Skip to main content

Kelebihan Teknologi Biometrik Pada Mesin Fingerprint

Kelebihan Teknologi Biometrik Pada Mesin Finger Print

Kelebihan teknologi Biometrik bisa digunakan untuk keamanan serta kestabilitasan sebuah perusahaan, penggunaan teknologi yang canggih sebagai sarana pengamanan serta pendisiplinan karyawan seperti mesin finger print sangatlah penting. Apabila sebuah perusahaan ingin karyawannya menjadi produktif, maka penggunaan alat tersebut bisa memberikan banyak manfaat.

 8 Manfaat Mesin Finger Print Dengan Teknologi Biometrik


Banyak sekali keunggulan dan juga manfaat dari penggunaan teknologi biometrik pada mesin finger print yang tidak dimiliki oleh mesin absensi lainnya adalah:

1. Memiliki paket lengkap

Sistem absensi biometrik memang tidak murah namun memiliki solusi yang lengkap sehingga memudahkan seseorang untuk menggunakannya seperti sensor dari hardware, sistem software yang sudah didesain dengan baik serta langkah penginstalannya sudah berada dalm satu paket sehingga tidak perlu membeli secara terpisah seperti mesin lainnya.

2. Sistem biometrik sangat mudah digunakan

Sistem biometrik dilengkapi dengan berbagai sensor yang disesuaikan dengan kebutuhan dan sistem ini juga sangat mudah untuk digunakan karena sensor mampu membaca dan mendeteksi sidik jari dalam posisi dan juga sudut apa saja bahkan jika jari diposisikan terbalik dengan scanner. Hal itu disebabkan oleh software yang terdapat dalam sistem sensor mampu mengenali dan juga memverifikasi dengan mudah pola jari walaupun dalam posisi yang terbalik.

3. Pengamanan sistem yang sangat aman

Sistem pengamanan yang dimaksud adalah mesin mampu menghilangkan bekas sidik jari verifikasi yang sebelumnya. Terkadang, terdapat sisa dari bayangan sidik jari user dan sebelumnya sehingga beberapa mesin biasa tidak bisa memverifikasi sidik jari orang yang selanjutnya. Namun sistem biometrik ini bisa menghapus sisa bayangan sebelumnya sehingga pembacaan sidik jari berikutnya akan lebih akurat.

4. Link data sistem biometrik lebih aman

Sebuah link data yang dikirim dari sensor kepada server biometrik lebih aman sehingga keakuratan data akan terjaga. Link data dikirim dengan sebuah sistem yang terotorisasi sehingga data yang lainnya tidak bisa dikirim ulang sehingga tidak ada penumpukan.

5. Pola sidik jari disimpan dengan aman

Template dari sidik jari dan juga data-data pengguna akan tersimpan dengan aman karena dilindungi secara internal dengan menggunakan sebuah teknik yang bernama 128-bit enkripsi sehingga tidak ada kebocoran data dan tidak bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak lain.

6. Identitas tidak bisa digandakan

Oleh karena mesin sidik jari sudah memiliki data yang lengkap tentang sidik jari pengguna yang disimpan di dalam database, maka sidik jari yang sama tidak akan disimpan oleh mesin, melainkan hanya dikalkulasikan secara matematis saja dengan mencocokkan sidik jari yang baru dengan yang sudah ada. Oleh karena itu, identitas dari sidik jari tidak bisa digandakan karena mesin sudah memiliki masternya.

7. Lebih akurat dan tidak bisa dipalsukan

Penggunaan sistem biometrik pada mesin sidik jari akan membuat sidik jari terdeteksi dengan akurat menggunakan berbagai macam sensor sehingga proses identifikasi tidak bisa diwakilkan. Dengan demikian, tingkat kecurangan pada sebuah perusahaan bisa diminimalisir karena data tidak bisa dipalsukan oleh sidik jari yang lain.

8. Sistem biometrik memiliki manfaat yang lain

Penggunaan sistem biometriki tersebut bisa mengenalkan dan juga menunjukkan keamanan dari sebuah database yang paswordnya bisa diganti dan juga dikembangkan menjadi berbagai macam pemanfaatan seperti contohnya sebagai sebuah kontrol untuk akses sebuah pintu ruangan tertentu.

Dengan penggunaan mesin finger print, diharapkan produktivitas serta kedisiplinan para pekerja bisa meningkat sehingga bisa menjadi faktor pendorong kesuksesan sebuah perusahaan untuk bisa menghasilkan barang dan jasa yang berguna untuk kepentingan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar