Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Postingan Blog Dengan Benar

Cara menghapus postingan blog pada dasarnya tidaklah sulit, Hanya dengan menekan tombol delete pada dashboard, maka artikel akan terhapus. Tapi sayangnya, prosesnya tidak sesederhana itu.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar proses penghapusan artikel blog bisa dikatakan benar dan tidak menyebabkan blog mengalami error seperti broken link atau error 404 not found.

Cara Menghapus Postingan Blog Dengan Benar

Karena setiap artikel yang sudah diposting akan langsung terindeks di search engine dan coba pikirkan, ketika artikel yang sudah terindeks tiba-tiba menghilang, apa yang akan terjadi?

Yang terjadi adalah blog kamu masih menampilkan artikel tersebut di internet, tetapi yang akan terlihat hanyalah halaman Error 404 Not FoundJadi, setiap kali ada pengunjung yang menemukan artikel kamu di internet maka mereka akan tidak menemukan apa-apa.


Apakah error tersebut berpengaruh terhadap blog dikemudian hari? jawabannya adalah sangat berpengaruh. Bisa merusak kualitas blog pada SERP (search engine result pages) atau yang paling parahnya lagi, blog bisa kehilangan traffik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada cara yang bisa dilakukan agar menghapus artikel atau postingan blog menjadi benar dan terhindar dari yang namanya error. Berikut adalah ulasannya.

kamu perlu mengetahui aturan khusus bagaimana cara menghapus postingan blog yang benar agar tidak mengalami error yang akan berdampak buruk pada blog kamu. Berikut adalah cara menghapus artikel postingan blog yang benar.

Cara Menghapus Artikel Postingan Blog di Pencarian Google

1. Masuk ke Google Search Console Terlebih Dahulu.

2. Pilih Removals dan klik New Request.

Request Penghapusan Artikel Blog di Google Search Console

3. Masukan URL artikel yang ingin dihapus pada form yang sudah disediakan.

Masukan URL Artikel Yang Ingin Dihapus

Akan ada 2 opsi penghapusan, yaitu:

  1. Menghapus URL artikel yang bersangkutan saja (Remove this URL only).
  2. Menghapus seluruh URL artikel yang berawalan dengan URL yang ingin dihapus (Remove all URLs with this prefix).

Kamu bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut. Saya sendiri terkadang menghapus URL artikel menggunakan opsi yang pertama dan beberapa kali menggunakan opsi yang kedua.

5. Jika sudah, pilih Next dan pilih Submit Request.

Request Penghapusan Artikel Blog

6. Selesai dan URL artikel sedang dalam proses penghapusan. Tunggulah beberapa hari sampai statusnya berubah menjadi terhapus.

Proses Penghapusan URL Postingan Blog

Kesimpulan:

Setelah menghapus artikel postingan blog, menghapus URL di Google Search console berguna untuk menghapus pengindeksan pada search engine agar tidak menampilkannya.

Penghapusan URL ini bersifat sementara, yang artinya kamu masih bisa melakukan pengindeksan ulang dengan artikel dan URL yang sama seperti yang sudah pernah kamu hapus sebelumnya.

Cara ini bertujuan untuk meminimalisir error pada blog kamu. Karena blog yang memiliki banyak error akan tidak baik di mata mesin pencari Google yang membuat kualitas SEO blog menjadi turun dan menyebabkan posisi artikel menurun.

Sekian cara menghapus artikel postingan blog di pencarian google yang baik dan benar, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Wendy Andriyan
Wendy Andriyan Penulis amatiran yang berusaha berbagi dengan sesama melalui tulisan.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Postingan Blog Dengan Benar"