Pengertian Pasar Monopoli Beserta Contoh Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Pasar Monopoli Beserta Ciri-Cirinya

Pasar monopoli merupakan pasar persaingan tidak sempurna. Hal tersebut dikarenakan dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan harga. Untuk lebih jelas mengenai pasar monopoli, simaklah penjelasan berikut.

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli ini berasal dari Bahasa Yunani yaitu monos: satu dan polist: penjual. Dalam buku Mikro Ekonomi Teori Pengantar (Sukirno, 2012: 266), Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.

Berikut ini merupakan contoh dari bentuk pasar monopoli yaitu:
  1. PT Pertamina (Persero)
  2. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
  3. PT Kereta Api (Persero).

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Dalam buku Mikro Ekonomi Teori Pengantar (Sukirno, 2012: 267), Pasar Monopoli memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Hanya Terdapat Satu Perusahaan Saja
Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu perusahaan saja. Maka dari itu, barang maupun jasa yang diperlukan hanya dapat dibeli pada satu produsen saja.

2. Barang Yang Diperjualbelikan Tidak Mempunyai Barang Pengganti
Barang yang dihasilkan oleh perusahaan tidak dapat digantikan oleh barang lainnya. Hal ini disebabkan karena barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang kegunaannya tidak dapat digantikan oleh barang lain, contohnya listrik.

3. Perusahaan Lain Sulit Untuk Masuk Ke Dalam Industri
Sifat inilah yang menimbulkan monopoli. Tanpa adanya sifat ini, monopoli tidak akan terwujud. Tidak adanya kemungkinan perusahaan lain untuk masuk disebabkan karena terdapatnya hambatan. Hambatan tersebut dapat bersifat legal dan bersifat teknologi.

4. Perusahaan Dapat Mempengaruhi Penetapan Harga
Karena hanya terdapat satu perusahaan saja, maka harga dapat ditentukan oleh satu perusahaan saja. Perusahaan dapat menentukan harga dengan mengendalikan jumlah produksi dan jumlah barang yang ditawarkan. Maka dari itu, perusahaan monopoli disebut sebagai price setter.

5. Tidak Memerlukan Promosi Iklan
Perusahaan monopoli tidak perlu mempromosikan hasil produk dengan iklan. Hal ini dikarenakan pembeli yang memerlukan barang tersebut pasti akan membeli barang tersebut pada perusahaan monopoli

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pasar Monopoli Beserta Contoh Dan Ciri-Cirinya"

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel