Skip to main content

Cara Mempercepat Loading Blog Paling Efektif

Berbicara mengenai cara mempercepat loading blog, memang gampang-gampang susah. Hal itu dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan loading blog menjadi lambat dan berat, sehingga kamu harus menyelesaikan permasalahannya satu persatu hingga loading blog dirasa sudah cepat.

Tapi berbeda jika kamu menggunakan platform wordpress self-host, karena disana akan disediakan alat bantu yang bernama plugin untuk memaksimalkan kecepatan blog secara otomatis.

Jika ingin mencoba menggunakan platform wordpress, kamu bisa mencoba layanan hosting dan domain terbaik dari Niagahoster atau 

yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog di wordpress

Kecepatan loading blog menjadi salah satu hal yang terpenting, dimana akan membuat pengunjung blog menjadi nyaman dan mudah mengakses informasi yang ada pada blog secara cepat.

Maka dari itu, loading blog yang lambat akan sangat menjengkelkan bagi pengunjung yang benar-benar membutuhkan informasi dari artikel kita sehingga dapat menyebabkan pengunjung blog pergi. Karena rata-rata pengunjung tidak mau menunggu, sekitar 4-5 detik saja mereka langsung pergi meninggalkan blog tersebut.

Banyak orang yang berpendapat bahwa kecepatan blog juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan search engine google dalam menentukan ranking blog.

Tapi faktanya, banyak orang yang tidak terlalu mempusingkannya karena tidak mau ribet dan hanya fokus pada artikel saja. Bahkan, blog dengan loading lambat pun sering kali ditemukan pada posisi pertama google.

Meskipun begitu mempercepat loading blog adalah sebuah keharusan yang harus diusahakan. Yah paling tidak, gak lambat-lambat banget gitu agar kamu maupun pengunjung blog sama-sama enak.

Untuk meningkatkan kecepatan loading blog khususnya untuk pengguna blogspot, berikut adalah ulasannya.

Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog Paling Efektif

Sebelum memulai mempercepat loading blog, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kecepatan loading blog saat ini. Hal itu dilakukan untuk mengetahui dan membandingkannya hasil kecepatan blog sebelum dan sesudah di optimasi.

Ada beberapa tools online gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan blog, seperti PageSpeed Insights dan GTMetrix. Tidak hanya mengecek kecepatan loading blog, kamu juga bisa mengetahui apa saja penyebab website atau blog menjadi lambat beserta cara mengatasinya. Jika hasilnya cukup mengecewakan, berikut adalah cara untuk mempercepat loading blog di blogger.

1. Menggunakan Template Blogger Fast Loading

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan loading blog menjadi lambat, salah satunya adalah faktor template yang digunakan.

Banyak sekali template blog yang bisa kamu gunakan, tapi usahakan jangan hanya memikirkan tampilannya saja, tapi perhatikan juga segi kecepatan template itu sendiri.

Karena buat apa tampilan blog bagus, fiturnya keren tapi lambat. Saya pribadi sih gak akan mau menggunakannya.

Kalo kamu ingin menggunakan template yang ringan, tampilan menarik serta fitur yang lengkap, kamu bisa mencoba salah satu template premium seperti VioMagzLinkMagz

Untuk masalah kecepatan dan fiturnya, kedua template tersebut sudah tidak diragukan lagi. Kamu bisa mengeceknya sendiri.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->