11/12/2020

Cara Download XAMPP Untuk Windows dan Linux

Jika di internet kita sering mendengar istilah hosting yang fungsinya untuk membuat website menjadi online, maka XAMPP adalah versi offline dari sebuah hosting.

Cara Download XAMPP Untuk Windows dan Linux

XAMPP lebih dikenal dengan localhost atau server lokal, dimana semua manajemen aktifitas website dan database yang dilakukan berada dikomputer kamu yang dijadikan sebuah server.

Kamu dapat membangun sebuah website atau program berbasis web dengan menggunakan XAMPP tanpa khawatir akan terindeks atau dilihat oleh semua orang di internet, karena XAMPP dibuat hanya untuk penggunaan dalam sekala kecil saja.

Tujuan dari XAMPP ini adalah sebagai simulasi untuk membuat sebuah website sebelum kamu mengelola website sungguhan yang dapat diakses oleh siapapun di internet.

Setelah kamu mendapatkan gambaran mengenai website yang akan kamu bangun melalui XAMPP dan berencana ingin membuat website yang sungguhan, kamu bisa mencoba menyewa sebuah hosting sebagai pondasi website kamu.

Sederhanaya, kamu bisa memindahkan website offline kamu dari XAMPP ke Hosting untuk membuat website kamu menjadi online.

Penggunaan XAMPP sangat efektif untuk menghemat uang kamu, coba bayangkan ketika kamu ingin membuat sebuah web dan menyewa sebuah hosting, akan tetapi kamu bingung akan membuat web seperti apa, kamu bingung tujuan kamu menyewa hosting itu untuk apa dan akhirnya kamu tidak menggunakannya.

Sayang sekali bukan?

Itulah pentingnya menggunakan XAMPP sebagai bahan percobaan untuk membuat segala jenis website atau program berbasis web yang telah kamu rencanakan.

Tidak hanya itu, XAMPP juga membantu kamu menghindari resiko terjadinya error pada website online kamu dengan cara mengutak-atik website dalam versi offline terlebih dahulu.

Jika hasilnya sesuai yang kamu harapkan, kamu bisa menerapkannya pada website online kamu.

Untuk menggunakan XAMPP, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Berikut adalah caranya.

Cara Download XAMPP Untuk Windows dan Linux

Pada artikel ini saya hanya menjelaskan cara download XAMPP saja agar artikel tidak terlalu panjang agar dapat dipahami dengan mudah.

1. Langkah pertama, silahkan pergi ke website resminya dengan cara mengetik XAMPP di Google selanjutnya klik halaman Download.

Kunjungi Website XAMPP

2. Ketika kamu sampai pada halaman untuk mengunduh xampp, sistem komputer kamu akan otomatis terdeteksi apakah menggunakan 32 bit dan 64 bit.

Kamu hanya perlu memilih versi XAMPP mana yang ingin kamu gunakan, setelah itu klik tombol Download.

Proses Download XAMPP Untuk Windows dan Linux

Untuk versinya, Saya sendiri tidak terlalu memikirkannya dan selalu menggunakan versi terbaru yang ada pada website resminya. Yang terpenting program yang saya jalankan diatas server XAMPP tidak mengalami masalah atau error.

Tetapi pada beberapa kasus, ada beberapa program yang tidak bisa dijalankan atau bahkan error karena versi XAMPP yang digunakan tidak sesuai dengan versi bahasa progam yang digunakan.

Maka dari itu, websitenya telah memberi keterangan versi bahasa program berapa saja yang dapat dijalankan oleh XAMPP.

bm

Writter

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

avatar
Admin Blog Wendy Online
Welcome to Blog Wendy theme