Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Clickbait di Youtube dan Cara Menghindarinya

Clickbait di youtube sering kali digunakan oleh pemilik channel untuk meningkatkan jumlah klik dan tayangan pada video yang mereka upload.

Banyak sekali orang yang sudah terkena clickbait di youtube hanya saja mereka tidak menyadarinya secara cepat. Setelah mengetahui isi dari video yang telah ditonton, barulah mereka menyadari bahwa isi dari video tersebut tidak sesuai dengan judul dan gambar thumbnail yang diperlihatkan.

Dari sini sudah menjelaskan bahwa clickbait adalah suatu jebakan pada judul untuk menipu orang lain agar tertarik untuk mengklik dan melihatnya. Clickbait sendiri tidak hanya berlaku untuk youtube saja, tetapi semua media digital yang memungkinkan kita untuk melihat informasi. Seperti media sosial dan website berita.

Pengertian Clickbait di Youtube dan Cara Menghindarinya

Tidak ada peraturan yang melarang seseorang untuk menggunakan clickbait di youtube. Hanya saja, nantinya banyak orang yang tidak percaya, tidak mau mengklik dan menonton video dari channel tersebut lagi.

Lagian siapa sih yang mau terus-terusan dibegoin gitu?

Lalu ada kemungkinan terburuknya yang akan terjadi, yaitu video atau channel yang menggunakan clickbait bisa dihapus oleh pihak youtube akibat feedback dari orang yang merasa dirugikan, seperti memberikan dislike dan report. 

Kejadian seperti itu juga berlaku untuk media lain, contohnya seperti website berita. Jika isi informasi yang ditulis tidak menggambarkan penjelasan seperti yang ditulis pada judul, maka pengguna internet bisa memberikan rating yang jelek. Sehingga sumber informasi yang ada pada website tersebut akan dianggap tidak layak untuk dipercaya.

Ciri-Ciri Clickbait

1. Judul ataupun gambar thumbnail yang digunakan terkesan heboh, tidak logis, sensasional dan mengundang rasa penasaran.

2. Judul menggunakan tanda seru (!), seperti "Viral!!!!", "Heboh!!!" yang terkesan sedang terjadi hal-hal besar.

Cara Menghindari Clickbait di Youtube

Cara Menghindari Clickbait di Youtube

Sebenarnya setiap orang memiliki hak untuk tetap melihat video di youtube ataupun tidak sama sekali meskipun video tersebut mengandung clickbait.

Tapi buat kamu yang tidak mau buang-buang waktu untuk menyaksikan video yang pada akhirnya tidak sesuai seperti apa yang ingin kamu lihat, kamu dapat menghindari clickbait dengan tips berikut ini.

1. Jangan Mudah Terpancing Dengan Judul

Jangan Mudah Terpancing Dengan Judul

Setiap informasi yang kita lihat di website ataupun di youtube, yang paling membuat pengguna internet penasaran untuk melihat isinya adalah judul.

Seorang content creator mau penulis ataupun youtuber di tuntut untuk bisa membuat judul yang menarik sehingga nantinya dapat mendatangkan pengunjung.

Untuk beberapa orang yang tidak mau ribet memikirkan judul seperti apa yang akan digunakan, seringkali memilih jalan pintas seperti clickbait.

Untuk kamu yang ingin terhindar dari clickbait, ubah pola pikir kamu menjadi lebih logis. Karena hampir setiap clickbait tidak pernah logis judulnya, misalkan ada judul video youtube seperti ini,

"Bakar Uang Senilai 20 Juta Bareng Keluarga"

Ketika judul seperti contoh diatas kamu klik, ternyata isinya bukanlah membakar uang. Tapi menghabiskan uang untuk makan dan belanja dengan menghabiskan uang 20 juta rupiah.

Coba kamu mikir deh, logikanya nih ya uang 20 juta kan banyak banget tuh ya buat orang seperti saya yang membutuhkannya haha.

Terus orang macem mana yang tega ngebakar uang 20 juta gitu aja?

Mungkin bisa aja sih orang kaya ngelakuin hal tersebut, tapi apa nantinya gak di omelin sama netizen tuh gara-gara banyak orang yang kekurangan dan membutuhkan uang, eh dia malah seenaknya ngebakar uang dengan nilai yang besar seperti itu.

2. Jangan Percaya Dengan Gambar

Jangan Mudah Terpancing Dengan Gambar Clickbait

Judul dan gambar ini biasanya sudah satu paket untuk melakukan clickbait, terlebih lagi di youtube. Judul yang heboh ditambah dengan gambar thumbnail yang membuat penasaran.

Misalkan ada sebuah video dengan judul seperti ini,

"Viral! Artis ini berduaan bikin penasaran netizen, nomor 3 bikin ngilu!"

Lalu video tersebut di dukung dengan gambar yang memperlihatkan artis pria dan wanita seolah-olah melakukan sesuatu yang negatif.

Padahal ketika dibuka, videonya memang benar ada artis yang sedang berduaan. Tapi berduaannya dilokasi syuting, ngobrol terus main jambak-jambakan makanya pada judul ditulis bikin ngilu.

Dengan clickbait seperti itu, orang yang awalnya berfikir artis tersebut adalah baik hati, tidak sombong dan rajin menabung, nantinya bisa beranggapan jelek atau bahkan bisa sampai membenci.

3. Belajar Bodo Amat Dengan Hal Yang Gak Penting

Kalo bukan urusan kamu dan gak ada manfaatnya, yah udah gak usah pengen tau gitu. Rata-rata judul clickbait itu aneh-aneh dan gak penting banget kalo menurut pendapat saya, jadi untuk yang udah terlalu sering kena clickbait pasti udah paham banget apa yang harus dilakukan.

Ya, melakukan hal bodo amat.

Misalkan ada judul seperti ini,

"VIRAL! Buaya ini terlahir dari telur !"

Mau buaya itu lahir dari semangka, atau beranak dalam kubur juga yah bodo amat gitu ya, gak ada urusan juga sama kita. Lagian orang mana yang percaya kalo buaya melahirkan dan bukan bertelur?

Lalu sebenarnya apakah clickbait itu buruk?

Meskipun tidak dilarang dalam menggunakannya dan memiliki nilai positif yaitu dapat mendatangkan banyak klik dan kunjungan. Terdapat hal negatifnya juga.

Salah satunya adalah menggiring opini publik ke hal yang buruk. Kenapa bisa begitu?

Saya pernah melihat suatu berita di halaman facebook yang memiliki judul dan gambar seolah-olah menyudutkan seseorang.

Lalu dikolom komentar terlihat beberapa orang sedang menghujat, menghakimi dan menjelek-jelekan orang yang ada di dalam berita tersebut hanya dengan melihat judulnya saja, tanpa membaca isinya terlebih dahulu.

Ternyata isinya tidak seperti judul dan gambar yang diperlihatkan, tidak ada unsur menyudutkannya. Hal seperti ini terjadi karena di negara kita faktanya masih ada orang-orang yang krisis budaya membaca, maka dari itu peran judul yang memiliki unsur clickbait dapat mempengaruhi pandangan orang-orang tersebut.

Krisis budaya membaca dan kurang mendengar informasi dari sumber terperacya seperti ini membuat seseorang lebih mengasal dalam memberi penilaian hanya berdasarkan dari yang terlihat saja.

Kesimpulan

Jadi clickbait di youtube adalah jebakan judul untuk menipu orang lain untuk meningkatkan klik dan penonton pada video. Dimana biasanya judul ataupun isi dari video tidaklah sesuai.

Mungkin kasarnya, yang penting videonya banyak yang menonton terlebih dahulu. Soal disukai atau tidak sama orang yah urusan belakangan aja, yang paling penting udah sukses membuat orang terpancing untuk menonton videonya.

Tapi, ada yang perlu digaris bawahi dari artikel ini, yaitu tidak semua content creator itu menggunakan clickbait ya. Karena clickbait di youtube sendiri bagian dari strategi untuk mendatangkan banyak penonton, jadi ya hak si pembuat kontennya juga mau menggunakan atau tidak.

Itulah penjelasan mengenai clickbait di youtube dan sedikit opini beserta contohnya yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Wendy Andriyan
Wendy Andriyan Penulis amatiran yang berusaha berbagi dengan sesama melalui tulisan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Clickbait di Youtube dan Cara Menghindarinya"