Interaksi Komputer Dengan Perangkat Tambahan

Interaksi Komputer Dengan Perangkat Tambahan

Beberapa perangkat keras adalah komponen inti yang harus ada di dalam komputer, sedangkan beberapa komponen lainnya digunakan sebagai pendukung untuk menambah fungsi pada komputer.

Pada umumnya, sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut dengan peripheral. Peripheral adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk membantu kinerja komputer, ketika perangkat yang sudah terpasang pada komputer kurang mendukung dalam memenuhi kebutuhan user.

Untuk melakukan interaksi komputer dengan perangkat tambahan, membutuhkan sebuah port interface (antarmuka) yang ada motherboard. Biasanya port interface dapat ditemukan dibelakang casing komputer.

Port adalah sebuah alat mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer memberikan sebuah koneksi terhadap semua perangkat yang akan dihubungkan ke komputer.

Pemasangan perangkat tambahan pada komputer perlu memperhatikan tipe-tipe port interface pada motherboard. Berikut adalah beberapa tipe port interface yang digunakan untuk menghubungkan peripheral dengan komputer.

Tipe Port Interface Pada Motherboard Untuk Perangkat Peripheral

1. Port Serial berfungsi untuk berbagai peralatan serial (serial device). Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah mouse dan modem serial.

2. Port Pararel berfungsi untuk berbagai peralatan paralel (parallel device). Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah Printer dan CD ROM eksternal.

3. Port PS/2 berfungsi untuk berbagai peralatan standar PS/2. Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah Keyboard dan Mouse PS/2. 

4. Port VGA berfungsi untuk perangkat output. Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah Monitor dan LCD Projector.

5. Port USB berfungsi untuk berbagai USB (Universial Serial Bus). Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah Mouse USB, keyboard USB, modem USB, dan flashdisk.

6. Port Audio berfungsi untuk berbagai peralatan audio. Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah speaker, headshet, headphone dan line in.

7. Port RJ45 atau Ethernet berfungsi untuk kabel jaringan. Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah Kabel UTP/ STP.

8. Port FireWire berfungsi untuk menghubungkan perangkat FireWire. Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah digital video.

9. Port SCSI berfungsi untuk menghubungkan perangkat SCSI. Contoh perangkat peripheral yang menggunakan port ini adalah printer, harddisk, tape backup.

Tetapi, karena seiring perkembangan teknologi, semua beberapa perangkat komputer telah diubah menjadi penggunaan yang lebih praktis. Salah satunya adalah perubahan pada port yang digunakan.

Contohnya seperti mouse dan keyboard, yang saat ini sudah menggunakan port USB. Dimana pada saat menggunakan port PS/2, perangkat ini memiliki tingkat kerusakan yang tinggi akibat patah pada bagian pin saat ingin menghubungkannya ke port PS/2.

Ada juga perangkat seperti scanner, printer, speaker, headshet dan headphone yang sudah menggunakan port USB.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk melakukan interaksi komputer dengan perangkat tambahan, membutuhkan sebuah konektor pada motherboard yaitu port sebagai jalur penghubung.

Setiap perangkat memiliki konektor port yang berbeda-beda, maka dari itu, perlu memastikannya terlebih dahulu, apakah port yang digunakan telah sesuai dan tersedia di motherboard atau tidak.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama