Cara Mudah Menurunkan Spam Score Blog

Cara menurunkan spam score blog ini merupakan pengalaman pribadi saya saat mengelola blog ini dan ternyata berhasil dalam beberapa hari saja, ya kira-kira sekitar tiga hari atau paling lama sekitar satu minggu.

Buat kamu yang belum tau apa itu spam score, jadi spam score itu adalah semacam penilaian persentase terhadap nilai spam yang ada pada blog. Dimana persentase ini akan menentukan apakah blog kita berkualitas baik atau buruk. Apabila persentase spam sangat tinggi, maka nantinya artikel kita akan sulit terindeks atau yang paling parahnya lagi blog kita bisa menghilang dari search engine.

Cara Mudah Menurunkan Spam Score Blog

Jadi pada artikel ini saya hanya sekedar sharing aja, mudah-mudahan bisa diterapkan oleh kamu dan berhasil dalam menurunkan spam score blog yang katanya bisa membuat blog jelek dimata search engine dan artikel menjadi susah bersaing.

Awalnya saya sendiri tidak terlalu memperhatikan kondisi blog, seperti kecepatan loading, backlink sampai spam score. Jadi semua berjalan alami begitu saja dan hanya berfokus pada pembuatan artikel saja.

Sampai suatu hari, saya melihat sebuah diskusi yang mengatakan bahwa selain kecepatan blog, SEO dan backlink, ada spam score juga yang harus diperhatikan. Karena sebagus apapun konten pada blog, akan tetap terlihat jelek apabila memiliki spam score yang tinggi.

Mulailah saya cek kondisi blog sampai akhirnya mendapatkan nilai spam score sebesar 11% yang pada saat itu saya mengecek di www.websiteseochecker.com.

Nilai Spam Score Blog Wendy

Sebenarnya masih dalam kondisi normal apabila hanya 11%, asal kan tidak diangka 30% keatas. Tapi lebih baik lagi kalo spam scorenya diturunkan, karena bahaya juga kalo gak diperhatiin lalu tiba-tiba bertambah lagi.

Penyebab Spam Score Blog Tinggi

Tingginya nilai spam score diakibatkan oleh beberapa hal, berikut adalah penyebabnya.

1. Komentar Spam

Komentar adalah bagian terpenting dari blog, dimana pemilik blog bisa berinteraksi dengan para pengunjung dan juga sarana untuk mendapatkan feedback. Tapi ada beberapa orang yang menyalahgunakannya, seperti meletakan link aktif pada blog melalui kolom komentar untuk keperluan backlink atau promosi mereka.

Ada juga pengunjung yang meninggalkan komentar, lalu komentar tersebut dihapus. Hal seperti itu yang akan menjadi spam di blog kita.

2. Backlink Yang Buruk

Backlink adalah link yang berasal dari luar lalu mengarah ke blog kita. Backlink sebenarnya sangat penting apabila kualitanya juga baik. Akan tetapi, backlink yang buruk bisa menyebabkan blog menjadi buruk juga dan bisa terdeteksi spam apabila terlalu berlebihan.

3. Adanya Broken Link

Broken link adalah sebuah url rusak yang tidak memiliki tujuan. Tidak bisa di klik atau yang mengarah ke suatu halaman yang tidak ada, sehingga menyebabkan eror 404.

Lalu bagaimana cara menurunkan spam scorenya? nah berikut adalah ulasannya.

Cara Mudah Menurunkan Spam Score Blog

1. Langkah yang saya lakukan untuk menurunkan nilai spam score blog adalah dengan cara menghapus backlink buruk yang mengarah ke blog.

Tapi sebelum itu saya harus mengeceknya terlebih dahulu untuk mengetahui mana saja backlink yang bagus dan yang buruk. Untuk mengeceknya, saya sendiri menggunakan Ubersuggest atau kalo kamu punya tempat lainnya untuk mengecek yah silahkan saja.

Backlink yang ingin saya hapus memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) kecil dan sumber backlink berasal dari website yang gak jelas, tidak berisi conten dan hanya berisi kumpulan link.

Cara Mengecek Backlink di Ubersuggest

2. Selanjutnya, saya membuat daftar website yang ingin saya tolak atau hapus backlinknya ke dalam notepad dengan cara mengetik:

domain: namasitus.com {alertSuccess}

Daftar Situs Backlink Yang di Hapus Google Disavow

3. Setelah itu, saya mengupload file yang berisi kumpulan situs backlink yang ingin saya tolak atau hapus ke dalam Google Disavow. Kira-kira beginilah tampilannya,

Menurunkan Spam Score Blog Dengan Menghapus Backlink di Google Disavow

Jika sudah sampai tahap ini, hanya perlu menunggu saja proses google merayapi URL website yang kita tolak atau hapus dari daftar backlink. Berikut adalah hasil penurunannya.

Menurunkan Spam Score Blog

Jika kamu bertanya, kok rank alexanya berubah dibandingkan gambar sebelumnya? itu disebabkan karena ada beberapa perubahan yang sempat terjadi pada blog ini.

Bagaimana jika cara ini tidak berhasil?

Buat kamu yang belum mencobanya, silahkan coba terlebih dahulu cara ini.

Tapi kalo ada beberapa kasus setelah mencoba cara ini masih tetap tinggi nilai spam scorenya, cobalah optimasi blog kamu lebih jauh lagi seperti menganalisa penyebabnya. Bisa dimulai dari memperbaiki broken link, menghapus komentar spam dan lain sebagainya.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan mengenai cara menurunkan spam score blog, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Wendy Andriyan

Hanya seorang anak yang senang berbagi melalui tulisan.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama