Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Link dan URL Dalam Internet

Perbedaan Link dan URL ini hampir sulit untuk dipahami oleh sebagian orang, karena istilah tersebut sedikit memiliki persamaan diantara keduanya. Bahkan Link dan URL sering kali dianggap sama, oleh orang yang tidak mau ribet karena memikirkannya.

Istilah Link atau URL sendiri sudah tidak asing kita dengar ketika menjelajahi dunia internet. Link dan URL sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak istilah yang ada di dalam internet. Banyak sekali istilah-istilah di internet yang sangat sulit untuk dihafalkan.

Tidak hanya sulit, beberapa istilah tersebut terkadang memiliki nama dengan arti yang sama dan cenderung membingungkan, seperti halnya link dan URL ini. Sehingga beberapa orang yang penasaran akhirnya memilih mencari tau perbedaan-perbedaan tersebut.

Perbedaan Link dan URL Dalam Internet

Saya sendiri merupakan salah satu orang yang gak mau ribet dan menganggap bahwa link maupun URL itu sama, bahkan untuk mempermudah saya dalam mengingat kedua istilah tersebut, saya menyebutnya dengan nama "Domain" sebuah website.

Karena menurut saya, link dan URL memiliki maksud dalam menggambarkan sebuah halaman website. Website sendiri lebih dikenal oleh banyak pengguna internet dengan sebutan link ataupun URL.

Meskipun begitu, sebenarnya terdapat perbedaan antara link dan URL dari segi fungsi dan cara kerjanya. Berikut adalah perbedaan Link dan URL.

Perbedaan Link dan URL

Link atau biasa disebut dengan tautan adalah URL website yang mengarahkan seseorang ke halaman tertentu dengan cara mengkliknya. Pada umumnya link berwarna biru untuk membedakannya dengan tulisan biasa.

Sedangkan URL atau singkatan dari Uniform Resource Locator adalah sebuah alamat yang menunjukan lokasi file di internet baik itu berupa teks, gambar, dokumen, dan lain-lain.

URL sendiri bisa disebut alamat website yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memperkenalkan ke search engine seperti google agar bisa tampil di internet.

Setiap URL yang ada di internet memiliki nama yang berbeda-beda. Jadi dengan adanya URL, memudahkan suatu website dapat mudah dikenali oleh search engine Google maupun pengguna internet.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut adalah contoh dari Link dan URL:

www.google.com adalah URL search engine milik Google.

www.facebook.com adalah URL sosial media milik Facebook.

www.wendyandriyan.info adalah Link milik website Blog Wendy.

Ketika kamu mencari sesuatu di internet, maka akan muncul berbagai macam URL website, gambar, video, musik dan dokumen lainnya. Ketika kamu mengkliknya dan diarahkan ke suatu halaman, hal itu disebut dengan link.

Seluruh file yang diupload ke dalam internet akan memiliki URL dan Link. File tersebut di simpan di tempat penyimpanan yang bernama hosting dan ditampilkan lagi di search engine dengan cara mengambil datanya dari hosting tersebut

Jadi bisa dibilang link dan url ini mirip-mirip sedikit, sampai sini paham ya?

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah URL adalah sebuah pengalamatan pada website dan sumber lokasi file di internet  sedangkan Link adalah alamat pada sebuah website yang akan mengarah ke suatu halaman tertentu apabila mengkliknya.

Nah itu dia penjelasan mengenai perbedaan link dan URL dalam dunia internet, semoga artikel ini dapat dipahami dengan mudah dan dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Wendy Andriyan
Wendy Andriyan Penulis amatiran yang berusaha berbagi dengan sesama melalui tulisan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Link dan URL Dalam Internet"