Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui ID Widget Blogger (Blogspot)

ID widget pada blog merupakan kode unik yang berfungsi untuk memberikan sebuah identitas pada setiap widgetnya, dimana identitas tersebut berupa sebuah kode unik HTML yang berbeda satu sama lainnya.

Sama halnya dengan manusia, yang memiliki identitas untuk mengidentifikasi diri seseorang, blog juga memiliki identitas yang dikategorikan menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsinya.

Bagian-bagian template tersebut biasa disebut dengan widget yang digunakan untuk menampilkan informasi tambahan seperti profile penulis, artikel populer, label, arsip dan masih banyak lainnya.

Cara Mengetahui ID Widget Pada Blogger (Blogspot)

Hal itu yang membuat widget menjadi salah satu bagian terpenting dalam mendesain sebuah tampilan blog. Untuk penempatannya, widget bisa diletakan pada header, sidebar ataupun footer tergantung informasi apa yang ingin kamu tambahkan ke dalam blog.

Jika kamu ingin memberikan fungsi tambahan pada blog, kamu bisa memanfaatkan ID widget. Sebagai contoh, kamu ingin menambahkan sebuah fungsi sticky. Dengan adanya fungsi sticky, membuat widget akan mengikuti scroll ketika pengunjung bergerak ke bawah dan atas halaman blog.

Tujuannya sederhana, agar widget selalu terlihat oleh pengunjung dan membuat mereka tertarik dengan apa yang ditampilkan pada widget.

Biasanya fungsi sticky digunakan untuk menampilkan sebuah banner atau iklan yang dipasang pada sebuah blog. Jika kamu ingin melihat fungsi sticky itu seperti apa, kamu bisa melihatnya pada blog ini dibagian sidebar.

Widget hanyalah sekedar untuk menampilkan informasi tambahan saja, sedangkan fungsi yang diberikan pada widget tersebut tergantung dari tampilan yang kamu gunakan. Ada beberapa yang sudah menambahkan fungsi tertentu pada tampilan blognya dan ada juga yang tidak menambahkannya.

Untuk menambahkan fungsi tertentu yang belum disediakan pada tampilan blog yang kamu gunakan, kamu harus memasukan beberapa kode tambahan pada tampilan tersebut yang di dalamnya terkadang membutuhkan sebuah ID Widget untuk menentukan widget mana yang akan diberikan fungsi.

Untuk mengetahui ID Widget, berikut adalah caranya.

Cara Mengetahui ID Widget Pada Blogger (Blogspot)

1. Masuk ke dashboard blogger.com

2. Buka menu Layout dan pilih widget yang ingin diketahui ID nya dengan cara klik edit.

Mengetahui ID Blog Melalui Layout atau Tata Letak

4. Setelah itu akan muncul halaman baru. Perhatikanlah URL pada bagian akhirnya, disitulah kamu akan menemukan ID widgetnya.

Cara Mengetahui ID Widget Blog di Blogspot

Kesimpulan

ID widget yang akan menentukan widget mana yang akan diberikan efek atau fungsi tambahan, sehingga widget lainnya tidak terikut dan tetap menampilkan informasi tambahan sesuai dengan fungsinya.

Seperti label untuk menampilkan kategori artikel, popular post untuk menampilkan artikel yang paling banyak dibaca dan arsip untuk menampilkan jumlah artikel pertahunnya. Yah begitulah kira-kira penjelasan sederhananya. Semoga bermanfaat.

Wendy Andriyan
Wendy Andriyan Penulis amatiran yang berusaha berbagi dengan sesama melalui tulisan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui ID Widget Blogger (Blogspot)"