Kamis, 15 November 2018

6 Peralatan Ngeblog Yang Wajib Kamu Miliki

Jika kamu adalah seorang blogger, kamu wajib memiliki 5 peralatan ngeblog yang saya rekomendasikan pada artikel ini. Karena pada dasarnya, ngeblog merupakan kegiatan menulis pada media yang sifatnya membutuhkan perangkat-perangkat tertentu yang mendukung proses sebuah kegiatan menulis.

6 Peralatan Ngeblog Yang Wajib Kamu Miliki

Dengan adanya peralatan untuk ngeblog atau nulis artikel ini, bisa menjadikan kamu sebagai seorang blogger. Tetapi tidak semua wajib kamu punya, hanya beberapa pun tidak masalah.


6 Peralatan Ngeblog Yang Wajib Kamu Miliki


1. Laptop

Laptop adalah perangkat yang portable, bisa dibawa kemana saja. Maka tidak heran jika laptop wajib kamu miliki sebagai seorang blogger. Karena blogger adalah suatu kegiatan menulis, maka dengan adanya laptop kamu bisa menulis diluar rumah dan bisa sekalian mencari inspirasi diluar rumah untuk bahan tulisan kamu.

Tetapi, usahakan memiliki laptop dengan kapasitas batre yang tahan lama agar kamu bisa ngeblog diluar rumah dengan nyaman tanpa harus kebingungan mencari tempat charger.

2. Komputer

Tidak jauh berbeda dengan Laptop, komputer memiliki kelengkapan dan kemudahan dalam mengelola blog. Tetapi, kamu hanya bisa menggunakannya di dalam rumah saja atau di suatu tempat saja.

Meskipun begitu, dengan adanya komputer, kamu bisa melakukan kegiatan lain selain ngeblog. Seperti editing atau bermain game mungkin. Hal ini bisa saja dilakukan dengan menggunakan laptop, tetapi saya rasa akan kurang puas karena laptop memiliki layar yang kecil dan beberapa spesifikasi laptop tidak mendukung untuk bermain game.


3. Koneksi Internet

Koneksi internet akan sangat berguna untuk menghubungkan kamu dengan internet. Dalam dunia maya, termasuk ngeblog. Internet adalah sebuah nyawa, tanpa adanya internet kamu tidak bisa menyebarkan tulisan-tulisan di blog kesayangan kamu.

4. iPad Mini


Buat kamu yang suka jalan-jalan keluar rumah, iPad mini bisa membantu kamu menulis artikel sambil bersantai. Karena inspirasi datangnya tiba-tiba dan juga keinginan menulis yang kadang suka dadakan banget, iPad mini bisa menjadi solusi buat kamu nih sebagai seorang blogger.

iPad mini memiliki layar dan keyboard yang cukup besar, sehingga cukup membantu kamu menulis artikel diperjalanan. Atau jika kamu orangnya sedikit pemalas, iPad bisa juga kamu gunakan ngeblog di tempat ternyaman kamu. Misalkan kasur gitu.

5. Smartphone

Meskipun layar smartphone tidak sebesar iPad dan Laptop, tapi pada nyatanya banyak sekali blogger yang menggunakan smartphone sebagai media menulis di blog. Ngeblog menjadi lebih mudah dan bisa memanfaatkan waktu luang kamu menjadi sebuah karya tulisan untuk blog kamu.

Meskipun kekurangannya hanya pada ukuran keypad(keyboard versi smartphone) yang kecil, tetapi tidak begitu berpengaruh untuk kamu yang menyukai kegiatan ngeblog secara responsive di berbagai keadaan.

6. Kamera

Kamera jenis apapun bisa kamu gunakan untuk ngeblog asalkan memiliki kualitas hasil gambar yang cukup bagus. Kamera bisa menjadi penting, bisa juga tidak. Tergantung kamu menjadi seorang blogger seperti apa.

Biasanya, blogger dengan tema Journey atau Travel Blogger wajib memiliki kamera sebagai media untuk menangkap gambar secara langsung dan memasukan gambar tersebut ke tulisannya.

Sehingga, artikel dan gambar yang dimasukan ke dalam blog adalah sebuah bukti nyata bahwa artikel yang kamu buat adalah berdasarkan apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu lihat.

Nah, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Semoga rekomendasi peralatan ngeblog ini bisa membantu kamu yang ingin memulai terjun ke dunia blogger.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.
EmoticonEmoticon