Senin, 03 Desember 2018

Cara Mengganti Username Di LInux Mint Melalui Terminal

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara mengganti username dan hostname pada Linux Mint versi 19 Cinnamon dan versi lainnya. Untuk beberapa orang yang baru mengenal Linux, mungkin ada sedikit kebingungan dan kesalahan saat melakukan instalasi. Seperti membuat partisi secara asal atau memberikan nama komputer secara sembarangan.

Cara Mengganti Username Di LInux Mint Melalui Terminal

Nah, kesalahan itu yang saya rasakan ketika pertama kali menggunakan Linux. Pada windows, kita dengan mudah mengganti nama komputer dan nama sistem komputernya melalui menu settingan.

Ternyata, pada Linux sedikit berbeda. Linux memiliki perintah tersendiri untuk melakukan suatu hal. Jadi, untuk yang baru sekali menggunakan Linux. Mungkin akan membutuhkan waktu untuk memahaminya.



Cara Mengganti Username Di LInux Mint Melalui Terminal


1. Buka Terminal Linux Mint dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + T secara bersamaan atau bisa juga membuka terminal melalui Menu kiri bawah.

2. Ketika Terminal sudah terbuka, ketikan perintah berikut :

sudo gedit /etc/hostname

Cara Mengganti Username Di LInux Mint Melalui Terminal

3. Lalu lakukan restart pada Linux.

4. Setelah Linux berhasil di restart, kita akan memulai kembali memilih bahasa, memilih tempat tinggal dan mengganti username dan hostname pada Linux Mint.

5. Setelah mengganti Username dan Hostname, Linux Mint akan melakukan proses booting untuk masuk kembali ke halama desktop Linux.


Pada tahap ini kita sudah berhasil, untuk memastikan apakah sudah terganti atau belum kita bisa mengeceknya kembali melalui Terminal Linux.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.
EmoticonEmoticon