Skip to main content

Cara Membuat Deret Fibonacci Di Python

Deret Fibonacci adalah sebuah deret yang di dapat dari hasil penjumlahan deret sebelumnya. Deret Fibonacci juga merupakan salah satu deret legendaris di dalam bahasa pemrograman, salah satunya pada bahasa pemrograman Python.

Deretan bilangan yang terkenal dengan deret Fibonacci pertama kali dijelaskan oleh matematikawan India, Gopala dan Hemachandra pada tahun 1150, ketika menyelidiki berbagai kemungkinan untuk memasukkan barang-barang ke dalam kantong. Deret ini kemudian ditulis ke dalam sebuah buku oleh seorang ilmuwan dari Italia yang bernama Leonardo Fibonacci (1170-1250) pada tahun 1202 dengan judul Liber Abaci.

 Cara Membuat Deret Fibonacci Di Python

Kodingan:
a, b , c= 0,1,0
for i in range(10):
print(a)
c=a+b
a=b
b=c


 Cara Membuat Deret Fibonacci Di Python

Nah itu adalah contoh Deret Fibonacci menggunakan bahasa pemrograman Python. Contoh diatas menggunakan deret yang memanjang kebawah, kita bisa membuat deret memanjang kesamping seperti berikut :

0,1,1,2,3,4 dst...

Nah untuk membuatnya seperti apa? berikut adalah caranya.

Kodingan Deret Fibonacci Menyamping :

Kodingan:
a, b , c= 0,1,0
for i in range(10):
print(a)
c=a+b
a=b
b=c

 

Hasilnya :

Kodingan Deret Fibonacci Menyamping

Nah itu dia cara membuat Deret Fibonacci di Python, jika kodingan diatas masih belum cukup. Kamu bisa menggunakan kodingan berikut untuk menginputkan batas deret yang muncul, caranya mudah tinggal ketik aja kode di bawah ini.

Kodingan:
a, b , c= 0,1,0
batas = int(input('Masukkan Batas : '))
for i in range(batas):
    print(a,' ', end='')
    c=a+b
    a=b
    b=c
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar