Cara Membuat Blockquote Di HTML

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blockquote di HTML. Untuk membuatnya, ada 2 tag pada HTML yang bisa kamu gunakan, yaituu tag <blockquote> dan tag <q>.

Cara Membuat Blockquote Di HTML

Kedua tag tersebut bisa digunakan untuk membuat blockquote di HTML dan memiliki fungsi yang sama, hanya saja tampilan dan hasilnya akan terlihat sedikit berbeda.

Blockquote sendiri berfungsi untuk membuat sebuah kutipan yang digunakan untuk menekankan atau menegaskan suatu kalimat yang dianggap penting dengan menampilkannya secara mencolok atau berbeda dengan kalimat lainnya.

Bentuk kutipannya sendiri bisa berupa kalimat panjang ataupun kalimat pendek. Tag <blockquote> sangat cocok digunakan untuk membuat kutipan dengan penegasan penting yang panjang. Sedangkan tag <q> digunakan untuk membuat kutipan pendek, sangat cocok digunakan untuk membuat kutipan dengan penegasan penting yang lebih ringkas.

Cara Membuat Blockquote Di HTML

1. Membuat Kutipan Dengan <blockquote>

Tag <blockquote> merupakan tipe block element yang akan memisahkan diri dari teks dan membuat baris baru. Berikut adalah cara penulisan kodenya dalam HTML.

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>Membuat Blockquote</title>

</head>

<body>

<h2>Membuat Blockquote - www.wendyandriyan.info</h2>

<p>Ini adalah teks pengantar bagaimana cara membuat kutipan dengan blockquote yang benar</p>

<p>Nah, berikut adalah kutipannya yang dibuat oleh blockquote: </p>

<blockquote>Dalam hidup, satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah adalah dengan cara berdiri di hadapan masalah itu sendiri. - Wendy Andriyan</blockquote>

</body>

</html>

Hasilnya adalah:

Hasil Kutipan Dari Blockquote

2. Cara Membuat Kutipan Dengan <q>

Tag <q> merupakan tipe inline element yang akan menyatu dengan teks tanpa membuat baris baru. Berikut adalah cara penulisannya dalam HTML.

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>Membuat Blockquote</title>

</head>

<body>

<h2>Membuat Blockquote Dengan Tag q - www.wendyandriyan.info</h2>

<q>aku bukanlah teks yang menggunakan tag q, tapi <q>aku adalah teks yang menggunakan tag q</q>

</body>

</html>

Hasilnya adalah:

Hasil Membuat Kutipan Dengan Tag q

tag <q> akan secara otomatis memberikan tanda kutip sebagai penegasan pada suatu kalimat.

Kesimpulan:

Kutipan dalam website bisa digunakan untuk menegaskan sebuah pernyataan maupun kutipan dari referensi yang kita cari sebagai sumbernya.

Selain itu, dengan adanya kutipan membuat website kita lebih terstruktur dengan sumber informasi dari orang lain yang kita letakan ke dalam halaman website, sehingga informasi yang ada dapat dipertanggung jawabkan.

Wendy Andriyan

Hanya seorang anak yang senang berbagi melalui tulisan.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama