Pengertian Google Ads dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi saat ini telah menciptakan berbagai media pemasaran yang kreatif, cepat dan mudah, sehingga dapat membantu pebisnis dalam memperkenalkan produknya secara luas sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Salah satu media pemasaran yang cukup terkenal saat ini adalah Google Adwords atau biasa disebut dengan Google Ads.

Pengertian Google Ads dan Cara Kerjanya

Google ads adalah layanan pemasaran iklan milik google yang digunakan untuk mempromosikan bisnis, produk atau layanan dengan tujuan agar pengguna internet dapat mengetahui, tertarik dan membeli apa yang sedang ditawarkan.

Bagi seorang internet marketing, Google Ads bukanlah hal yang asing untuk di dengar dan sudah sering digunakan sebagai pilihan yang tepat sebagai media promosi dan pemasaran di internet. Nah buat kamu yang belum tau bagaimana cara kerja dari Google Ads, berikut adalah gambarannya.

Cara Kerja Google Ads

Untuk cara kerja Google Ads sendiri cukup mudah, yaitu pengiklan (orang yang ingin mempromosikan produknya) harus membayar terlebih dahulu ke Google, setelah proses pembayaran selesai maka produk akan ditampilkan pada 2 tempat, yaitu di search engine dan iklan Google Adsense.

Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads.

Penempatan iklan yang dilakukan pada Google Ads cukup strategis dan efesien, yang memungkinkan iklan akan cepat terlihat dan membuat banyak orang tertarik.

Contohnya seperti penempatan iklan pada search engine atau mesin pencari Google, dimana ketika pengguna internet mengetikan suatu kata kunci maka iklan akan diprioritaskan dengan cara menampilkannya pada posisi teratas halaman pencarian google.

Iklan yang dimunculkan biasanya tergantung dari kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Sebagai contoh saya akan mencari dengan kata kunci Jasa Pembuatan Websitemaka yang akan muncul adalah sebagai berikut:

Iklan Google Ads Pada Search Engine
Iklan Google Ads Pada Search Engine.

Penggunaan search engine google saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi pengguna internet untuk memperoleh berbagai informasi, salah satunya informasi mengenai suatu produk, jasa ataupun layanan yang sedang dicari. Sehingga iklan Google Ads yang ditampilkan pada search engine dapat meningkatkan proses penjualan bagi si pengiklan.

Sedangkan untuk Google Adsense sendiri merupakan layanan iklan milik Google yang dikhususkan untuk publisher (pemilik website), dimana Google akan membayar si publisher atas iklan yang ditampilkan pada blog miliknya.

Pada umumnya, Google Adsense tidak hanya ditampilkan melalui website saja melainkan di berbagai platform milik Google seperti Youtube. Jika kamu pernah melihat iklan pada saat menonton video youtube, nah iklan tersebut adalah Google Adsense.

Manfaat Menggunakan Google Ads

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika menggunakan Google Ads.

1. Target Pasar Yang Lebih Luas

Mengingat Google adalah perusahaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi dengan pengguna di seluruh dunia, sudah pasti cakupan pemasaran yang dilakukan oleh Google memiliki sekala yang sangat luas, terlebih lagi di dukung oleh penempatan iklan yang strategis di berbagai layanan yang dikelola oleh Google.

2. Target Iklan Lebih Terarah

Jika kamu menggunakan Google Ads, maka salah satu kelebihan yang bisa kamu dapatkan adalah mengatur sendiri target iklan yang akan dipasarkan. Seperti target negara, lokasi, bahasa yang digunakan serta kata kunci yang ditargetkan.

3. Biaya Bisa Disesuaikan

Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan promosi dengan cara mengatur biaya yang dikeluarkan. Seperti mengatur biaya yang dikeluarkan per bulan, per hari ataupun per iklan yang ditampilkan.

4. Iklan Lebih Cepat Ditampilkan

Ketika telah melakukan pembayaran untuk beriklan di Google Ads, maka iklan langsung tampil di Search Engine dan berbagai layanan milik Google lainnya.

5. Mendapatkan Pengunjung Sesuai Dengan Target

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa iklan yang ditampilkan akan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet dan iklan juga akan berada di posisi halaman pertama pada pencarian Google.

Hal ini tentunya akan membuat situs bisnis kamu mendapatkan pengunjung yang tertarget sesuai dengan kata kunci yang diketikan. Dengan kata lain, iklan kamu tidak akan muncul apabila kata kunci yang diketik oleh pengguna internet berbeda dengan kata kunci yang sudah kamu targetkan.

Jadi, selain beriklan di Google Ads, kamu juga akan mendapatkan bonus berupa banyaknya kunjungan dari pengguna internet.

6. Dapat Meningkatkan Kualitas Website

Karena website yang kamu promosikan nantinya akan berada di halaman pertama pencarian Google, maka kualitas website kamu juga akan ikut meningkat. Hal ini berdasarkan banyaknya jumlah klik atau rasa tertarik dari pengguna internet yang mengunjungi website kamu.

Dimana, semakin banyak website kamu dikunjungi maka kualitasnya akan sangat baik dimata search engine. Sehingga memudahkan kamu dalam bersaing dengan berbagai website lainnya dalam memperebutkan calon client.

Mungkin hanya itu informasi yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian Google Ads dan cara kerjanya, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan memperkenalkannya secara luas melalui internet.

Wendy Andriyan

Hanya seorang anak yang senang berbagi melalui tulisan.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama