Skip to main content

Perbedaan Sign in dan Login Dalam Dunia Internet

Perbedaan Sign in dan Login Dalam Dunia Internet

Perbedaan Sign in dan Login Dalam Dunia Internet - Mungkin kamu tidak asing lagi ketika melihat kata Sign in atau Log in pada web, aplikasi, ataupun game.

Karena kata Sign in dan Log in memiliki arti dan fungsi yang sama dan merujuk pada kata "Masuk", yaitu proses masuk ke suatu sistem yang biasanya membutuhkan username, email ataupun password.

Sistem yang dimaksud adalah seperti proses masuk ke dalam akun facebook, akun twitter, akun email, game online atau aplikasi web.

Ketika username dan password telah dimasukan, maka kita bisa masuk ke suatu sistem sesuai dengan data yang telah ada pada sistem tersebut.

Jika Sign in dan Log in memiliki arti yang sama, lalu pada bedanya?

Perbedaan Sign in dan Log in Dalam Internet


1. Sign in


Sign in adalah proses masuk pertama kali ke suatu sistem dengan mengetikan username dan password setelah melakukan Sign up (daftar).

Setelah berhasil untuk pertama kalinya masuk ke suatu sistem, ketika keluar sistem dan masuk kembali ke sistem tersebut itu disebut dengan Log in.

Meskipun pada saat proses masuknya, menggunakan kalimat "Sign in".


Perbedaan Sign in dan Log in

2. Log in


Log in adalah proses masuk ke suatu sistem secara berulang tanpa harus melakukan Sign up terlebih dahulu untuk masuk ke suatu sistem.

Yang artinya, data telah tersimpan di server sistem. Jadi untuk masuk dan keluar sistem secara terus menerus, tinggal login saja dengan memasukan username dan password.

Atau jika kamu menerapkan sistem autosave, maka pada saat masuk ke dalam sistem tersebut tidak perlu lagi yang namanya mengetikan data username dan password.

Dalam hal ini artinya data kamu telah terverifikasi oleh sistem tersebut, jadi kamu bisa masuk dan keluar sistem sesuka kamu.

Salah satu contohnya bisa diambil pada saat kamu keluar masuk akun facebook.

Perbedaan Sign in dan Log in


Perbedaan Sign in dan Log in Berdasarkan Penggunaannya

Kata Sign in dan Sign up terlihat sangat mirip jika user tidak menyadarinya dan dapat menyebabkan kesalahan untuk user ketika ingin masuk ke sistem.

Maka dari itu berdasarkan penggunannya, sebagai pembeda maka sering kali kata Log in yang banyak digunakan dari pada Sign in.

Pada web-web yang sering ditemui di internet, sering kali kata Log in tidak dipisah melainkan digabung menjadi "Login".

Kesimpulan
Sign in dan Log in, mau digunakan seperti apapun dan digunakan dimanapun akan tetap memiliki arti sebagai "Proses Masuk" pada suatu sistem.

Nah, itu dia penjelasannya mengenai Perbedaan Sign in dan Log in, semoga artikel ini dapat menjadi jawaban dari pertanyaan kamu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->