakan istilah yang digunakan untuk meningkatkan dampak suatu obyek terhadap indera manusia. Dengan demikian, diharapkan special effects bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap obyek tersebut. Dalam insustri hiburan, untuk mewujudkan special effect yang menarik sering digunakan beberapa visual effect dan bahkan dicampur special effect Animasi.

Sedangkan CGI (Computer Generated Imagery) ialah teknik aplikasi bidang komputer grafis untuk pembuatan dan editing gambar visual effect secara digital. Sejak 1990-an, citra yang dihasilkan CGI telah datang ke garis depan teknologi visual effect. CGI memberikan pengolahan kontrol film menjadi lebih luas dan memungkinkan banyak efek yang akan dicapai lebih aman dan meyakinkan bahkan dengan biaya yang rendah.

Akibatnya, banyak Optical Effects dan   telah digantikan oleh CGI. CGI ini mampu menghasilkan citra visual sintetis dan mampu mengintegrasikannya menjadi informasi spesial. CGI banyak digunakan di dalam efek visual karena memiliki kualitas yang biasanya lebih tinggi dan lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan teknik lain seperti miniatur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar