Skip to main content

5 Perangkat Periferal Paling Penting Di Komputer

5 Perangkat Periferal Paling Penting Di Komputer - Dalam dunia komputer, kita akan mengenal banyak sekali perangkat-perangkat komputer. Salah satunya adalah perangkat periferal.

5 Perangkat Periferal Paling Penting Di Komputer

Pengertian Perangkat Periferal

Perangkat periferal adalah perangkat tambahan pada komputer yang saling terhubung untuk melakukan sebuah fungsi tambahan agar komputer bisa bekerja lebih baik.



Perangkat periferal biasanya hanya digunakan sebagai perangkat tambahan saja dan lokasinya berada di luar komputer (bukan inti dari komputer). Dengan kata lain, kita harus menambahkan perangkat periferal lagi agar komputer bekerja dengan semestinya.

Perangkat periferal sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu:

1. Perangkat Input

Perangkat input adalah sebuah perangkat komputer yang dihubungkan ke dalam komputer dengan tujuan untuk memasukan data atau memberi perintah pada komputer yang nantinya di keluarkan oleh perangkat output.

2. Perangkat Output

Perangkat output adalah sebuah perangkat komputer yang  dihubungkan ke dalam komputer dengan tujuan untuk mengeluarkan hasil yang telah dikelola oleh perangkat input.

Nah, tapi tau gak nih? dari sekian perangkat periferal yang ada, ada 5 macam perangkat periferal yang paling penting di komputer. apa aja tuh? nah langsung aja simak ulasannya dibawah ini ya.

 

5 Perangkat Periferal Paling Penting Di Komputer


1. Mouse

Mouse adalah perangkat input yang paling penting dalam komputer, karena memiliki fungsi untuk menggerakan kursor pada layar monitor serta memberikan perintah pada komputer untuk melakukan sesuatu. Tanpa mouse, percuma saja jika memiliki komputer sebagus dan semahal apapun.

2. Keyboard

Keyboard adalah perangkat input yang paling penting juga nih setelah mouse, karena memiliki fungsi untuk memberikan perintah ke dalam komputer untuk menampilkan huruf, angka atau simbol dan nantinya akan ditampilkan di layar monitor. Tanpa keyboard, komputer kalian tidak akan bisa digunakan sama halnya bila tanpa mouse.

3. Monitor

Monitor adalah perangkat output yang akan menampilkan perintah atau hasil yang telah diproses oleh perangkat input. Nah fungsi mouse dan keyboard ini nantinya akan ditampilkan pada monitor. Tanpa monitor, tidak akan ada yang bisa ditampilkan atau bahkan bukanlah sebuah komputer jika tanpa monitor.

4. Speaker

Speaker adalah perangkat output yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer. Suara musik, suara lagu, suara radio atau suara game pun dikeluarkan oleh speaker. Bete banget deh pokonya kalo gak ada speaker.

5. Printer

Printer adalah perangkat output keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar atau foto dan mencetak tulisan pada media kertas kosong (Kertas HVS). Kalo kamu anak sekolah, mahasiswa atau pekerja kantor, penting banget nih punya printer.

Nah, itu adalah 5 perangkat periferal paling penting yang harus ada dalam komputer. Jika ingin mengetahui perangkat periferal secara lengkap kamu bisa menuju artikel macam-macam perangkat periferal komputer. Semoga bermanfaat ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar