11/12/2020

Jenis-Jenis Wordpress Beserta Fungsinya

Buat kamu yang ingin ngeblog dengan wordpress, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenis wordpress terlebih dahulu agar nantinya kamu bisa mengelolanya dengan mudah. Karena pada setiap jenis-jenis wordpress yang ada, mempunyai kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda bagi pengguna WordPress itu sendiri.

Dengan begitu, kamu akan mudah memahami cara kerja wordpress seperti memodifikasi, mengganti tema dan menambahkan fungsi tertentu pada wordpress.

Jenis-Jenis Wordpress Beserta Fungsinya

Apabila ada hal yang ingin kamu tambahkan tetapi pada wordpress yang kamu gunakan tidak tersedia, berarti ada sesuatu yang harus kamu mengerti lagi dari wordpress yang kamu gunakan.

Berikut adalah jenis-jenis wordpress yang perlu kamu ketahui.

1. Wordpress.com

Wordpress.com adalah adalah sebuah platform untuk membuat blog gratis berbasis wordpress, meskipun gratis kamu masih bisa menikmati beberapa fitur yang disediakan seperti banyaknya tema yang bisa kamu pilih dan modifikasi sesuka hati agar blog terlihat rapih dan cantik.

Tetapi karena layanan wordpress ini gratis, maka tidak banyak yang bisa diharapkan dari segi fitur dan pengelolaannya. Diantaranya kamu tidak bisa menambahkan plugin wordpress dan menambahkan (upload) tema dari luar wordpress.

Kamu hanya bisa mengelola dan memanfaatkan segala fitur yang sudah di sediakan oleh wordpress versi gratis ini.

Meskipun begitu, jika kamu masih pemula dan menggunakan wordpress hanya untuk sekedar menulis saja, wordpress.com adalah pilihan yang tepat.

Dari segi keterbatasan, hal itu bisa ditutupi dengan beberapa kelebihan wordpress seperti disediakannya hosting unlimited dan domain gratis dengan namablog.wordpress.com.

Tidak hanya itu, dari segi SEO wordpress jauh lebih baik dari platform manapun yang membuat artikel kamu bisa bersaing dan tampil di halaman pertama Google.

Sederhananya, kamu seperti sedang mengontrak di wordpress. Yang namanya ngontrak pasti terbatas dong dan gak bisa leluasa, seperti itulah wordpress.com.

2. Wordpress.org

Wordpress.org adalah platform berbayar untuk membuat blog berbasis wordpress, untuk menikmati fitur premium yang tidak diberikan pada versi gratisnya maka kamu harus melakukan upgrade dengan cara membayarnya. 

Pada layanan ini, kamu seperti memiliki rumah sendiri dengan tanah milik wordpress. Kamu bisa memiliki nama blog dengan domain sendiri seperti namablog.com. Kamu bisa leluasa melakukan apapun terhadap blog wordpress kamu, modifikasi tema dengan plugin, install plugin, menambahkan berbagai tema wordpress dan lain sebagainya.

Sederhananya, Wordpress.org adalah hasil upgrade dari wordpress.com. Meskipun berbayar, pada dasarnya wordpress tetaplah gratis.

3. Wordpress Localhost

Wordpress Localhost adalah sebuah blog wordpress yang berada di jaringan lokal yang tidak bisa dilihat oleh siapapun kecuali diri kamu sendiri.

Blog Wordpress yang kamu buat pada layanan ini berstatus offline, akan tetapi kamu bisa mengelolanya dengan fitur premium.

Kamu tidak perlu membayar, memikirkan hosting, domain dan embel-embel lainnya, intinya semua gratis rasa premium.

Layanan wordpress ini sangat cocok untuk kamu latihan membuat blog wordpress sebelum membuat blog wordpress sungguhan yang dapat diakses oleh pengguna internet.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mendownload wordpress di situsnya saja setelah itu kamu bisa menginstallnya di komputer kamu.

4. Wordpress Self-Host

Wordpress Self-Host adalah blog wordpress yang dibangun menggunakan jasa layanan hosting diluar dari wordpress.

Layanan wordpress ini masuk dalam kategori berbayar, dimana untuk membuat blog wordpress kamu perlu menyewa hosting terlebih dahulu.

Banyak layanan hosting yang ada di internet yang bisa kamu gunakan sebagai wadah untuk menampung blog wordpress kamu.

Kamu juga bisa meminta tolong mereka menginstall atau membuatkan blog wordpress pada saat kamu sudah membeli hosting, mereka akan membantu kamu karena itu adalah bagian dari pelayanannya.

Jadi kamu tinggal bayar saja dan terima beres mengenai blog wordpress kamu.

Wordpress Self-Host digunakan untuk orang yang serius ngeblog menggunakan wordpress, entah itu untuk keperluan pribadi atau bisnis untuk menghasilkan uang.

Bisa juga digunakan untuk pemula jika kamu benar-benar ingin menggunakan wordpress, karena wordpress sangat mudah digunakan oleh siapapun sekalipun itu pemula.

Kesimpulan:

Meskipun ada beberapa jenis-jenis wordpress yang ada saat ini, intinya wordpress hanya ada 1 dan cara pengelolaannya sama saja yaitu untuk menjadi seorang blogger dengan cara menulis artikel-artikel yang bermanfaat.

Mengenai berbayar dan gratis, itu hanyalah sekedar fitur dan tergantung dari kebutuhan kamu ketika menggunakan wordpress itu sendiri.

bm

Writter

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

avatar
Admin Blog Wendy Online
Welcome to Blog Wendy theme