Macam-Macam Output Device Komputer dan Fungsinya

Di dalam komputer, terdapat macam-macam output device yang berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran dari pengolahan data yang diberikan oleh user ke input device. Jadi intinya, perintah apapun yang diberikan oleh user, akan diproses oleh komputer melalui input device, yang hasilnya akan ditampilkan atau dikeluarkan oleh output device.

Seperti halnya ketika kita menggerakan input device mouse ke arah kiri, maka yang ditampilkan pada output device monitor adalah kursor yang bergerak ke arah kiri sesuai dengan pergerakan tangan yang dilakukan pada mouse tersebut.

Dari sini sudah jelas, bahwa komputer terdiri dari berbagai macam perangkat keras komputer, yang saling terhubung satu sama lain dalam memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, dalam memenuhi kebutuhan pengguna pada saat menggunakan komputer.

Ada macam-macam perangkat keluaran atau output device beserta fungsinya yang harus kamu ketahui, berikut adalah penjelasannya.

1. Monitor

Output Device Monitor

Monitor adalah perangkat keluaran yang digunakan sebagai layar tampilan komputer dan berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan data ke pengguna (user) dalam bentuk visual (tampilan lembar kerja).

Dengan kata lain, komputer tanpa monitor tidak akan bisa berfungsi dengan baik karena tidak ada yang bisa ditampilkan dan tidak ada yang bisa dikerjakan oleh pengguna komputer.

Monitor sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Monitor LED berbentuk persegi panjang dan juga Monitor Tabung berbentuk kotak. Tapi sekarang ini, monitor tabung sudah lawas dan jarang sekali ditemui, sehingga yang paling banyak dipasaran adalah monitor LED.

2. TV LED

Output Device TV LED

TV LED adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan lembar kerja komputer sama seperti monitor. Hanya saja, umumnya TV LED digunakan untuk menyiarkan layanan televisi.

Meskipun begitu TV LED bisa digunakan sebagai pengganti monitor, karena biasanya terdapat port HDMI atau VGA yang bisa disambungkan dengan komputer untuk dijadikan layar kerja. TV LED juga menjadi pilihan yang tepat oleh sebagian orang, mengingat harga monitor yang lebih mahal dari TV LED.

3. Printer

Output Device Printer

Printer adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mencetak data seperti gambar, foto ataupun tulisan ke dalam media kertas kosong (Kertas HVS).

4. Plotter

Output Device Plotter

Plotter adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mencetak gambar desain grafis dalam ukuran yang besar. Biasanya perangkat ini digunakan untuk pengusaha desain untuk membuat gambar-gambar seperti arsitektur dan engineering. Seperti desain promo spanduk, desain banner gambar dan lain sebagainya.

5. Speaker

Output Device Speaker

Speaker adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan data berupa suara dari komputer. 

Dengan adanya speaker, komputer dapat mengeluarkan suara seperti suara pada musik, video ataupun notifikasi komputer. Saat ini, terdapat 2 jenis speaker yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu speaker wireless (tanpa kabel) dan speaker wired (dengan kabel).

Ukurannya juga bervariasi, ada yang kecil, sedang dan besar. Semakin besar, maka suara yang dihasilkan juga lebih besar dan harganyapun semakin mahal.

6. Projector

Output Device Projector

Projector adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik elektronik dan display dengan tujuan memproyeksikan gambar atau video ke bidang yang rata seperti dinding atau layar khusus.

Sederhananya, projector berfungsi untuk menampilkan layar utama komputer atau laptop media lain yang lebih besar dan datar seperti dinding atau layar khusus yang umumnya berwarna putih.

Projector biasa digunakan untuk melakukan presentasi, menonton film, bermain game dan video call dengan ukuran layar yang besar.

7. Headphone atau Headshet

Output Device Headphone

Headphone atau Headshet adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan data berupa gelombang suara yang hasilnya hanya bisa di dengarkan oleh orang yang menggunakannya saja.

Cara kerjanya sama seperti speaker, hanya saja suara yang dikeluarkan lebih tertutup dan tidak meluas sehingga orang lain tidak bisa mendengarnya.

8. Router

Output Device Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan, baik itu jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda.

Cara kerja router cukup sederhana, yaitu melakukan perluasan jangkauan jaringan yang berasal dari router utama dan memperluasnya ke tempat-tempat yang sulit diakses oleh jaringan, entah itu melalui sinyal wireless ataupun menggunakan kabel jaringan.

9. VGA Card

Output Device VGA Card

VGA Card adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar dan nantinya ditampilkan pada layar monitor sebagai tampilan visualisasi dari layar monitor seperti warna, teks, gambar dan video.

VGA Card yang mengatur ketajaman dan kejernihan tampilan pada layar monitor pada saat digunakan untuk membuka aplikasi yang membutuhkan tampilan yang bagus, seperti untuk menampilkan bagian-bagian dari game agar lebih detail ataupun untuk merender video.

Komputer yang tidak menggunakan VGA Card masih bisa menyala, hanya saja tidak dapat menampilkan apapun pada layar monitor. Kecuali komputer tersebut menggunakan VGA onboard, yaitu VGA card yang sudah menyatu dengan processor. Maka, komputer tetap bisa menampilkan hasil grafis pada monitor sekalipun tidak menggunakan VGA Card.

10. Modem Wireless

Output Device Modem Wireless

Modem Wirelss atau biasa disebut dengan MI-FI adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet menggunakan sumber data jaringan SIM Card. Sinyal jaringan internet yang dipancarkan, nantinya ditangkap oleh komputer melalui wifi adapter USB.

11. RGB LED

Output Device RGB LED

RGB LED adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan cahaya RGB (Red, Green, Blue). Keberadaannya tidak terlalu penting, hanya sebagai variasi saja agar komputer lebih berwarna.

12. Heatsink

Output Device Heatsink

Heatsink adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk mengeluarkan angin seperti kipas, agar processor tidak mudah panas. Komputer yang tidak menggunakan heatsink atau mengalami kerusakan pada heatsink, akan membuat komputer cepat panas.

Mungkin hanya itu yang bisa disampaikan pada artikel ini mengenai macam-macam perangkat keluaran atau output device pada komputer. Jumlahnya tidak terlalu banyak untuk output device sendiri, barang kali ada yang kurang atau terlewat, silahkan di informasikan melalui kolom komentar agar bisa ditambahkan lagi di artikel ini.