Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

Di dalam komputer pada umumnya terdapat macam-macam perangkat keras (hardware), yang berfungsi untuk menciptakan sebuah perintah untuk dapat menjalankan sistem komputer dengan cara saling terhubung antara perangkat satu dengan perangkat lainnya.

Setiap perangkat keras komputer, telah dibedakan menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsi, cara kerja dan kontribusinya dalam mendukung pengolahan komputer yang dilakukan oleh user (brainware).

Macam-macam perangkat keras tersebut telah dibedakan menjadi perangkat keras output, perangkat keras input, perangkat keras storage dan perangkat keras Peripheral.

Lalu dari bagian-bagian tersebut, ada sebuah perangkat inti yang digunakan untuk membangun sebuah komputer. Diantaranya ada CPU, Motherboard, Processor, RAM, Harddisk, Powersupply, Heatsink dan lain sebagainya.

Maka dari itu, meskipun ada banyak perangkat keras komputer, tidak semuanya bisa digunakan untuk membangun sebuah komputer. Beberapa hanya digunakan sebagai pendukung dan perlengkap kebutuhan dalam menggunakan komputer.

Lalu sebenarnya, apa itu perangkat keras?

Perangkat keras komputer (hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba.

Perangkat keras sangat penting dalam komputer, tanpa adanya perangkat keras, komputer tidak akan bisa digunakan dengan baik. Maka dari itu sangat penting untuk kita memahami bagian-bagian dari komputer.

Berikut adalah macam-macam perangkat keras yang terdapat pada komputer, baik yang paling penting untuk digunakan maupun yang sekedar untuk mendukung kebutuhan pada kinerja komputer saja.

Disclaimer: Buat yang copypaste atau rewritte artikel ini, tolong hargai penulis dengan mencantumkan sumber artikel ini.

1. CPU

Perangkat Keras CPU

CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang berfungsi untuk mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.

CPU sering kali dianggap processor, padahal CPU sendiri bisa diartikan sebagai casing dari sebuah komputer sebagai tempat meletakan perangkat keras inti komputer untuk bisa menghidupkannya.

2. RGB LED

Perangkat Keras RGB LED

RGB LED adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilkan warna Red Green Blue (RGB) yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Tidak memiliki pengaruh yang besar apabila menggunakan ataupun tidak menggunakannya, karena hanya sebagai variasi saja agar komputer lebih berwarna.

3. Heatsink

Perangkat Keras Heatsink

Heatsink adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada processor agar komputer lebih stabil. Kerusakan pada heatsink akan menyebabkan komputer cepat panas atau overheat.

4. Motherboard

Perangkat Keras Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang berfungsi sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

Motherboard ini berada dibagian CPU dan merupakan bagian dari perangkat keras inti untuk menjalankan komputer, dimana perannya yaitu sebagai konektor atau penghubung antara perangkat satu dengan perangkat lainnya, sehingga bisa menciptakan suatu perintah di dalam komputer.

5. Raspberry Pi

Perangkat Keras Raspberry Pi

Raspberry Pi adalah papan sirkuit tunggal (single-board-circuit, SCB) yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit yang digunakan untuk membuat mini PC. Sama seperti motherboard, Raspberry Pi juga memiliki beberapa port dan jalur konektor lainnya.

Penggunaannya sendiri sebenarnya untuk peralatan edukasi seperti belajar pemrogramman, hanya saja keberadaannya yang praktis ini juga bisa menjadikannya sebagai perangkat yang digunakan untuk menjalankan program perkantoran, pemutar media, hingga permainan video.

Meskipun bentuknya kecil, perangkat keras Raspberry Pi mampu menciptakan sebuah komputer pada umumnya yang memiliki kelebihan lebih praktis dan minimalis.

6. Monitor

Perangkat Keras Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang menggunakan komputer. Untuk dapat melihat perintah atau hasil yang sedang dikerjakan, pengguna komputer memerlukan yang namanya monitor untuk menampilkannya.

7. TV LED

Perangkat Keras TV LED

TV LED adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan segala hasil pemrosesan yang dilakukan oleh pengguna terhadap komputer. Sama seperti monitor, hanya saja perangkat ini masuk dalam perangkat tambahan (peripheral) dan digunakan sebagai pengganti monitor.

8. Keyboard

Perangkat Keras Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard juga disebut sebagai papan ketik pada komputer.

Keyboard juga bisa berfungsi untuk memasukan perintah ke dalam komputer, seperti menyalin, meletakan dan memotong teks. Untuk jenis keyboardnya sendiri memiliki 2 konektor, yaitu wireless (tanpa kabel) dan wired (dengan kabel).

9. Mouse

Perangkat Keras Mouse

Mouse adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor, sehingga pengguna komputer dapat melihat posisi perintahnya berada dimana dan ingin menjalankan program komputer yang mana.

10. RAM

Perangkat Keras RAM

RAM adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara dan juga sebagai tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan.

11. ROM

Perangkat Keras ROM

ROM adalah media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca saja dan bersifat permanen. Dengan kata lain, program atau data yang tersimpan tidak akan hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatikan.

Berbeda dengan RAM, yang sifatnya sementara dan jika aliran listrik mati, maka data atau program yang kita jalankan akan menghilang.

12. Floppy Disk (Disket)

Perangkat Keras Floppy Disk

Floppy Disk atau biasa dikenal dengan sebutan disket adalah media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb.

Untuk teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi untuk file atau data yang sangat besar, karena sudah ada harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Meskipun begitu, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data ringan.

13. Floppy Disk Drive

Perangkat Keras Floppy Disk Drive

Floopy Disk Drive adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membaca dan menulis data secara magnetis ke dalam Floppy Disk (Disket). Cara kerjanya mirip seperti CD atau DV Rom yang digunakan sebagai tempat untuk membaca data pada disket ataupun menuliskan data ke dalam disket.

14. CD (Compact Disk)

Perangkat Keras CD (Compact Disk)

CD adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik. Cara kerjanya mirip seperti harddisk dan flashdisk, hanya saja ukurannya lebih kecil sekitar 700 MB - 4.7 GB.

Sebagai media penyimpanan CD kurang efektif dijadikan media penyimpanan, karena jika CD mengalami goresan maka tidak bisa digunakan untuk menyimpan dan membaca data. Maka dari itu CD lebih dikhususkan pada media pemutar seperti DVD Player untuk memutar video ataupun musik.

15. CD ROM atau DVD ROM

Perangkat Keras CD ROM atau DVD ROM

CD ROM atau DVD ROM adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membaca penyimpanan data dari CD atau DVD, sehingga dapat menampilkan atau mengetahui isi dari data tersebut.

16. Harddisk Internal

Perangkat Keras Harddisk Internal

Harddisk Internal adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer, baik itu data pribadi, sistem operasi ataupun program aplikasi yang terinstall pada komputer.

Harddisk terbuat dari bahan kaku yang dilapisi piringan magnetik oksida yang umumnya memiliki kapasitas GigaByte dan kapasitas paling besarnya adalah TerraByte.

Diantara media penyimpanan komputer, harddisk memiliki kapasitas yang paling besar.

17. Harddisk Eksternal

Perangkat Keras Harddisk Eksternal

Harddisk Eksternal adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar dibandingkan dengan harddisk internal.

Letaknya berada diluar komputer dan berguna sebagai media pendukung atau tambahan saja apabila pengguna komputer membutuhkan media penyimpanan lebih dari satu dengan kapasitas yang lebih besar dari harddisk internal.

Bentuknya tidak besar sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Tapi sayangnya, harga untuk harddisk eksternal sangat mahal dibandingkan dengan hardisk internal.

18. SSD Internal

Perangkat Keras SSD Internal

SSD adalah perangkat keras yang digunakan sebagai media penyimpanan data pada komputer. SSD sering kali digunakan untuk menyimpan hasil instalan sistem operasi dan program aplikasi saja, karena hasil pemrosesannya jauh lebih cepat dari pada harddisk dan media penyimpanan manapun.

Kapasitasnya juga sama seperti harddisk, mulai dari 128GB sampai 1 TerraByte. Hanya saja, harganya yang mahal membuat pengguna low entry biasanya menggunakan kapasitas yang standar, tidak sampai 1 TerraByte.

Komputer atau Laptop yang menggunakan SSD tidak akan merasakan yang namanya lag atau lemot, karena dari segi kecepatan SSD lebih unggul.

19. SSD Eksternal

Perangkat Keras SSD Eksternal

SSD Eksternal adalah media penyimpanan tambahan pada komputer dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi. Letaknya diluar komputer, yang artinya hanya sebagai media penyimpanan pendukung atau tambahan saja apabila dibutuhkan oleh pengguna.

20. Processor

Perangkat Keras Processor

Processor adalah perangkat keras yang berfungsi untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program. Processor menjadi otak dari komputer, dimana kinerja komputer tergantung dari processor yang digunakan.

Processor diletakan pada socket yang berada pada motherboard dan diatasnya terdapat heatsink sebagai pendingin agar processor tidak mudah panas.

21. Power Supply

Perangkat Keras Power Supply

Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

22. LAN Card

Perangkat Keras Lan Card

LAN adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN, sehingga dapat memudahkan pertukaran data antar komputer.

Tidak hanya sebagai penghubung komputer server dan client, LAN Card juga bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet yang nantinya modem router dan komputer dihubungkan menggunakan kabel LAN.

23. Kabel Jaringan (Kabel LAN)

Perangkat Keras Kabel LAN

Kabel LAN adalah perangkat keras jaringan yang berisi serat optik dan berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan internet melalui modem router, atau menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya untuk berbagi data melalui port yang ada pada LAN Card.

Sederhananya, kabel jaringan ini sebagai perangkat untuk menghubungkan komputer dengan jaringan, baik itu jaringan lokal antar komputer ataupun jaringan internet.

Komputer yang terhubung menggunakan kabel jaringan ini biasanya akan membentuk suatu pola yang biasa disebut dengan topologi.

24. RJ45

Perangkat Keras RJ 45

RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang berfungsi untuk menyatukan kabel jaringan sehingga membentuk urutan sesuai dengan standarnya, yaitu kabel LAN Cross dan kabel LAN Straight.

25. AGP Card 

Perangkat Keras AGP Card

AGP Card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.

26. VGA Card

Perangkat Keras VGA Card

VGA Card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

Semua hal yang berhubungan dengan tampilan pada layar monitor adalah tugas dari VGA Card. Tanpa adanya VGA Card, monitor tidak akan menampilkan apapun. Dengan menggunakan VGA Card, layar monitor dapat menampilkan grafis dan membuat tampilan grafis yang dikeluarkan oleh monitor menjadi lebih detail, jernih dan jelas.

Tapi, jika komputer menggunakan VGA onboard, yaitu kartu grafis yang sudah tertanam pada processor. Monitor dapat menampilkan hasil grafis meskipun tanpa menggunakan VGA Card.

27. Joystick

Perangkat Keras Joystick

Joystick adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukan perintah untuk mengatur pergerakan pada permainan komputer. Joystick memiliki berbagai bentuk, yaitu seperti tuas ataupun seperti gamepad.

Untuk jalur penghubungnya juga memiliki 2 akses, yaitu wired dan wireless, tergantung dari jenis port yang digunakan pada Joysticknya.

28. Printer

Perangkat Keras Printer

Printer adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak data ke dalam media kertas, seperti data gambar, foto ataupun tulisan.

29. Scanner

Perangkat Keras Scanner

Scanner adalah perangkat keras masukan yang berfungsi untuk menyalin dokumen fisik berupa teks atau gambar dengan cara memindainya, kemudian hasilnya dapat disimpan ke dalam komputer atau laptop dalam bentuk file.

Hasil salinan tersebut mirip dengan dokumen fisik yang telah di scan, mulai dari warna dan bentuk. File yang telah disimpan nantinya dapat di cetak kembali menggunakan printer, sehingga akan menghasilkan dokumen fisik baru dengan isi yang sama.

30. Modem

Perangkat Keras Modem

Modem adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Jenisnya pun ada 2, ada yang berbentuk USB dan menggunakan kartu GSM sebagai sumber data, ada juga yang menggunakan modem router dengan cara membayar atau menyewa setiap bulannya ke layanan internet service provider.

31. Flashdisk

Perangkat Keras Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data dengan kapasitas yang lebih kecil dari harddisk. Umumnya kapasitas flashdisk berukuran 2 GB sampai 32 GB.

32. Speaker

Perangkat Keras Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan data berupa suara. Dengan adanya speaker, data yang diproses pada komputer yaitu suara, dapat dikeluarkan oleh speaker, sehingga pengguna dapat mendengarkannya dengan cakupan suara yang luas dan kencang.

33. Trackball

Perangkat Keras Trackball

Trackball adalah perangkat masukan yang berfungsi sebagai alat penunjuk kursor atau menggerakan kursor pada layar monitor menggunakan sensor bola sesuai dengan pergerakan jari. Cara kerjanya mirip seperti tombol ditengah mouse yang berbentuk seperti roda atau bola kecil, hanya saja pada trackball, sensor untuk menggerakan posisi kursornya menggunakan sebuah bola.

34. Lightpen

Perangkat Keras Lightpen

Lightpen adalah perangkat masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor).

Sederhananya, perangkat masukan lightpen berbentuk seperti pulpen yang dibuat untuk pekerjaan menggambar dan mendesain menggunakan media layar seperti monitor touch screen ataupun media papan gambar elektronik (digitizer).

35. Barcode Reader

Perangkat Keras Barcode Reader

Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data dan menampilkan informasi dari barcode data tersebut. Di dalam barcode memiliki informasi dalam bentuk kode dan tidak bisa dibaca secara langsung menggunakan indra pengelihatan. Maka dari itu, dibuatlah sebuah perangkat yang mampu membaca informasi dari barcode tersebut.

36. Digitizer

Perangkat Keras Digitizer

Digitizer adalah perangkat masukan berbentuk papan gambar yang berfungsi untuk mendesain, menggambar ataupun menulis menggunakan media bantuan seperti pena (lightpen).

Layaknya menggambar dikertas, digitizer digunakan untuk menggambar langsung ke komputer. Secara teknis berdasarkan cara penggunaannya, perangkat ini berfungsi untuk merubah data analog menjadi data dgital.

Monitor touch screen juga bisa disebut degan digitizer, karena fungsinya yang bisa disentuh menggunakan jari ataupun lightpen untuk mendesain dan menggambar. 

37. Touchpad

Perangkat Keras Touchpad

Touchpad adalah perangkat yang berfungsi sebagai sebuah penunjuk kursor pada layar monitor yang digerakan pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan jari ke posisi yang diinginkan.

Touchpad ini biasa ditemukan pada laptop, notebook atau keyboard yang sudah dilengkapi Touchpad. Cara kerjanya mirip seperti mouse, hanya saja lebih simple karena menggunakan jari untuk menggerakannya.

Ada juga touchpad eksternal apabila ingin menggunakannya untuk komputer, bentuknya seperti papan kecil dengan sensor pergerakan menggunakan jari tangan.

38. Webcam

Perangkat Keras WebCam

Webcam adalah adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merekam diri sendiri dan menampilkannya pada layar monitor yang hasilnya dapat disimpan dalam format digital media player.

Webcam juga sering digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh atau lebih dikenal dengan sebutan video call menggunakan aplikasi pendukung seperti google duo, skype ataupun zoomNantinya orang yang terekam oleh webcam akan bisa dilihat satu sama lain oleh lawan bicara.

39. Microphone

Perangkat Keras Microphone

Microphone adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukan gelombang suara ke dalam komputer dan hasilnya bisa langsung dikeluarkan oleh perangkat keluaran seperti speaker, headphone atau diolah terlebih dahulu menggunakan program pengolah suara.

Microphone sering kali digunakan sebagai alat bantu untuk berkomunikasi ataupun rekaman. Cara kerjanya cukup sederhana, dimana kita tinggal memasukan suara ke dalam microphone, lalu suara tersebut masuk ke dalam komputer, diolah dan dapat di dengarkan oleh diri kita sendiri ataupun orang lain.

40. Magnetic Tape

Perangkat Keras Magnetic Tape

Magnetic Tape adalah perangkat keras yang berfungsi untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial. Bentuknya seperti pita yang memanjang dan tipis dengan magnetis di dalamnya.

Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive. Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida

41. Projector

Perangkat Keras Projector

Projecetor adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

Sederhananya, projector berfungsi untuk menampilkan layar utama komputer atau laptop media lain yang lebih besar dan datar seperti dinding atau layar khusus yang umumnya berwarna putih.

Projector biasa digunakan untuk melakukan presentasi, menonton film, bermain game dan video call dengan ukuran layar yang besar

42. Tv Tuner Card

Perangkat Keras TV Tunner

Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menangkap sinyal televisi untuk menyiarkannya pada layar monitor. Jadi, untuk merubah komputer menjadi televisi perlu menggunakan yang namanya TV Tuner Card.

43. UPS

Perangkat Keras UPS

UPS adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai atau menghantarkan listrik ketika tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi, dengan kata lain UPS bisa dikatakan sebagai cadangan listrik ketika tegangan listrik utamanya padam.

44. Sound Card

Perangkat Keras Sound Card

Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound Card menjadi perangkat wajib yang harus ada pada komputer, karena segala pengolahan audio yang diterima ataupun dikeluarkan adalah hasil kerja Sound Card.

Sound Card juga mampu mengolah audio atau suara menjadi lebih baik, baik saat menerima suara melalui perangkat masukan seperti microphone ataupun saat dikeluarkan melalui perangkat keluaran seperti speaker dan headphone.

45. Sound Card Eksternal

Perangkat Keras Sound Card Eksternal

Saat ini, sound card bukan hanya berada di dalam komputer saja, melainkan ada juga versi portable yang lebih praktis dan berada di luar komputer. Perangkat ini masuk ke dalam perangkat tambahan (peripheral) yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara, agar hasil yang dikeluarkan menjadi jernih, enak di dengar dan jelas.

Untuk bentuknya sendiri, ada yang seperti flashdisk dan ada yang berbentuk kotak persegi, dengan berbagai tombol tambahan untuk mengolah dan mengeluarkan hasil audio sesuai dengan keinginan kita.

46. Headset atau Headphone

Perangkat Keras Headshet atau Headphone

Headset atau headphone adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer. Layaknya speaker, hanya saja suara yang dikeluarkan tidak begitu luas, hanya bisa terdengar oleh telinga yang menggunakannya saja.

47. Kabel Data

Perangkat Keras Kabel Data

Kabel data adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang berfungsi untuk mengirimkan atau menerima data dari dari handphone ke komputer atau sebaliknya.

48. Card Reader

Perangkat Keras Card Reader

Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca isi dari kartu memori seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD Card dan lainnya.

49. Router

Perangkat Keras Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan, baik itu jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda.

Cara kerja router cukup sederhana, yaitu melakukan perluasan jangkauan jaringan yang berasal dari router utama dan memperluasnya ke tempat-tempat yang sulit diakses oleh jaringan, entah itu melalui sinyal wireless ataupun menggunakan kabel jaringan.

50. Hub atau Switch

Perangkat Keras HUB

Hub atau switch adalah perangkat keras komputer yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi.

Sederhananya, perangkat ini dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus dalam satu jaringan. Komputer yang terhubung tersebut, dapat bertukar data.

Jika HUB atau Switch rusak, maka jaringan pada komputer tersebut akan terputus dan komputer tidak lagi saling terhubung untuk berbagi data.

