Fungsi-Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya

|

Fungsi-Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya

Fungsi Manajemen merupakan tugas yang dilaksanakan secara sistematis dan terorganisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang dilakukan oleh manajer pada kegiatan manajemen. Berikut ini adalah fungsi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli.

Fungsi-Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya


1. Planning (Perancangan)
Planning adalah proses menentukan apa yang ingin dicapai dan cara mencapainya yang didasarkan pada metode atau logika tertentu dan rasional.

2. Organizing (Pengorganisasian)
Organizing adalah proses mengatur dan mengalokasikan tugas, pekerjaan, wewenang dan peran-peran, termasuk koordinasi hubungan antarbagian, baik secara vertical maupun horizontal dalam suatu struktur yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

3. Actuating (Pelaksanaan)
Actuating adalah usaha menggerakan anggota kelompok, sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.

4. Resourcing (Pengaturan Sumber Daya)

Resourcing adalah pengaturan sumber daya dalam memfasilitasi sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan pencapaian tujuan organisasi.

5. Communicating (Komunikasi)
Communicating adalah kegiatan mengkomunikasikan semua informasi yang berkaitan dengan tugas, fungsi, dan tanggung jawab kepada semua sumber daya yang ada. Dengan demikian, mereka mengetahui dan memahami tugas serta fasilitas yang dibutuhkan dan memiliki untuk mengerjakannya.

6. Leading (Kepemimpinan)
Leading adalah kegiatan mempengaruhi atau menggerakan perilaku manusia anggota organisasi, baik secara individu maupun kelompok, serta mengarahkan mereka dalam pelaksanaan tugas-tugas. Dengan demikian, tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.

7. Motivating (Pemberian Motivasi)
Motivating adalah kegiatan memberikan motivasi, inspirasi, semangat, dan dorongan kepada pegawai melalui pemahaman motivasi yang ada di dalam dan di luar diri pegawai. Hal ini bertujuan untuk membantu pegawai mencapai produktivitas kerja yang optimal.

8. Controlling (Pengawasan)
Controlling adalah proses pengukuran pelaksanaan kerja atau kinerja actual dengan membandingkan hasil dan standar organisasi, serta tujuan. Selain itu, pada tahap ini, diambil tindakan korektif jika dibutuhkan/terjadi masalah.

9. Coordinating (Kordinasi)
Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan dan kekosongan kegiatan dengan menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan bawahan. Dengan demikian, terjalin kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

10. Staffing (Melengkapi Tenaga Kerja)
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak tahap merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap pegawai berdaya guna maksimal bagi perusahaan.

11. Commanding/Directing (Memerintah)
Commanding atau Directing adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, atau intruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing. Hal ini bertujuan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

12. Budgeting (Menyusun Anggaran)
Budgeting adalah fungsi manajemen berupa pengikhtisiaran system anggaran keuangan, baik itu system keuangan untuk jangka pendek, menengah, maupun Panjang.

13. Reporting (Pelaporan)
Reporting adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan dan pemberian keterangan mengenai segala hal dan kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi. Pelaporan dilakukan secara lisan atau tertulis sehingga penerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas pegawai yang memberi laporan.

14. Forecasting (Peramalan)
Forecasting merupakan kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.

Guna melaksanakan manajemen secara efektif dan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, diperlukan alat-alat(tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengN 6M yang terdiri atas hal-hal berikut ini.

1. Man (Manusia)
2. Materials (Bahan-bahan)
3. Machines (Mesin-mesin)
4. Methods (Metode-metode)
5. Money (Uang)
6. Markets (Pasar)

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.