Membuat Program Hello World di C++ Beserta Penjelasannya

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat program Hello World di C++ yang merupakan program awal pada saat memulai suatu bahasa pemrograman.

Program Hello World di C++ menjadi pilihan terbaik sebagai langkah pertama untuk berlatih menulis kode atau syntax pemrograman, yang biasanya disusun dalam bentuk sesederhana mungkin agar dapat dipahami oleh orang-orang yang baru belajar pemrograman.

Setelah memahami bagaimana cara menuliskan sebuah kode, maka langkah selanjutnya adalah memahami alur dan algoritmanya. Nah, C++ ini cocok sekali digunakan untuk belajar bahasa pemrograman sebagai pengenalan sebelum mencoba bahasa-bahasa pemrograman lainnya.

Bahkan biasanya, sekolah ataupun universitas akan memberikan materi dasar pemrograming C++ karena dianggap sebagai bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari untuk pemula. Meskipun begitu, semudah-mudahnya bahasa pemrograman tentu saja tergantung dari niat kamu mempelajarinya.

Membuat Program Hello World di C++ Beserta Penjelasannya

C++ yang merupakan bahasa pemrograman multiplatform bisa digunakan untuk membuat berbagai macam program hingga video game. Tidak hanya itu saja, yang perlu kalian ketahui adalah bahasa pemrograman ini masih banyak peminatnya dan bukanlah sekedar bahasa pemrograman jadul.

Karena C++ telah mengalami pengembangan dan menciptakan versi terbarunya. Jadi buat kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman, C++ bisa kamu coba sebagai langkah awalnya.

Persiapan Untuk Membuat Program C++

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan seperti IDE C++ yang berguna untuk menulis sekaligus mengeksekusi kode pemrogramannya seperti DEV++ dan Microsoft Visual Studio.

Akan tetapi, kalo kamu menuliskan kode pemrograman C++ hanya menggunakan Text Editor seperti Sublime Text, maka kamu perlu yang namanya Compiler untuk menjalankan programnya.

Pada artikel ini saya menggunakan Microsoft Visual Studio untuk menjalankan program C++ ini karena mudah digunakan, komponen pendukungnya lengkap dan mendukung berbagai bahasa pemrograman lainnya juga.

Tapi kamu juga bisa menggunakan DEV++, sublime text atau apapun yang kamu suka. Nah untuk membuat program Hello World di C++, berikut adalah caranya.

Membuat Program Hello World di C++ Beserta Penjelasannya

1. Buka IDE C++, disini saya akan mencontohkannya dengan Microsoft Visual Studio.

2. Masukan source code berikut ini ke IDE C++:

#include <iostream>

int main (){

std::cout <<"Hello World" << std::endl:

  std::cin.get();

  return 0;

} {codeBox}

3. Setelah itu jalankan programnya dan lihat hasilnya.

Source Code Hello World C++


Penjelasan Kodenya:

1. #include adalah sebuah perintah untuk mengcopy paste isi dari <iostream> yang berada di dalam operating sistem komputer kita. Jadi sederhananya, penambahan <iostream> ini digunakan untuk menargetkan kepada operating sistem kita untuk menampilkan ke terminal yang ada di sistem kita. Karena c++ tidak tau harus menampilkan hasilnya kemana, maka dari itu dibuatlah file standar librarynya yaitu <iostream>.

2. int main () adalah sebuah tanda untuk kita memulai sebuah program. Analoginya adalah, jika program adalah rumah maka perlu adanya pintu untuk memasukinya.

3. Tanda { diawal dan } diakhir adalah sebuah tanda untuk mengeksekusi saat fungsi tersebut dipanggil.

4. std adalah standar library yang berasal dari <iostream> dan mengambil sebuah fungsi cout (consol out) untuk menampilkan <<"Hello World" << yang diakhiri std::endl;. Apabila tidak ingin menggunakan std, kamu bisa menambahkan using namespace std;

5. std::cin.get(); adalah untuk membuat program tidak langsung tertutup dan akan tertutup apabila program ditekan terlebih dahulu.

6. return 0; adalah untuk menyatakan hasil keluaran dari fungsi main() adalah 0. Pada C++, return 0 dalam main() menyatakan bahwa program berakhir dengan normal.

Sekian artikel mengenai cara membuat program Hello World di C++Saya rasa penjelasannya sudah cukup lengkap dan detail mulai dari persiapan program untuk menjalankan C++nya, source code Hello World c++ sampai penjelasan kodenya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang masih belajar.

Wendy Andriyan

Hanya seorang anak yang senang berbagi melalui tulisan.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama