Minggu, 09 Desember 2018

6 Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software

Untuk kamu yang sudah terbiasa dengan windows, mungkin kamu akan bingung cara screenshot di Linux Mint tanpa software. Untuk melakukan screenshot atau pengambilan gambar pada Linux, kita membutuhkan tombol "Prt Sc Sys Rq" pada keyboard. Cara ini juga biasa kita temui di Windows dengan perintah yang sedikit berbeda dengan Linux.

6 Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software

Tombol "Prt Sc Sys Rq" biasanya berada di antara tombol "F12", "Pause" atau "Delete/Insert" tergantung jenis keyboard yang kamu gunakan.

Pada Linux maupun Windows, file yang kita screenshot akan otomatis masuk kedalam folder yang bernama "Pictures". Setelah screenshot, kamu bisa mencari dan menemukan hasil pengambilan gambar kamu di folder Pictures.

6 Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software


Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software

1. Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengambil screenshot satu layar penuh dan hasilnya akan otomatis tersimpan di folder Pictures.

2. Alt + Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengambil screenshot pada window atau jendela yang aktif, dan hasilnya akan berada di folder Pictures

3. Shift + Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengambil screenshot berdasarkan area, ketika anda menekan tombol Shift + Prt Sc secara bersamaan, kemudian anda menggerakkan kursor untuk menentukan area yang akan di capture

4. Ctrl + Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengcopy clipboard satu layar penuh ke dalam clipboard. Setelah itu anda dapat mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya.

5. Ctrl + Alt + Prt Sc = Mengcopy Screenshot window atau jendela yang aktif ke Clipboard. Anda dapat mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya.

6. Ctrl + Shift + Prt Sc = Mengambil screenshot berdasarkan area ke dalam clipboard, jadi anda menekan tombol Shift + Prt Sc secara bersamaan kemudian anda menggerakkan kursor untuk menentukan area yang akan di capture. Anda dapat mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya.

Clipboard sendiri bisa dibilang suatu media penyimpanan sementara, beberapa file ketika kita operasikan dan ingin kita tampilkan terkadang harus masuk terlebih dahulu kedalam "Clipboard" dan mengeluarkannya dengan cara CTRL + V (Paste).

Dalam kasus ini ketika kita menekan tombol CTRL + C (Copy), file atau teks yang kita copy akan masuk kedalam Clipboard dan untuk mengeluarkannya kita membutuhkan CTRL + V (Paste).

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.
EmoticonEmoticon