51. Kamera

Perangkat Keras Kamera

Kamera adalah perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi untuk melakukan sebuah rekaman pada diri kita sendiri, yang nantinya hasil rekaman tersebut bisa langsung ditampilkan di layar monitor, menyimpannya atau bahkan ditayangkan secara langsung untuk keperluan face cam, seperti untuk kelas online, seminar online atau streaming.

52. Wifi Adapter USB

Perangkat Keras Wifi Adapter USB

Wifi adapter USB adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang berfungsi untuk menambahkan konektivitas jaringan wifi ke dalam komputer.

Perangkat ini juga bisa digunakan sebagai pengganti kabel jaringan ataupun wifi card yang tidak terpasang pada komputer dalam hal menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

Wifi Adapter memiliki bentuk seperti dongle usb ataupun seperti flashdisk yang diberikan sebuah antena.

53. Voice Recognition

Perangkat Keras Voice Recognition

Voice Recognition adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk mengidentifikasi seseorang melalui suara, sehingga sistem dapat melakukan suatu tindakan berdasarkan perintah dari suara tersebut.

Sederhananya, komputer dapat kita perintah hanya dengan menggunakan suara menggunakan Voice Recognition. Salah satu penggunaan dari Voice Recognition yang sering kali kita temukan adalah pada saat menggunakan Google Voice, Siri dan Cortana.

Ada juga Smart Home Device yang digunakan agar beberapa peralatan dirumah bisa kita kontrol dengan mudah hanya dengan mengeluarkan suara, misalkan ingin membuka pintu yang telah terpasang sistem voice recognition, dimana sistemnya akan menganalisa suara kita. Jika suara sesuai, pintu akan terbuka. Jika tidak, pintu akan terkunci.

54. Fingerprint

Perangkat Keras Fingerprint

Fingerprint adalah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data pribadi berupa pengenalan sidik jari ke sistem komputer. Nantinya akan disambungkan secara khusus mengenai informasi dari sidik jari tersebut, apakah cocok dengan si pemilik atau tidak.

Penggunaan Fingerprint ini bisa kita temukan pada absensi karyawan menggunakan sidik jari. Ketika karyawan meletakan sidik jarinya, maka secara otomatis sistem akan mengenali si pemilik sidik jari tersebut berdasarkan data atau informasi yang telah tersimpan.

55. Plotter

Perangkat Keras Plotter

Plotter adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak gambar desain grafis dalam ukuran yang besar. Biasanya perangkat ini digunakan untuk pengusaha desain untuk membuat gambar-gambar seperti arsitektur dan engineering. Seperti desain promo spanduk, desain banner gambar dan lain sebagainya.

56. Water Cooling

Perangkat Keras Water Cooling

Water Cooling adalah perangkat keras yang berfungsi untuk melakukan pendinginan pada komponen komputer menggunakan air. Biasanya akan ada selang atau pipa yang terhubung dan menjadi tempat air untuk mengalir ke komponen komputer.

Cara kerja cairan pendingin ini menyerap panas dari pelat dasar saat bergerak melalui blok air. Cairan pendingin kemudian terus bergerak melalui sistem dan ke atas melalui salah satu dari dua tabung ke radiator.

Radiator memaparkan cairan ke udara, yang membantu mendinginkannya, dan kipas yang terpasang di radiator menggerakkan panas menjauh dari pendingin. Cairan pendingin kemudian memasuki kembali ke blok air, dan putaran ini dimulai kembali.

Mungkin beberapa menganggap bahwa, Water Cooling sangat berbahaya karena dikhawatirkan akan konsleting listrik. Tapi sayangnya, penggunaan Water Cooling jauh lebih efesien dari pada menggunakan pendingin kipas pada umumnya.

Bahkan ada komputer yang berjalan dengan semua komponen pentingnya berada di dalam aquarium berisi air.

Mungkin saya rasa cukup penjelasan mengenai macam-macam perangkat keras komputer dan totalnya 56 perangkat yang sudah saya jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapai dipahami dengan mudah.