7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

|

Sering kali kita lupa waktu ketika menggunakan komputer atau laptop untuk melakukan aktifitas sehari-hari, entah itu bermain game atau mengerjakan tugas sehingga kita kurang memperhatikan kesehatan mata saat di depan layar komputer.

Komputer dan laptop adalah perangkat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi akan sangat membahayakan jika tidak membatasi pemakaiannya.

Organ penting yang paling berdampak adalah mata, terlalu lama menatap layar komputer akan membuat kesehatan mata berkurang seperti halnya mata tidak bisa melihat dengan jelas atau mata minus.

Untuk menghindari gejala yang dapat merusak mata, kamu bisa mengikuti 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer berikut ini.

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

1. Jangan Menggunakan Komputer Saat Tidak Ada Cahaya

Jika kita mengerjakan suatu tugas yang sangat panjang dan dikerjakan saat malam hari. Sebaiknya kamu menghidupkan lampu kamu. Karena jika cahaya langsung menghadap kemata, maka mata kamu akan cepat lelah. Nyalakanlah lampu kamar atau rumah kamu biar cahaya memantul.

2. Atur Kecerahan Layar Monitor

Layar adalah pelaku sebenarnya dari dampak kesehatan mata. Jadi sebaiknya kamu mengatur kecerahan monitor dan jika malam sebaiknya kecerahan monitor kamu dikurangi.

3. Perhatikan Posisi Duduk

Posisi Duduk Menggunakan Komputer

Sebaiknya kamu melakukan duduk dengan posisi tegap menghadap monitor, dan jika tidak enak dengan posisi itu lakukanlah senyaman mungkin asal jangan membungkuk.

4. Istirahat Secara Berkala

Istirahat Secara Berkala Saat Menggunakan Komputer

Terus-menerus menatap layar komputer, dapat mengakibatkan Computer Vision Syndrome yakni sekumpulan gejala-gejala gangguan kesehatan pada penglihatan yang diakibatkan oleh penggunaan komputer (termasuk tablet dan smartphone) yang relatif lama yaitu lebih dari dua jam dan secara terus-menerus.

Untuk menghindari tersebut, kamu harus mengambil istirahat secara rutin dengan sistem 20-20-20. Setiap 20 menit, palingkan mata kamu dari komputer, cari benda di sekitar kamu yang jauhnya sekitar 20 kaki (6 meter) dan tataplah selama 20 detik. Jangan lupa juga, istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri dan melakukan peregangan sesaat agar tubuh kembali segar.

5. Minum Air Putih

Minum Air Putih Yang Banyak Saat Bermain Komputer

Minumlah air putih ketika bekerja di depan komputer dan sesuai anjuran 8 liter sehari untuk menghindari dehidrasi.

6. Install Software Mode Malam

Jika kamu menggunakan komputer atau laptop di malam hari, kamu bisa menginstall software tambahan untuk menyesuaikan konfigurasi kecerahan layar agar mata kamu tidak lelah. Misalnya F.lux, yang membuat warna layar komputer beradaptasi dengan waktu, hangat di malam hari dan seperti sinar matahari di siang hari.

7. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Tips kerja di depan komputer berikutnya adalah gunakanlah kacamata khusus untuk mengurangi efek jahat dari lampu biru pada layar. Harganya tidak terlalu mahal kok dan kamu bisa memesan di toko kacamata terdekat atau beli secara online.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.