11/11/2020

Cara Membuat Disclaimer Blog Yang Benar

Buat kamu yang belum tau, membuat halaman disclaimer merupakan salah cara untuk menyampaikan suatu pernyataan dari penulis kepada para pengunjungnya di dalam blog.

Cara Membuat Disclaimer Blog Yang Benar

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Disclaimer memiliki arti yaitu penolakan. Dimana pengertian disclaimer yang sebenarnya adalah penulis memberikan pernyataan, bahwa semua konten yang ada pada blog hanya sekedar informasi dan penulis tidak akan bertanggung jawab atas keakuratan informasi tersebut.

Hal ini dikarenakan, setiap artikel yang dibuat oleh penulis terkadang di dapatkan dari berbagai sumber, seperti opini, eksperimen dan referensi dari beberapa web, sehingga kebenarannya harus dibuktikan terlebih dahulu oleh si pembaca sebelum menerapkannya.

Jadi, tugas penulis hanya membagikan informasi berupa artikel, apapun yang terjadi pada si pembaca nantinya, hal itu sudah menjadi bagian dari resiko.

Sejujurnya, penting gak penting sih. Soalnya, tanpa dibuat halaman disclaimer sekalipun seharusnya pengguna internet harus pintar dalam mencerna informasi yang ada di internet, sehingga tidak asal menerapkannya.

Manfaat Membuat Halaman Disclaimer

Adapun manfaat halaman disclaimer ini yaitu agar penulis blog dapat terlindungi dari tuntutan UU ITE yang dilayangkan oleh seseorang akibat informasi yang ada pada blog tidak akurat. Dengan begitu, kamu memiliki pembelaan yang kuat dan bahkan bisa menuntut balik.

Selain itu, jika blog kamu ingin di daftarkan Google Adsense, maka halaman disclaimer ini sangat penting. Karena salah satu kebijakannya adalah navigasi menu pada blog harus jelas, dan disclaimer merupakan salah satu bagian dari navigasi blogger yang penting, sama seperti halaman privacy policy, terms of service, about dan contact.

Kalo blog kamu isinya catatan pribadi, curhatan atau semacam diary, halaman disclaimer ini tidak diperlukan lagi.

Cara Membuat Halaman Disclaimer

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat halaman disclaimer, yaitu membuatnya sendiri secara manual atau membuatnya secara otomatis menggunakan Disclaimer Generator.

Pada tutorial ini, saya sangat menyarankan untuk membuatnya secara manual. Karena lebih mudah, gak ribet dan mudah dimengerti oleh para pembaca.

Alasannya sederhana, karena disclaimer yang dibuat oleh generator hasilnya akan berbahasa inggris dan kemungkinan besarnya tidak akan dimengerti oleh pengunjung blog yang berasal dari Indonesia.

Karena pastinya banyak sekali pengguna internet yang masih awam dan tidak mengerti Bahasa inggris.

Tetapi jika kamu membuatnya sendiri, kamu bisa menjelaskannya menggunakan Bahasa Indonesia dengan gaya penulisan kamu sendiri perihal pernyataan yang dibuat pada halaman disclaimer.

Berikut adalah contohnya:

Cara Membuat Disclaimer Blog Yang Benar

Meskipun terlihat sederhana dan biasa saja, yang terpenting isi dari pernyataan tersebut jelas dan terdapat penolakan atas segala tuntutan yang kamu inginkan pada halaman disclaimer yang telah dibuat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengutip dan menggunakan disclaimer saya

Sekian tutorial cara membuat halaman disclaimer blog, semoga artikel ini bermanfaat.

bm

Writter

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

avatar
Admin Blog Wendy Online
Welcome to Blog Wendy theme