11/13/2020

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger (Blogspot)

Berbicara soal mempercepat loading blog di blogger (blogspot), memang gampang-gampang susah. Hal itu dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan loading blog menjadi lambat dan berat. Ditambah lagi, blogger tidak seperti wordpress self-host yang memiliki dukungan plugin. Jadi, hampir dalam segala hal harus kamu lakukan secara manual.

Kecepatan loading blog menjadi salah satu hal yang terpenting, dimana akan membuat pengunjung blog menjadi nyaman dan mudah dalam mengakses informasi pada artikel yang telah dibuat.

Coba bayangkan, seandainya ada pengunjung yang datang ke blog kamu untuk mencari informasi ditambah sedang buru-buru. Maka loading blog yang lambat akan sangat menjengkelkan dan sudah jelas akan membuat banyak pengunjung blog menjadi pergi.

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger Paling Ampuh

Banyak orang yang berpendapat bahwa kecepatan blog juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan search engine google dalam menentukan ranking blog.

Tapi faktanya, banyak orang yang tidak terlalu mempusingkannya karena tidak mau ribet dan hanya fokus pada artikel saja. Bahkan, blog dengan loading lambat pun sering kali ditemukan pada posisi pertama google.

Meskipun begitu mempercepat loading blog adalah sebuah keharusan yang harus diusahakan. Yah paling tidak, gak lambat-lambat banget gitu agar kamu maupun pengunjung blog sama-sama enak.

Untuk meningkatkan kecepatan loading blog khususnya untuk pengguna blogspot, berikut adalah ulasannya.

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger (Blogspot) Paling Ampuh

Sebelum memulai, sebaiknya kamu mengecek kecepatan loading blog saat ini untuk mengetahui apakah sudah cukup atau malah lebih buruk. Hal ini dilakukan agar nanti bisa membandingkannya.

Ada beberapa tools online gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan blog, seperti PageSpeed Insights dan GTMetrix. Tidak hanya mengecek kecepatan loading blog, kamu juga bisa mengetahui apa saja penyebab website atau blog menjadi lambat beserta cara mengatasinya. Jika hasilnya cukup mengecewakan, berikut adalah cara untuk mempercepat loading blog di blogger.

1. Menggunakan Template Blogger Fast Loading

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan loading blog menjadi lambat, salah satunya adalah faktor template yang digunakan.

Banyak sekali template blog yang bisa kamu gunakan, tapi usahakan jangan hanya memikirkan tampilannya saja, tapi perhatikan juga segi kecepatan template itu sendiri.

Karena buat apa tampilan blog bagus, fiturnya keren tapi lambat. Saya sendiri sih gabakalan mau menggunakannya.

Kalo kamu ingin menggunakan template yang ringan, tampilan menarik serta fitur yang lengkap, kamu bisa mencoba salah satu template premium buatan anak bangsa yaitu VioMagz atau LinkMagz.

Untuk masalah kecepatan dan fiturnya, kedua template tersebut sudah tidak diragukan lagi. Kamu bisa mengeceknya sendiri.

bm

Writter

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

avatar
Admin Blog Wendy Online
Welcome to Blog Wendy theme