Skip to main content

10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia

Teknologi informasi sudah merasuk ke berbagai lini kehidupan, salah satunya di bidang keuangan. Tren ini dikenal dengan nama financial technology (fintech). 

Bank-bank di Indonesia pun berlomba-lomba memberikan layanan fintech terbaik. Setiap bank memiliki produk digital banking dengan keunggulannya masing-masing untuk menarik calon pengguna.

10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia

10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia


#1 Internet Banking

Internet banking merupakan layanan transaksi perbankan dengan cara mengakses website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan. Hampir semua bank telah menyediakan layanan internet banking.

Contoh Layanan Internet Banking : Mandiri Internet, Internet Banking BRI, BNI Internet Banking, KlikBCA, CIMB Clicks, BTPN Sinaya Online, Danamon Online Banking, PermataNet, Citibank Online, dan semacamnya.

#2 Mobile Banking

Mobile banking merupakan layanan transaksi perbankan melalui aplikasi telepon seluler.

Contoh Layanan Mobile Banking : Mandiri Mobile, Mobile Banking BRI, BNI Mobile Banking, M-BCA, Go Mobile (CIMB), D-Mobile (Danamon), Digibank (DBS), dan lain-lain.

#3. SMS Banking

Contoh Layanan SMS Banking : Mandiri SMS, SMS Banking BRI, BNI SMS Banking, Permata SMS Navigator, Citi Mobile SMS, dan lainnya.

#4 ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri)

ATM itu juga termasuk dalam layanan perbankan digital. ATM adalah mesin khusus yang melayani transaksi perbankan, biasanya ada di tempat-tempat umum. Keunggulan ATM dibanding layanan perbankan digital lainnya: ATM bisa untuk tarik tabungan tunai secara mudah dan cepat.

Contoh Layanan ATM : ATM BRI, BNI ATM Drive Thru, Permata Mini ATM, dll.

#5 Uang Elektronik (Berbasis Chip & Server)

Uang elektronik atau uang digital (e-money) adalah uang yang digunakan dalam transaksi elektronik. Nah, "berbasis chip" di sini maksudnya adalah transaksi elektronik menggunakan kartu khusus yang telah ditanamkan chip.

Sebelum melakukan transaksi, pemakai kartu ini harus menyimpan uang digital dulu ke dalam chip kartu tersebut. Contoh cara pembayaran dengan menggunakan kartu ini: nasabah cukup tap kartunya ke mesin transaksi khusus, otomatis saldo uang digital dalam kartu itu akan berkurang.

Contoh Layanan Uang Elektronik : Mandiri e-Money, BRIZZI, Tap Cash (BNI), Flazz (BCA)

Sementara itu, "berbasis server" artinya uang elektroniknya disimpan ke server. Nasabah bisa mengakses uang digitalnya menggunakan aplikasi telepon selular khusus, jadi transaksinya harus online.

Contoh Layanan Uang Elektronik Berbasis Server : UnikQu (BNI), Sakuku (BCA)


#6 Phone Banking

Layanan transaksi perbankan melalui telepon. Nasabah tinggal menghubungi nomor telepon tertentu dari bank untuk melakukan transaksi.

Contoh Layanan Phone Banking : Mandiri Call, BNI Phone Banking, BCA by Phone, PermataTel, Halo Bukopin


#7 Rekening Ponsel

Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan nomor teleponnya. Nomor telepon ini yang akan berfungsi sebagai rekening bank. Pada beberapa bank tertentu, nasabah bahkan tidak perlu melakukan pembukaan rekening di kantor cabang bank, cukup dengan menggunakan teknologi USSD.

Contoh Layanan Rekening Ponsel : Mandiri e-Cash, T-Bank (BRI), DUITT (BCA), dan lainnya.


#8 Payment Gateway

Adalah layanan dalam dunia e-commerce atau belanja online. Nasabah menggunakan layanan ini untuk bertransaksi jual-beli secara online yang dilengkapi dengan otorisasi khusus agar antara penjual dan pembeli bisa saling percaya.

Contoh Layanan Payment Gateway : E-Pay BRI, BCA Klikpay


#9 Branchless Banking atau Laku Pandai

LAyanan KeUangan tanPA kaNtor Dalam rangkA keuangan Inklusif (Laku Pandai) adalah program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Jadi, masyarakat di pedesaan bisa bertransaksi melalui si agen bank ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke kantor cabang bank.

Contoh Branchless Banking : Mandiri Branchless Banking, BRILink, Agen46 (BNI), LAKU (BCA), dan lainnya.
 

#10 EDC

Mesin Electronic Data Caputre (EDC) itu alat yang biasanya dipakai untuk bayar di kasir.

Contoh Layanan EDC : Mandiri EDC, Smart EDC (BRI), EDC Bizz (BCA), dan lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar