7 Cara Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone
7 Cara Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone

7 Cara Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone

7 cara menghindari bahaya radiasi smartphone atau hp pada artikel ini akan membantu kamu dalam mengatasi ketergantungan terhadap smartphone atau handphone yang bisa menimbulkan berbagai penyakit atau gejala bahaya menggunakan hp atau smartphone yang berlebihan. Silahkan simak ulasannya pada artikel ini.

7 Cara Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone atau HP - Banyak kabar yang beredar tentang bahayanya radiasi hp atau smartphone. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO, radiasi yang dihasilkan pada ponsel merupakan tingkat rendah saja. Jadi radiasinya tidak sampai menimbulkan penyakit-penyakit yang serius atau fatal.

Namun tidak ada salahnya jika kita menghindari hal-hal yang ditimbulkan oleh radiasi smartphone sedini mungkin. Alangkah baiknya smartphone digunakan dengan bijak atau seperlunya saja.

7 Cara Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone

Ketergantungan terhadap ponsel, membuat banyak orang tidak peduli terhadap isu tentang bahaya radiasi smartphone. Meskipun kita tidak bisa lepas dan berjauhan dari yang namanya HP, kita masih bisa mengatur pemakaian ponsel kita dengan baik. Berikut adalah 7 tips cara menghindari dampak bahaya dari radiasi HP atau smartphone.

7 Cara Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone


1. Gunakan Headshet atau Earphone Saat Menelpon

Gunakan Headshet atau Earphone Saat Menelpon

Headshet membantu kalian menghindari radiasi yang langsung terpapar ketika menelpon. Sebab, saat melakukan panggilan, ponsel akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal frekuensi radio.

2. Gunakan Telinga Secara Bergantian

Gunakan Telinga Secara Bergantian

Ketika kamu harus menelpon dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa gunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian dan berulang kali. Hal ini membatasi bahaya radiasi ponsel pada satu sisi kepala saja.

3. Hindari Menelpon Di Sudut Ruangan

Hindari Menelpon Di Sudut Ruangan

Sudut ruangan biasanya menjadi tempat dimana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal lemah justru memicu radiasi yang lebih tinggi. Karena saat sinyal lemah dalam keadaan lemah, membuatnya bekerja lebih besar dan lebih besar pula radiasinya.

4. Berkomunikasi Lewat Chat atau Message

Berkomunikasi Lewat Chat atau Message

Berkomunikasi lewat chat atau message selain murah, bisa dikatakan lebih aman dibandingkan telepon, karena radiasi yang dikeluarkan lebih sedikit. Posisi ketika mengetik pesan pun juga menjauhkan kalian dari sumber radiasi dari otak.

5. Jangan Memasukan Smartphone Dalam Saku Celana

Jangan Memasukan Smartphone Dalam Saku Celana

Menaruh smartphone di saku celana mengakibatkan jarak tubuh dengan smartphone lebih dekat, sehingga dapat membawa radiasi dari smartphone akan banyak diterima tubuh. Lebih baik simpan smartphone di dalam tas.

6. Jangan Letakan Ponsel Dekat Kepala Saat Tidur

Jangan Letakan Ponsel Dekat Kepala Saat Tidur

Jika ingin tidur dalam keadaan ponsel menyala, jangan pernah letakan ponsel di dekat kepala. Karena meski tidak digunakan, ponsel akan terus mencari sinyal yang memicu radiasi. Medan Elektromagnetik dalam ponsel bisa mengurangi produksi melatonin pada tubuh, dan penyapu radikal bebas dan kerusakan DNA yang dapat meningkatkan resiko kanker dan penyakit lain.

7. Jangan Membuat Panggilan Di Lift Maupun Kendaraan

Jangan Membuat Panggilan Di Lift Maupun Kendaraan

Ponsel menggunakan lebih banyak tenaga untuk membuat sambungan di ruang logam tertutup seperti lift dan mobil. Begitupun saat kendaraan bergerak cepat, ponsel akan menangkap sinyal dari tower sari ke tower lain, sehingga memicu ponsel mengeluarkan sinyal frekuensi radio lebih banyak.

Nah, mungkin hanya itu saja 7 tips cara menghindari bahaya radiasi dari Smartphone. Selain banyak manfaatnya untuk keperluan sehari-hari kita, tetapi kita harus memahami bahayanya juga yang dihasilkan oleh hp atau smartphone.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.