11/13/2020

Cara Menghidupkan Komputer Yang Baik dan Benar

 Sebelum mengoperasikan komputer, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan komputer terlebih dahulu.



Menghidupkan komputer memang terdengar sangat mudah, tapi ada beberapa langkah-langkah menghidupkan komputer yang harus kamu ketahui agar tidak terjadi masalah nantinya.



Pengertian komputer menurut wikipedia adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Sedangkan komputer sendiri terdiri dari berbagai perangkat keras, seperti monitor, cpu. keyboard dan mouse yang saling terhubung satu sama lain agar bisa di operasikan dengan baik.



Dalam kehidupan sehari-hari, komputer dibuat untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Seperti membuat tugas, membuat laporan pekerjaan, menyimpan data dan mencari informasi yang terhubung dengan internet. Komputer juga bisa digunakan untuk bermain game sebagai media hiburan ketika jenuh melakukan pekerjaan.



Cara menghidupkan komputer ini sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan dilakukan secara bertahap. Seperti memperhatikan kabel, stop kontak dan komponen pendukung lainnya yang harus dipersiapkan.



Hal ini dilakukan untuk menjaga agar komputer tetap awet dan tahan lama serta mampu beroperasi semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan kamu.



Untuk menghidupkan komputer yang baik dan benar, berikut adalah langkah-langkahnya.




1. Menghubungkan Komputer ke Stop Kontak


Setiap komputer memiliki yang namanya kabel power yang berfungsi untuk menghidupkan komputer setelah mendapatkan arus listrik dari stop kontak.



Yang perlu diperhatikan disini adalah kamu bisa menghubungkan kabel power ke stop kontak ataupun stabilizer listrik.



Jika kamu ingin tegangan listrik yang ada dirumah kamu lebih stabil ketika menghidupkan komputer, maka gunakanlah stabilizer. Tapi jika tidak memilikinya pun tidak masalah, kamu tinggal mencolokannya saja ke stop kontak dengan catatan listrik kamu sudah cukup kuat menahan beban daya dari komputer.



Setelah memberikan arus listrik ke komputer melalui stop kontak ataupun stabilizer, perhatikan pada bagian belakang komputer.

Biasanya terdapat tombol on/off. Silahkan ganti posisinya ke ON agar komputer bisa menyala. Jika masih off, arus listrik tidak akan aktif dan komputer tidak akan menyala.



Cara Menghidupkan Komputer Dengan Menghubungkan Kabel Power ke Stop Kontak




2. Menghubungkan Komponen Pendukung Komputer


Menghubungkan Komponen Pendukung Komputer



Ada beberapa komponen pendukung pada komputer yang digunakan untuk mengoperasikan komputer, seperti mouse untuk menggerakan kursor, keyboard untuk mengetik, speaker untuk mendengarkan musik, monitor sebagai layar utama dan lain sebagainya.



Caranya cukup mudah, cukup colokan kabel komponen pendukung komputer ke bagian belakang komputer. Disana ada yang namanya port USB berbentuk kotak, berbentuk bulat ataupun berlubang. Sesuaikan saja dengan port komponen yang digunakan.



Untuk monitor sendiri biasanya portnya berbentuk HDMI atau VGA.



Port Komputer




3. Menghidupkan Monitor dan Komputer


Menghidupkan Monitor dan Komputer



Setelah arus listrik telah tersambung ke komputer dan komponen telah terpasang dengan baik, sekarang saatnya menghidupkan monitor dan komputer.



Untuk melakukan hal ini, cukup menekan tombol power yang biasanya terdapat di posisi tertentu. Ada yang di depan, disamping ataupun dibelakang.



Jika kamu menggunakan monitor jenis LED yang memiliki desain slim dan tipis, biasanya tidak ada tombol power dan tinggal mencolokannya saja ke stop kontak. Maka otomatis monitor akan menyala.



Tekanlah tombol power monitor terlebih dahulu, baru setelah itu tombol power pada cpu komputer.




4. Menunggu Proses Booting


Proses Booting Komputer



Setelah komputer berhasil di hidupkan, maka harus melalui proses booting terlebih dahulu. Proses ini bertujuan untuk memuat sistem yang ada pada komputer sebelum digunakan.



Waktu yang dibutuhkan sekitar 1-3 menit tergantung dari komponen komputer yang kamu gunakan. Bahkan ada yang bisa selesai dalam hitungan detik saja.



Ciri-cirinya adalah terdapat logo windows ditengah layar yang disertai dengan background hitam dengan loading yang berulang-ulang.




5. Komputer Siap Digunakan


Tampilan Desktop Komputer Windows 10



Setelah melewati proses booting, maka komputer bisa langsung digunakan. Untuk mulai menggunakan aplikasi komputer, pastikan tunggu beberapa detik setelah menampilkan layar desktop atau tampilan awal.



Karena jika baru saja hidup dan langsung membuka sesuatu, terkadang akan menyebabkan lag, patah-patah atau bahkan error.




Bagaimana Jika Komputer Tidak Menyala Ketika Dihidupkan?


Sering kali ketika menghidupkan komputer, tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada yang macet ditengah jalan, ada yang error, tidak menyala dan tidak tampil sama sekali.



Solusi yang paling umum dilakukan adalah periksa kembali kabel-kabel penting seperti kabel power monitor, kabel power komputer dan kabel hdmi atau vga yang menghubungkan monitor dengan komputer.



Solusi yang paling parah adalah diharuskan untuk menginstall ulang apabila terjadi error saat menghidupkan komputer, dikarenakan penyebabnya biasanya file sistem yang rusak atau corrupt.



Solusi yang paling serius adalah dengan mengganti komponen komputer yang dianggap rusak.



Sekian penjelasan mengenai cara menghidupkan komputer yang baik dan benar. Artikel ini ditunjukan untuk pemula atau yang masih belum paham dalam mengoperasikan komputer.



Intinya jangan pernah takut menyentuh, menghidupkan, mematikan dan mengoperasikan komputer ya. Karena kamu tidak akan membuat komputer rusak sekalipun kamu masih kurang mengerti dalam mengoperasikan komputer.



Kalopun ada masalah yang terjadi, itu adalah sebuah pelajaran dan pengalaman untuk kamu. Setidaknya kamu bisa mengerti sedikit masalah komputer.



Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

bm

Writter

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

avatar
Admin Blog Wendy Online
Welcome to Blog Wendy theme